RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMP
negeri 1 Batangan
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa
Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX/1
|
Waktu
|
:
|
12 x 40 Menit (enam kali pertemuan)
|
A.
Kompetensi Inti (KI)
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar
1.1.
Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan.
1.2 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai
anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
1.3 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai
anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan
tulis.
2.1 Memiliki perilaku
jujur dan percaya diri dalam menangani kejadian dan memberikan makna kejadian dalam
konteks budaya masyarakat.
3.1 Memahami teks eksemplum, tanggapan kritis,
tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan.
3.2
Membedakan teks eksemplum, tanggapan kritis,
tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan.
3.3 Mengklasifikasi teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan,
dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan.
4.1 Menangkap makna teks eksemplum, tanggapan kritis,
tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan.
C.
Kompetensi Dasar
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
KI 1
|
1.1 Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia
sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia
di tengah keberagaman bahasa dan
budaya
|
1.1.1
Menunjukkan rasa syukur terhadap
kebesaran Tuhan YME atas keberadaan bahasa Indonesia untuk mempersatukan
bangsa Indonesia
|
1.2 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami
informasi lisan dan tulis
|
1.2.1 Menunjukkan rasa syukur
terhadap kebesaran Tuhan YME atas keberadaan bahasa Indonesia sebagai sarana memahami informasi lisan dan
tulis
|
|
1.3 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan
bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
|
1.3.1 Menunjukkan rasa syukur terhadap kebesaran Tuhan YME atas
keberadaan bahasa Indonesia sebagai sarana menyajikan informasi
lisan dan tulis
|
|
KI 2
|
2.1 Memiliki perilaku jujur dan
percaya diri dalam menangani kejadian dan memberikan makna kejadian dalam konteks budaya
masyarakat
|
2.1.1
tidak menyontek
saat menentukan struktur teks
2.1.2
tidak menyontek
saat menyusun kalimat dengan kata/istilah dalam teks eksemplum
2.1.3
Berani presentasi di depan kelas
2.1.4
Berani berpendapat, bertanya, atau
menjawab pertanyaan
2.1.5
Berpendapat atau melakukan kegiatan
tanpa ragu-ragu
2.1.6
Mampu membuat keputusan dengan cepat
2.1.7
Tidak mudah putus asa/pantang menyerah
|
KI 3
7.
|
3.1.
Memahami teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan
rekaman percobaan baik melalui lisan
maupun tulisan
|
3.1.1
Menjelaskan struktur teks eksemplum
3.1.2
Menjelaskan ciri bahasa teks eksemplum
|
3.2.
Membedakan
teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik
melalui lisan maupun tulisan
|
3.2.1
Menentukan
perbedaan struktur teks eksemplum dengan teks fabel
3.2.2
Menentukan
perbedaan kaidah bahasa teks eksemplum dengan teks fabel
3.2.3
Menentukan perbedaan isi teks
eksemplum dengan teks fabel
|
|
3.3
Mengklasifikasi
teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik
melalui lisan maupun tulisan
|
3.3.1
Dapat menentukan klasifikasi data
dalam teks eksemplum
3.3.2
Dapat menemukan bukti klasifikasi
data dalam teks eksemplum melalui kalimat
|
|
KI 4
|
4.1. Menangkap makna teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman
percobaan baik secara lisan maupun tulisan
|
4.1.1
Menjawab pertanyaan terkait isi teks, mulai dari pertanyaan
literal, inferensal, integratif, dan evaluatif.
4.1.2
Menjelaskan makna kata/ ungkapan/ istilah/ kata sulit dalam teks.
4.1.3
Menceritakan kembali isi teks dengan kata-kata sendiri
|
D.
Materi Pembelajaran
Pertemuan pertama
1.
Pemodelan Teks Eksemplum Puisi Jalan Kehidupan
2.
Pengertian Teks Eksemplum
Teks
eksemplum adalah jenis teks yang berisi
insiden yang menurut partisipasiya tidak perlu terjadi. Secara pribadi,
partisipasi menginginkan insiden itu dapat diatasi, tetapi ia tidak dapat dan
berbuat apa-apa.
Pertemuan Kedua
3.
Ciri-ciri Teks Eksemplum
a.
Berisi peristiwa yang tidak diinginkan
terjadi.
b.
Menunjukkan urutan peristiwa yang jelas.
c.
Menggunakan bahasa naratif.
4.
Fungsi Teks Eksemplum
a.
Menceritakan peristiwa.
b.
Menyelesaikan komplikasi dalam sebuah
cerita.
c.
Menilai karakter perilaku dalam cerita.
d.
Berbagai reaksi emosional dalam cerita.
Pertemuan Ketiga
5. Perbedaan teks eksemplum dengan teks fabel
aspek
|
Teks eksemplum
|
Teks fabel
|
1. struktur
|
1. orientasi
2. insiden
3. interpretasi
|
1. orientasi
2. komplikasi
3. resolusi
4. koda
|
2. kaidah kebahasaan
|
1. memuat kata keterangan tempat, waktu, cara, dan
tujuan
2. kata hubung intrakalimat dan antarkalimat
3. Klaimat majemuk setara dan kalimat majemuk
bertingkat
|
Ditandai dengan:
-
Kalimat tunggal dan kompleks
-
Kata sifat
-
Kata kerja
-
Konjungsi waktu
|
4. isi teks
|
Judul teks Mengejar Cita
|
Judul Jerapah
dan Kura-kura
|
Pertemuan Keempat
6. Klasifikasi teks eksemplum berdasarkan struktur dan penokohannya yang
terdapat di dalam bagian-bagian yang membangun teks. Teks eksemplum yang
dibahas adalah teks Putri Tangguk dan Mengejar Cita.
Pertemuan Kelima
7.
Menangkap Makna Teks Eksemplum
Di dalam materi
pembelajaran menangkap makna teks eksemplum ada tiga hal yang menjadi pokok
bahasan, yaitu
a.
Menjawab pertanyaan berkaitan dengan isi
teks eksemplum
Di
dalam kegiatan menjawab pertanyaan, guru menyediakan teks eksemplum dan
berdasarkan teks eksemplum tersebut guru juga membuat pertanyaan-pertanyaan
yang akan dikerjakan oleh peserta didik.
b.
Menjelaskan makna kata/ ungkapan/ istilah/
peribahasa dalam teks.
Untuk
menangkap makna teks eksemplum, peserta didik harus memahami makna kosa kata
dan kalimat yang terdapat dalam teks eksemplum. Makna kata tersebut dapat
dicari di Kamus Besar Bahasa Indonesia atau dapat dicari di internet.
Pertemuan Keenam
8.
Menceritakan
kembali isi teks dengan kata-kata sendiri
Untuk
memudahkan peserta didik dalam menceritakan kembali isi teks dengan kata-kata
sendiri, peserta didik dapat menemukan gagasan pokok yang ada di teks eksemplum
tersebut. Selain itu, teks eksemplum dapat dianalisis berdasarkan unsur instrinsiknya
agar teks eksemplum ayang akan diceritakan kembali tidak menyimpang dari teks
eksemplum aslinya.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan Pertama: (2 JP)
No.
|
Kegiatan Peserta Didik
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a. Peserta
didik menjawab salam guru pada awal pelajaran.
b. Guru
menanyakan kondisi peserta didik sehat atau tidak.
c. Guru
mengabsen kehadiran peserta didik.
d. Peserta
didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
e. Peserta
didik menerima informasi kompetensi dasar yang harus dicapai, tujuan
pembelajaran dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
f. Peserta
didik dimotivasi untuk bertanya jawab berkaitan dengan teks eksemplum.
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
Mengamati
a. Peserta didik membangun konteks melalui mengamati,
membaca puisi membicarakan isi puisi.
b. Peserta didik membaca teks “Putri Tangguk”
Menanya
a. Peserta didik bertanya jawab tentang puisi yang
diamati.
b. Peserta didik bertanya jawab tentang teks “Putri
Tangguk”
Mengumpulkan
Informasi
a.
Peserta didik menjawab
pertanyaan tentang isi puisi.
b.
Peserta didik menemukan
struktur teks “Putri Tangguk”
c.
Peserta didik menemukan
ciri kebahasaan teks “Putri Tangguk”
|
60 menit
|
3.
|
Penutup
a.
Guru dan peserta didik menyimpulkan isi teks
Puisi Jalan Kehidupan berkaitan dengan rasa syukur terhdap Tuhan YME atas
segala rahmat yang diberikan-Nya.
b.
Guru dan peserta didik bersepakat untuk melanjutkan
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
10 menit
|
2.
Pertemuan Kedua: (2 JP)
No.
|
Kegiatan Peserta Didik
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Peserta didik menjawab salam guru pada
awal pelajaran.
b.
Guru menanyakan kondisi peserta didik
sehat atau tidak.
c.
Guru mengabsen kehadiran peserta didik.
d.
Peserta didik menerima informasi tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
e.
Peserta didik menerima informasi
kompetensi dasar yang harus dicapai, tujuan pembelajaran dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
f.
Peserta didik dimotivasi untuk bertanya
jawab yang berkaitan dengan kegiatan sebelumnya .
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
Menalar/Mengasosiasi
a.
Peserta didik menentukan struktur teks “Putri Tangguk”
b.
Peserta didik menentukan
ciri kebahasaan teks “Putri Tangguk”
Mengomunikasikan
a.
Salah satu perwakilan kelompok mempresentasikan
hasil diskusi kelompoknya tentang isi dan kelompok lain menanggapinya.
b.
Salah satu perwakilan kelompok lain
menceritakan kembali teks eksemplum dengan kalimat sendiri dan kelompok lain
menanggapi tampilan teman.
c.
Peserta didik bersama guru menyimpulkan
hasil pembelajaran.
|
60 menit
|
3.
|
Penutup
a. Dengan
bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pelajaran mengenal dan
mengenali teks eksemplum.
b. Peserta
didik mengidentifikasi hambatan yang dialami saat mempelajari mengenal dan
mengenali teks eksemplum.
c.
Peserta didik menerima umpan balik dan penguatan
dari guru tentang pembelajaran mengenal dan mengenali teks eksemplum.
d.
Peserta didik menyimak informasi tentang rencana
tindak lanjut.
|
10 menit
|
3.
Pertemuan Ketiga: (2 JP)
No.
|
Kegiatan Peserta Didik
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Peserta didik dan guru memersiapkan
kegiatan pembelajaran dengan berdoa dan menanyakan peserta didik yang tidak
hadir
b.
Guru
mengajak peserta didik mengingat kembali peristiwa-peristiwa dalam
teks eksemplum yang dibaca dan menanyakan hikmah yang dapat dipetik dari
peristiwa-peristiwa tersebut untuk mengaitkan pembelajaran yang telah
dipelajari dengan yang akan dipelajari.
c.
Guru menjelaskan manfaat belajar teks
eksemplum dalam kehidupan.
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
Mengamati
a.
Peserta didik membaca teks fabel dengan judul Jerapah dan Kura-kura halaman 13-15 dan teks eksemplum dengan judul Mengejar Cita halaman
16-17
b.
Peserta didik mencermati struktur isi teks
eksemplum dan struktur isi teks fabel
c.
Peserta didik mencermati kaidah kebahasaan teks eksemplum dan
teks fabel
Menanya
a.
Peserta didik menanyakan
perbedaan
teks eksemplum dengan teks fabel dari segi struktur
b.
Peserta didik
menanyakan perbedaan teks eksemplum dengan teks fabel dari
kaidah kebahasaan
c.
Peserta didik
menanyakan perbedaan teks eksemplum dengan teks fabel dari
kaidah kebahasaan
Mengumpulkan informasi
a.
Peserta didik secara
kelompok mendiskusikan perbedaan struktur teks eksemplum dengan struktur
teks fabel
b.
Peserta didik secara
kelompok mendiskusikan perbedaan kaidah kebahasaan teks eksemplum dengan teks fabel
c.
Peserta didik secara kelompok mendiskusikan perbedaan isi teks eksemplum dengan teks fabel
Mengasosiasi/Menalar
a.
Tiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok lain memberikan
tanggapan.
b.
Melalui
teknik curah pendapat, guru memberikan penguatan terhadap pendapat-pendapat
yang dikemukakan dalam diskusi terkait
dengan perbedaan teks eksemplum dan teks fabel yang dibandingkan dari aspek struktur, kaidah kebahasaan, dan isi teks.
Mengomunikasikan
Siswa memperbaiki temuannya dan melaporkan
hasil temuannya secara tertulis
|
60 menit
|
3.
|
Penutup
a. Guru
memberikan penguatan tentang kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
b. Peserta
didik dan pendidik merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
c. Pendidik
menyampaikan pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
d. Peserta
didik dan pendidik menutup kegiatan dengan salam dan doa.
|
10 menit
|
Pertemuan
Keempat: (2 JP)
No.
|
Kegiatan Peserta Didik
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Peserta didik dan guru mempersiapkan
kegiatan pembelajaran dengan berdoa dan menanyakan peserta didik yang tidak
hadir
b.
Guru
mengajak peserta didik mengingat kembali peristiwa-peristiwa dalam
teks eksemplum yang dibaca dan menanyakan hikmah yang dapat dipetik dari
peristiwa-peristiwa tersebut untuk mengaitkan pemeblajaran yang telah
dipelajari dengan yang akan dipelajari.
c.
Guru menjelaskan manfaat belajar teks
eksemplum dalam kehidupan.
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
Mengamati
Peserta didik membaca membaca teks eksemplum dengan Putri Tangguk halaman 6-8 dan teks eksemplum dengan judul Mengejar Cita halaman 16-17
Menanya
a.
Peserta didik diberi
kesempatan untuk mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang belum dipahami
atau informasi tambahan.
b.
Peserta didik diberi
kesempatan merumuskan pertanyaan berkaitan dengan klasifikasi data dalam teks.
c.
Peserta didik diberi kesempatan
merumuskan pertanyaan berkaitan dengan bukti data dalam teks tantangan
melalui kalimat.
Mengumpulkan informasi
a.
Peserta didik berdiskusi untuk menemukan data sesuai dengan pertanyaan yang diajukan
kelompok lain.
b.
Peserta didik berdiskusi untuk menemukan klasifikasi data dalam teks Putri Tangguk dengan Mengejar
Cita berdasarkan struktur dan penokohannya.
c.
Peserta didik berdiskusi untuk
menemukan bukti data dalam teks eksemplum melalui kalimat
Mengolah Informasi
Peserta didik menyusun klasifikasi data kedua teks menjadi laporan
Mengomunikasikan
a.
Setiap kelompok melaporkan hasil
diskusi di depan kelas, kelompok lain memberikan tanggapan.
b.
Setiap kelompok memajang hasil
diskusi yang sudah direvisi di papan pajang.
c.
Peserta didik lain menanggapi
presentasi kelompok
|
60 menit
|
3.
|
Penutup
a. Guru
memberikan penguatan tentang kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
b. Peserta
didik dan pendidik merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
c. Guru menyampaikan
pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
d. Peserta
didik dan pendidik menutup kegiatan dengan salam dan doa.
|
10 menit
|
Pertemuan Kelima:
(2JP)
No.
|
Kegiatan Peserta Didik
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a. Peserta
didik menjawab salam guru pada awal pelajaran.
b. Guru
menanyakan kondisi peserta didik sehat atau tidak.
c. Guru
mengabsen kehadiran peserta didik.
d. Peserta
didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
e. Peserta
didik menerima informasi kompetensi dasar dan indikator pencapain
pembelajaran dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
f.
Peserta didik dimotivasi untuk
mangajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan teks teks eksemplum.
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
Mengamati
Peserta didik membaca teks eksemplum berjudul
Penggembala Domba dan Serigala.
Menanya
a.
Peserta didik bertanya jawab tentang
teks eksemplum berjudul Penggembala dan Domba.
b.
Peserta didik bertanya
jawab tentang kata/istilah yang berhubungan dengan teks eksemplum berjudul Penggembala dan Domba.
c.
Peserta didik menanya
cara mencari gagasan pokok untuk menceritakan kembali teks eksemplum dengan
kalimat sendiri.
Mengumpulkan
Informasi
a.
Peserta didik menjawab
pertanyaan tentang isi bacaan teks eksemplum.
b.
Peserta didik mencari
kata-kata sulit yang terdapat dalam teks eksemplum.
c.
Peserta didik mencari
gagasan pokok tiap paragraf teks eksemplum.
Menalar/Mengasosiasi
Peserta didik merangkai gagasan pokok menjadi bahan
untuk diceritakan.
|
60 menit
|
3.
|
Penutup
a. Dengan
bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pelajaran menangkap makna
teks eksemplum.
b. Peserta
didik mengidentifikasi hambatan yang dialami saat mempelajari menangkap makna
teks eksemplum.
c.
Peserta didik menerima umpan balik dan penguatan
dari guru tentang pembelajaran menangkap makna teks eksemplum.
d.
Peserta didik menyimak informasi tentang rencana
tindak lanjut.
|
10 menit
|
Pertemuan Keenam:
(2JP)
No.
|
Kegiatan Peserta Didik
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a. Peserta
didik menjawab salam guru pada awal pelajaran.
b. Guru
menanyakan kondisi peserta didik sehat atau tidak.
c. Guru
mengabsen kehadiran peserta didik.
d. Peserta
didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
e. Peserta
didik menerima informasi kompetensi dasar dan indikator pencapain
pembelajaran dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
f. Peserta didik mempersiapkan hasil kerja kelompok pada pertemuan
sebelumnya untuk dipresentasikan.
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
Mengomunikasikan
a. Peserta didik menceritakan kembali isi teks eksemplum yang disusun
secara berpasangan.
b. Kelompok lain menanggapi presentasi temannya.
|
60 menit
|
3.
|
Penutup
a.
Dengan bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan
materi pelajaran menangkap makna teks eksemplum.
b.
Peserta didik mengidentifikasi hambatan yang dialami
saat mempelajari menangkap makna teks eksemplum.
c.
Peserta didik menerima umpan balik dan penguatan
dari guru tentang pembelajaran menangkap makna teks eksemplum.
d.
Peserta didik menyimak informasi tentang rencana
tindak lanjut.
|
10 menit
|
F. Penilaian,
Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan
1. Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap
a. Penilaian Sikap Spiritual
Teknik : Penilaian Sikap
Bentuk : Jurnal
Instrumen :
JURNAL
|
No
|
Nama
|
Hari/Tgl
|
Kejadian
|
Tinjak
lanjut
|
Keterangan
|
|
Positif
|
Negatif
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
b. Penilaian Sikap
Jujur
Teknik : Penilaian Sikap
Bentuk : Penilaian Diri
Instrumen :
Penilaian Diri
Tugas:............................
|
Nama:..........................
Kelas:..............................
|
Bacalah
baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda V pada kolom yang sesuai dengan keadaan
dirimu yang sebenarnya.
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Saya tidak menyontek saat
menentukan struktur teks
|
|
|
2
|
Saya tidak menyontek saat
menyusun kalimat dengan kata/istilah dalam teks eksemplum
|
|
|
Keterangan
1.
tidak
2.
ya
Penghitungan
nilai
c. Penilaian Sikap
Percaya Diri
Teknik :
Penilaian Sikap
Bentuk :
Penilaian Antarpeserta Didik
Instrumen :
Instrumen Penilaian
Sikap Percaya Diri
Ket. Skor:
4: Selalu
3: Sering
2:
Kadang-kadang
1: Jarang
Skor
maksimal: 20
Penghitungan nilai
|
2. Instrumen Penilaian Kompetensi Pengetahuan
a. Materi KD 3.1
Teknik : Tes Tulis
Bentuk : Uraian
Instrumen :
Soal: Bacalah Teks Eksemplum
berikut!
Anak Penggembala dan Serigala
Sumber: http://www.ceritakecil.com/cerita-dan-dongeng/Anak-Penggembala-dan-Serigala-39 dengan
pengubahan
1.
Tentukanlah struktur teks eksemplum di atas!
2.
Temukanlah sebuah kalimat yang mengandung kata
keterangan yang terdapat pada teks eksemplum di atas!
a.
Keterangan tempat
b.
Keterangan waktu
3.
Temukanlah sebuah kalimat yang mengandung kata
hubung yang terdapat pada teks eksemplum di atas!
a.
Kata hubung koordinatif
b.
Kata hubung antarkalimat
4.
Tulislah dua kalimat yang termasuk kalimat
majemuk setara yang terdapat pada teks eksemplum di atas!
5.
Tulislah dua kalimat yang termasuk kalimat
majemuk bertingkat yang
terdapat pada teks eksemplum di atas!
|
Pedoman Penilaian
Kunci Jawaban:
1.
Struktur teks eksemplum
a.
Orientasi terdapat pada
paragraf 1
b.
Insiden terdapat pada paragraf
2,3,4,5,6
b.
Interpretasi terdapat pada
paragraf 7
2.
Alternatif jawaban kalimat
yang memiliki kata keterangan
a.
Seorang anak gembala selalu menggembalakan
domba milik tuannya dekat suatu hutan
yang gelap dan tidak jauh dari kampungnya.
b. Suatu hari ketika dia
menggembalakan dombanya di dekat hutan, dia mulai berpikir apa yang harus
dilakukannya apabila dia melihat serigala, dia merasa terhibur dengan
memikirkan berbagai macam rencana.
3.
Alternatif jawaban kalimat
yang memiliki kata hubung
a.
Seperti yang dia duga, orang-orang kampung
yang mendengarnya berteriak, cepat-cepat meninggalkan pekerjaan mereka dan berlari ke arah anak gembala
tersebut untuk membantunya.
b.
Sikap itu akan merugikan dirinya sendiri
karena orang yang merasa dibohongi tidak akan lagi mempercayainya. Oleh karena itu, kita sebagai manusia
tidak boleh berbohong.
4.
Alternatif jawaban kalimat
bermajemuk setara
a. Serigala
itu akhirnya berhasil menerkam dan memakan banyak domba yang digembalakan oleh
sang anak gembala, lalu berlari masuk ke dalam hutan kembali.
b. Anak
gembala itu sekarang walaupun tidak melihat seekor serigala pun, dia
berpura-pura lari ke arah kampungnya dan berteriak sekeras-kerasnya,
"Serigala, serigala!"
5.
Alternatif jawaban kalimat
bermajemuk bertingkat
a.
Sikap itu akan merugikan dirinya sendiri
karena orang yang merasa dibohongi tidak akan lagi mempercayainya. Oleh karena
itu, kita sebagai manusia tidak boleh berbohong.
b.
Tuannya pernah berkata bahwa apabila dia
melihat serigala menyerang kawanan dombanya, dia harus berteriak memanggil
bantuan, dan orang-orang sekampung akan datang membantunya.
Rubrik Penilaian
No.
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Siswa menentukan 3 struktur teks eksemplum
dengan benar
|
3
|
Siswa menentukan 2 struktur teks eksemplum
dengan benar
|
2
|
|
Siswa menentukan 1 struktur teks eksemplum
dengan benar
|
1
|
|
Siswa salah menentukan struktur teks eksemplum
|
0
|
|
2a
|
Siswa menemukan kalimat yang mengandung kata keterangan tempat dengan
tepat
|
1
|
Siswa tidak tepat dalam menemukan kalimat yang mengandung kata keterangan
tempat
|
0
|
|
2b
|
Siswa menemukan kalimat yang mengandung kata keterangan waktu dengan
tepat
|
1
|
Siswa tidak tepat dalam menemukan kalimat yang mengandung kata keterangan
waktu
|
0
|
|
3a
|
Siswa menemukan kalimat yang mengandung kata hubung koordinatif dengan
tepat
|
1
|
Siswa tidak tepat dalam menemukan kalimat yang mengandung kata hubung
koordinatif
|
0
|
|
3b
|
Siswa menemukan kalimat yang mengandung kata hubung antarkalimat dengan
tepat
|
1
|
Siswa tidak tepat dalam menemukan kalimat yang mengandung kata hubung
antarkalimat
|
0
|
|
4
|
Siswa menemukan dua kalimat majemuk setara dengan tepat
|
2
|
Siswa menemukan satu kalimat majemuk setara dengan tepat
|
1
|
|
Siswa tidak tepat dalam menemukan kalimat majemuk setara
|
0
|
|
5
|
Siswa menemukan dua kalimat majemuk bertingkat dengan tepat
|
2
|
Siswa menemukan satu kalimat majemuk bertingkat dengan tepat
|
1
|
|
Siswa tidak tepat dalam menemukan kalimat majemuk bertingkat
|
0
|
Skor maksimal 10
Nilai =
Skor Perolehan x 100
Skor Maksimal
b. Materi
KD 3.2
Teknik :
Tes Tulis
Bentuk :
Uraian
Instrumen :
Bacalah teks eksemplum dan teks fabel berikut!
Teks 1
|
Teks 2
|
1. Tentukan perbedaan struktur isi dari teks eksemplum dan teks fabel
yang kalian baca!
2. Tentukan perbedaan kaidah kebahasaan teks eksemplum
dan teks fabel yang kalian baca!
3. Tentukan perbedaan isi teks dari teks eksemplum dan
teks fabel tersebut!
Perbedaan teks
eksemplum dan teks fabel
Aspek
|
Teks Eksemplum
|
Teks Fabel
|
1. Struktur
|
|
|
2. Kaidah kebahasaan
|
|
|
3. Isi teks
|
|
|
Kunci jawaban:
Perbedaan teks eksemplum dengan teks fabel
aspek
|
Teks eksemplum
|
Teks Fabel
|
1. struktur
|
1. Orientasi, terdapat pada paragraf pertama
2. Insiden, terdapat pada paragraf kedua
3. Interpretasi, terdapat pada paragraf ketiga
|
1. Orientasi, terdapat pada paragraf 1
2. Komplikasi, terdapat pada paragraf 2
3. Resolusi, terdapat pada paragraf 3
4. Koda, terdapat pada paragraf 4
|
2. kaidah kebahasaan
|
1. memuat kata keterangan tempat, waktu, cara, dan
tujuan
2. kata hubung intrakalimat dan antarkalimat
3. Klaimat majemuk setara dan kalimat majemuk
bertingkat
|
Ditandai dengan:
-
Kalimat tunggal dan kompleks
-
Kata sifat
-
Kata kerja
-
Konjungsi waktu
|
3. isi teks
|
Teks eksemplum berjudul
Burung Gagak berkisah burung yang cerdik dalam memecahkan masalah yang
dihadapi ketika akan minum di kendil. …
|
Teks fabel berjudul Kerbau dan Kambing berkisah kerbau yang
menyelamatkan diri di sebuah goa dari serangan singa…..
|
Rubrik Penilaian
NO
|
ASPEK
|
DESKRIPTOR
|
SKOR
|
1
|
Dapat menentukan perbedaan teks eksemplum dengan
teks fabel dari segi struktur
|
Dapat menentukan perbedaan teks eksemplum dengan
teks fabel dari segi struktur
dengan tepat dan disertai bukti pendukung
|
2
|
Dapat menentukan perbedaan
teks teks eksemplum dengan
teks fabel dari segi struktur dengan tepat
tetapi tidak disertai bukti pendukung
|
1
|
||
Tidak dapat
menentukan perbedaan teks eksemplum dengan
teks fabel dari segi struktur
|
0
|
||
Skor maksimal
|
2
|
||
2
|
Dapat menentukan perbedaan teks eksemplum dengan
teks fabel dari segi kaidah kebahasaan
|
Dapat menentukan perbedaan teks eksemplum dengan
teks fabel dari kaidah kebahasaan
dengan tepat dan disertai bukti pendukung
|
2
|
Dapat menentukan perbedaan teks eksemplum dengan
teks fabel dari kaidah kebahasaan
dengan tepat tetapi tidak disertai bukti pendukung
|
1
|
||
Tidak dapat
menentukan perbedaan teks eksemplum dengan
teks fabel dari kaidah kebahasaan
|
0
|
||
Skor maksimal
|
2
|
||
3
|
Dapat menentukan perbedaan teks eksemplum dengan
teks fabel dari isi teks
|
Dapat menentukan perbedaan teks eksemplum dengan
teks fabel dari isi teks dengan tepat dan
disertai bukti pendukung
|
2
|
Dapat menentukan perbedaan teks eksemplum dengan
teks fabel dari isi teks dengan tepat tetapi
tidak disertai bukti pendukung
|
1
|
||
Tidak dapat
menentukan perbedaan teks eksemplum dengan
teks fabel dari isi teks
|
0
|
||
|
|
||
|
|
Jumlah Skor
Maksimal: 6
Skor =
Nilai yang diperoleh X 100
Nilai maksimal
b.
Observasi
Terhadap Diskusi/ Tanya Jawab
Materi KD 3.3
Teknik : Tes Tulis
Bentuk : Observasi terhadap diskusi/tanya jawab
Instrumen
Rubrik
Penilaian Observasi terhadap Diskusi Teks Eksemplum
No
|
Pemahaman/
Penerapan
|
Sangat memahami
4
|
Memahami
3
|
Cukup memahami
2
|
Kurang memahami
1
|
1
|
Siswa menyampaikan klasifikasi teks eksemplum
|
|
|
|
|
2
|
Siswa menunjukkan klasifikasi teks
eksemplum berjudul Putri Tangguk dan
Mengejar Cita berdasarkan strukturnya
|
|
|
|
|
3
|
Siswa menunjukkan klasifikasi teks
eksemplum berjudul Putri Tangguk dan
Mengejar Cita berdasarkan isinya
|
|
|
|
|
4
|
Siswa menunjukkan klasifikasi teks
eksemplum berjudul Putri Tangguk dan
Mengejar Cita berdasarkan bahasanya
|
|
|
|
|
5
|
Siswa menunjukkan klasifikasi teks
eksemplum berjudul Putri Tangguk dan
Mengejar Cita berdasarkan perilaku sosial
|
|
|
|
|
Pedoman penilaian
Skor maksimal = 20
Nilai = (skor perolehan/skor maksimal)x100
3. Instrumen Penilaian Kompetensi
Keterampilan
a. Penilaian Praktik
Teknik : Unjuk Kerja
Bentuk : Tes Praktik
Instrumen
|
Cermati teks eksempum berikut
dengan saksama, kemudian kerjakan soal nomor 1 s.d. 3!
"Putri
Jelita dan Burung Beo"
Di sebuah kerajaan tinggallah
seorang putri yang cantik jelita.Ia bernama Jelita. Jelita sangat sombong. Ia
selalu menganggap rendah orang lain. Raja sendiri pun tidak suka dengan sifat
anaknya, tetapi ia tidak tega memarahi anaknya itu. Akhirnya suatu hari Raja
membelikan Jelita Burung Beo yang
indah. Burung itu berwana merah,
tetapi Jelita tidak menyukai burung itu. Tahun berlalu saat ini kerajaan
sedang diserang oleh Pangeran Tamak. Pangeran Tamak ingin menikahi Jelita,
tetapi Jelita tidak suka dengan Pangeran Tamak.
Akhirnya terjadilah peperangan di
Kerajaan Jelita. Saat itu Raja sedang sakit keras, ia tidak mampu mengomando
seluruh pasukannya.Tiba-tiba terjadi keajaiban Raja pun sembuh dengan meminum
daun yang tumbuh di dekat sarang Burung Beo.Pada akhirnya mereka kalah dan
raja pun kembali sakit. Saat malam Jelita mengis menyesali sifatnya itu, lalu
tiba-tiba Burung Beo itu memberi tahu bahwa ada Rumput Ajaib yang berada di
tengah Sungai Keramat. Jelita pun pergi ke Sungai Keramat dengan Burung Beo.
Saat diperjalanan Jelita bermimpi bahwa Burung Beo lah yang akan menolong
kerajaannya. Setelah itu mereka sampai di Sungai Keramat dekat Hutan Angker.
Saat itu Beo menghilang, tetapi tak lama kemudian ia melihat seorang Pangeran
yang tampan. Ternyata ia adalah jelmaan Burung Beo Akhirnya setelah perang
selesai dan kerajaan Jelita menang Jelita berjanji kepada ayahnya bahwa ia
tidak akan menganggap rendah orang lain, lalu Jelita juga menikah dengan
Pangeran yang maenjadi jelmaan burung beo itu.
http://www.kemudian.com/node/88943
|
1. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
1. Bagaimanakah krakter Jelita?
2. Siapakah yang menyerang kerajaan?
3. Mengapa kerajaan ayah Jelita mengalami kekalahan dalam perang?
4. Apakah yang dilakukan Jelita setelah kalah perang?
5. Di manakah Jelita dapat menemukan Rumput Ajaib?
2. Carilah kata-kata sulit yang terdapat teks
“Putri Jelita dan Burung Beo”, kemudian jelaskan makna kata/ungkapan/istilah/
peribahasa dalam teks!
No.
|
Kata Sulit/Istilah
|
Arti
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
3.
|
|
|
4.
|
|
|
5.
|
|
|
3. Ceritakanlah
kembali teks eksemplum “Putri Jelita dan Burung Beo” dengan kalimatmu sendiri!
KUNCI
JAWABAN
1. Menjawab pertanyaan
a. Sombong dan menganggap rendah orang lain.
b. Pangeran Tamak
c. Raja
sedang sakit keras,ia tidak mampu mengomando seluruh pasukannya.
d. Jelita
mengis menyesali sifatnya.
e. Di Sungai
Keramat
Rubrik Penilaian
No.
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
Menjawab 5 pertanyaan dengan benar
|
5
|
2.
|
Menjawab 4 pertanyaan dengan benar
|
4
|
3.
|
Menjawab 3 pertanyaan dengan benar
|
3
|
4.
|
Menjawab 2 pertanyaan dengan benar
|
2
|
5.
|
Menjawab 1 pertanyaan dengan benar
|
1
|
Nilai
= Skor Perolehan x 100
Skor Maksimal
2. Mencari kata-kata sulit dan menjelaskan arti
No.
|
Kata Sulit/Istilah
|
Arti
|
1.
|
sombong
|
menghargai
diri secara berlebihan; congkak; pongah: tabiatnya
agak aneh
|
2.
|
komando
|
aba-aba,
perintah
|
3.
|
keramat
|
suci
dan bertuah yg dapat memberikan efek magis dan psikologis kepada pihak lain
(tentang barang atau tempat suci)
|
4.
|
ajaib
|
ganjil;
aneh; jarang ada; tidak seperti biasa;
mengherankan
|
5.
|
angker
|
tampak
menyeramkan (menakutkan)
|
Rubrik
Penilaian
No.
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
Dapat
menyebutkan 5 kata dan mengartikannya dengan benar
|
5
|
2.
|
Dapat menyebutkan 4 kata dan mengartikannya dengan
benar
|
4
|
3.
|
Dapat menyebutkan 3 kata dan mengartikannya dengan
benar
|
3
|
4.
|
Dapat menyebutkan 2 kata dan mengartikannya dengan
benar
|
2
|
5.
|
Dapat menyebutkan 1 kata dan mengartikannya dengan
benar
|
1
|
Nilai = Skor
Perolehan x 100
Skor Maksimal
2.
Ceritakan kembali isi teks dengan
kata-kata sendiri!
Rubrik Penilaian
No.
|
Uraian
|
Skor
|
||||
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Sikap ketika menceritakan kembali
|
|
|
|
|
|
2.
|
Kelengkapan isi cerita
|
|
|
|
|
|
3.
|
Keruntutan cerita
|
|
|
|
|
|
4.
|
Kejelasan suara
|
|
|
|
|
|
5
|
Bahasa
|
|
|
|
|
|
Nilai =
Skor Perolehan x 100
Skor Maksimal
4. Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
|
1.
Tentukanlah struktur teks
eksemplum berjudul Anak Katak tersebut!
2. Carilah
kata-kata sulit yang terdapat teks “Putri Jelita dan Burung Beo”, kemudian
jelaskan makna kata/ungkapan/istilah/peribahasa dalam teks!
No.
|
Kata
Sulit/Istilah
|
Arti
|
1.
|
mengindahkan
|
|
2.
|
arus
|
|
3.
|
malang
|
|
4.
|
murung
|
|
5.
|
tersapu
|
|
KUNCI JAWABAN
1.
Struktur teks eksemplum:
a. Orientasi terdapat pada paragraf 1
b. Insiden terdapat pada paragraf 2
c. Interpretasi terdapat pada paragraf 3
Rubrik Penilaian
No.
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Siswa menentukan 3 struktur teks eksemplum
dengan benar
|
3
|
Siswa menentukan 2 struktur teks eksemplum
dengan benar
|
2
|
|
Siswa menentukan 1 struktur teks eksemplum
dengan benar
|
1
|
|
Siswa salah menentukan struktur teks eksemplum
|
0
|
|
2
|
Siswa menemukan kalimat yang mengandung kata keterangan tempat dengan
tepat
|
1
|
Siswa tidak tepat dalam menemukan kalimat yang mengandung kata keterangan
tempat
|
0
|
Nilai = Skor
Perolehan x 100
Skor Maksimal
2. Mencari kata-kata sulit dan menjelaskan arti
No.
|
Kata
Sulit/Istilah
|
Arti
|
1.
|
mengindahkan
|
memedulikan;
memerhatikan; meresapkan ke dalam hati (nasihat dsb)
|
2.
|
arus
|
gerak
air yang mengalir; aliran
|
3.
|
malang
|
bernasib
buruk; celaka; sial
|
4.
|
murung
|
(mudah)
sedih; masygul
|
5.
|
tersapu
|
dibinasakan
sama sekali
|
Rubrik
Penilaian
No.
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
Dapat
menyebutkan 5 kata dan mengartikannya dengan benar
|
5
|
2.
|
Dapat menyebutkan 4 kata dan mengartikannya dengan
benar
|
4
|
3.
|
Dapat menyebutkan 3 kata dan mengartikannya dengan
benar
|
3
|
4.
|
Dapat menyebutkan 2 kata dan mengartikannya dengan
benar
|
2
|
5.
|
Dapat menyebutkan 1 kata dan mengartikannya dengan
benar
|
1
|
Nilai = Skor
Perolehan x 100
Skor Maksimal
b.
Pengayaan
Pengayaan diberikan kepada peserta
didik yang sudah tuntas belajarnya.
Teknik : Penilaian Keterampilan
Bentuk : Tes Tulis
Instrumen :
Cermati teks eksemplum berikut, kemudian tulislah kembali dengan kata-katamu
sendiri!
Kelinci Pembohong
Di padang rumput
nan hijau, hiduplah seekor kelinci yang sangat nakal, setiap hari kerjaannya
mengusili penghuni padang rumput. Pada suatu hari, si kelinci ketemu pak
kijang. Dalam hati kelinci berpikir “saya kerjain saja Pak Kijang, tapi
bagaimana ya?” Si kelinci berpikir keras dan tiba-tiba ide nakal sampai di kepalanya. “Saya pura-pura saja lari Pak Kijang sambil
berteriak ‘pak singa ngamuk'”.
Maka sambil larilah, Si Kelinci
sambil berteriak “Pak Singa ngamuk! Pak Singa ngamuk!”, akhirnya pak kijang
sekeluarga lari tak beraturan, sampai anaknya Pak Kijang jatuh ke jurang.
Puaslah hati Si Kelinci,
berbahak-bahak dia, “kena saya kerjain Pak Kijang”. Begitu bangganya Si
Kelinci, “cerdas juga saya” Congkak si kelinci.
Si Kelinci melanjutkan
jalan-jalannya sambil mencari korban berikutnya. Dari kejauhan, Si Kelinci
melihat Pak Kerbau. Dia pun melakukan hal yang sama seperti pada Pak Kijang. “
Pak Singa ngamuk! Pak singa ngamuk!” teriak Si Kelinci, sambil berlari ke arah Pak
Kerbau sekeluarga.” Terang saja Pak Kerbau langsung lari terbirit-birit sampai
istri Pak Kerbau yang lagi hamil,
keguguran. Duka Pak Kerbau jadi suka cita Si Kelinci.
Hari berikutnya Pak Kijang bertemu
Pak Kerbau, mereka menceritakan kejadian yang mereka alami kemarin. Selagi
mereka asyik membahas masalah yang menimpa keluarga mereka yang disebabkan ulah
Si Kelinci, tiba-tiba terdengarlah suara teriakan Si Kelinci dari kejauhan,
Tolong, saya dikejar-kejar Pak Singa, Pak Singa ngamuk! Tolong, tolong,
tolooong!”, tapi tak ada yang peduli, “Ah, paling-paling Si Kelinci lagi
membohongi kita” pikir mereka. Sekuat tenaga Si Kelinci menghindari kejaran Pak
Singa, tapi apalah daya, Pak Singa lebih cepat larinya, akhirnya Si Kelinci
mati dikoyak-koyak Pak Singa dan tidak ada yang
peduli.
Dalam hidup manusia tidak boleh
berbohong apalagi menjadi kebiasaan. Suatu saat apabila musibah itu menimpa
pada kita, orang lain tidak akan mempercayai kita sehingga kita akan celaka
sendiri. Lebih baik dalam hidup saling menghormati dan saling menolong.
Rubrik Penilaian
No.
|
Uraian
|
Skor
|
||||
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Kelengkapan isi cerita
|
|
|
|
|
|
2.
|
Keruntutan cerita
|
|
|
|
|
|
3.
|
Kosakata
|
|
|
|
|
|
4.
|
Penggunaan bahasa
|
|
|
|
|
|
Skor maksimal: 20
Nilai = Skor Perolehan x 100
Skor Maksimal
G.
Media, Alat, Sumber Pembelajaran
1. Media
: gambar hewan, teks eksemplum, teks fabel
2. Alat : LCD, laptop
3. Sumber
Pembelajaran :
a.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2015. Bahasa
Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. Hlm. 2
s.d. 33.
b.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2015. Buku
Guru Bahasa Indonesia Wahana
Pengetahuan SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Susanto, S. Pd., M. M.
NIP 19570930 197903 1 005
|
|
Batangan, 9 Juli 2015
Guru Mata Pelajaran,
Bambang Sukamto, M. Pd.
NIP 19600522 198403 1 004
|
EmoticonEmoticon