RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 1 Batangan
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
|
Kelas/Semester
|
:
|
VIII/2
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
12. Mengungkapkan informasi dalam bentuk
rangkuman, teks berita, slogan / poster.
|
|
Kopetensi Dasar
|
:
|
12.3
Menuliskan slogan / poster untuk berbagai keperluan dengan pilihan kata dan
kalimat yang bervariasi, serta persuasi.
|
|
Indikator
|
:
|
(1) Menunjukkan
jenis-jenis slogan / poster.
(2)
Menulis slogan / poster sesuai dengan konteks.
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 40 menit (1 x pertemuan)
|
A. Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui penjelasan guru, siswa dapat
membedakan antara poster dan slogan dengan benar.
2. Melalui pengamatan, siswa dapat menunjukkan jenis-jenis slogan /
poster dengan benar.
3. Melalui penjelasan guru, siswa dapat menulis
slogan / poster sesuai konteks dengan benar.
B. Materi
Pembelajaran
Penulisan Poster.
Menyampaikan pesan dapat dilakukan
dengan banyak cara. Ada pesan yang disampaikan secara langsung, ada pula yang
menggunakan media tertentu. Media yang digunakan pun bermacam-macam. Poster dan slogan merupakan salah satu sarana yang
digunakan untuk menyampaikan pesan tertentu. Poster dan slogan biasanya dipilih
oleh pihak tertentu, baik instansi, organisasi, maupun perusahaan karena
dipandang lebih efektif. Lebih-lebih poster, selain bentuknya menarik,
pemasangannya biasanya diletakkan di tempat-tempat umum sehingga mudah dibaca
oleh khalayak ramai.
a. Contoh
slogan dan poster
Membaca menebar kekayaan
pikir dan hati
b. Perbedaan Poster
dengan slogan
Poster merupakan plakat atau tempelan yang biasanya
berisi pengumuman dan ditempel di tempat-tempat umum. Bahasa yang digunakan
dalam poster haruslah singkat, mudah dimengerti, dan mudah diingat. Selain itu,
harus menarik perhatian bagi orang yang melihat dan membacanya. Isi
atau muatan poster dapat berupa imbauan, ajakan, protes, penawaran produk,
upaya pendidikan, dan penyaluran aspirasi tertentu
Slogan
merupakan kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat. Slogan
biasanya bertujuan menumbuhkan semangat atau motivasi. Isi atau muatan slogan
berupa penjelasan mengenai tujuan ideologi suatu organisasi, golongan, dan
sebagainya
Contoh: Sekali
merdeka, tetap merdeka
Sekali di udara, tetap di udara
TVRI menjalin persatuan dan
kesatuan
SCTV satu untuk semua …
b. Macam-Macam Slogan / poster
1. Poster niaga
2. Poster pendidikan /
penerangan
3. Poster kegiatan.
c. Cara penulisan slogan /
poster
1. Menentukan dengan baik
tujuan kita membuat slogan / poster.
2. Daftarkan butir-butir
pokok yang akan dituliskan menjadi slogan / poster.
3. Memilih kata yang
tepat dan unik serta menyusun kalimat yang menarik, singkat dan persuasif.
4. Kalimat dapat
digunakan untuk menyampaikan pesan secepat mungkin sehingga pengendara sepeda
motor atau penumpang mobil dapat mengetahui isinya.
d. Praktik penulisan slogan /
poster
C. Pendekatan dan Metode
1. Pendekatan: Komunikatif
2. Metode:
a. Ceramah
b. Tanya Jawab
c. Penugasan
d. Diskusi
D. Skenario Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
2
3
|
Kegiatan
Prapembelajaran
1.
Guru menyiapkan materi pembelajaran berupa poster dan
slogan.
2.
Guru menyiapkan alat peraga berupa slide.
3.
Guru menyiapkan OHP.
Kegiatan Awal
1.
Guru menyampaikan KD dan mengaitkannya dengan kehidupan.
2.
Guru memperlihatkan beberapa poster dan slogan.
3.
Guru mengajukan pertanyaan untuk apa slogan dan
poster dibuat serta bagaimana cara menyusunnya.
Kegiatan Inti
1. Siswa mengamati ciri slogan dan langkah
menyusun slogan yang ada di buku siswa.
2. Siswa mendiskusikan isi slogan, makna
slogan, hubungan tujuan/visi dari perusahaan, organisasi atau perusahaan
dengan makna slogan, penggunaan kata dalam slogan, dan penataan kata dalam
slogan.
3. Siswa mengamati ciri poster dan langkah
menyusun poster yang ada di buku siswa.
4. Siswa mendiskusikan isi poster, makna
poster, hubungan tujuan penyusunan poster dengan kalimat dan gambar poster,
penggunaan kata dalam poster, dan penataan gambar/kalimat poster.
5. Siswa secara berkelompok menyusun slogan
dan poster dengan tujuan yang ditentukan sendiri.
6. Siswa menulikan kalimat poster di papan
tulis.
Penutup
1.
Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi.
2.
Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi terhadap proses
dan hasil belajar.
|
10
40
30
|
E. Media dan Sumber Pembelajaran
1. Alat / Bahan
a. Contoh Poster dan slogan
b. OHP
2. Sumber
Pembelajaran
a. Setyorini, Yulianti dan Wahono. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP
Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Hlm.
104 – 108.
b. Wirajaya,
Asep Yuda dan Sudarmawati. 2008. Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk
SMP/MTs. Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan
Nasional. Hlm. 188-189.
c. Maryati
dan Sutopo. 2008. Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas VIII.
Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Hlm. 76-77.
d. Laksono,
Kisyanti, dkk. 2008. Bahasa Indonesia Sekolah Manengah Pertama / Madrasah
Tsanawiyah Kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan
Nasional. Hlm. 139.
F. Penilaian
1. Teknik:
teknik
tes
2. Bentuk: tes tertulis
3. Alat
Penilaian (terlampir)
Mengetahui
Kepala
Sekolah,
........................................... | ..........................., .................. Guru Mata Pelajaran. ............................................. |
Lampiran 1
Soal-soal Pretes
1. Termasuk slogan
atau posterkah yang tertulis di bawah ini?
a. Gambar 1
|
b. Gambar 2
|
2. Apakah tujuan
penulisan poster / slogan di atas?
3. Termasuk kalimat
poster atau slogankah kalimat di bawah ini?
a. Setetes Darah Anda Berarti Nyawa bagi Orang Lain.
b. Untuk Anda Kami Ada.
c. Orang Bijak Taat Pajak.
d. Buang
sampah pada tempatnya!
e. Terima
kasih Anda tidak merokok!
Kunci
Jawaban
1. a. Poster
b. Slogan
2. a. Agar pembaca menghadiri konser Ungu
b. Agar pembaca bergairah membaca.
3. a. slogan
b. slogan
c. slogan
d. poster
e. poster
Lampiran
2
Tes
Proses Belajar
1. Buatlah slogan
berdasarkan gambar berikut ini!
2. Apa makna slogan
berikut ini?
|
Kunci
Jawaban
1. Jangan wariskan kepada anak cucu air mata, tetapi
wariskanlah mata air!
2. SMP Negeri 1 Batangan akan menjadikan peserta
didik seorang yang berprestasi, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan
berbudaya.
Lampiran
3
Soal-Soal
Postes
1. Tuliskan tiga
jenis poster pendidikan / penerangan yang kamu ketahui!
2. Termasuk slogan
atau posterkah pernyataan-pernyataan di bawah ini?
|
|
3. Tuliskan poster
berdasarkan ilustrasi di bawah ini!
a. Kegiatan :
Pentas seni sekolahmu
Tempat : Lapangan olahraga sekolah
Pelaksanaan : Tanggal 20 Juni 2009
b.
Kunci Jawaban
1. a. Daftarkan diri Anda ke SMA bertaraf
internasional sekarang juga!
b. Ilmu adalah penerang di kegelapan!
c. Bermain, NO! Belajar, YES!
2. a. slogan
b. slogan
3. a. Hadirilah pentas seni di sekolah tanggal 20 Juni 2009 di lapangan olahraga sekolah!
b. Tas kulit berkualitas, harga terjangkau
Rubrik Penilaian
Soal nomor 1
No
|
Kegiatan
|
Skor
|
Skor Max.
|
1
|
Menyebutkan 3 jenis slogan
|
3
|
|
2
|
Menyebutkan 2 jenis slogan
|
2
|
3
|
3
|
Menyebutkan 1 jenis slogan
|
1
|
|
4
|
Tidak dapat meneyebutkan / salah
|
0
|
Soal
nomor 2
No
|
Kegiatan
|
Skor
|
Skor Max.
|
1
|
Menyebutkan 2 jenis slogan
|
2
|
|
2
|
Menyebutkan 1 jenis slogan
|
1
|
2
|
3
|
Tidak dapat menyebutkan / salah
|
0
|
Soal
nomor 3
No
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Skor
|
S.Max
|
a.
|
Gambar/Logo
|
Sesuai dengan peristiwa / kalimat
Kurang sesuai dengan peristiwa / kalimat
Tidak sesuai dengan peristiwa / kalimat
|
3
2
1
|
3
|
b.
|
Kalimat
|
Ringkas, jelas, tepat sasaran, dan menarik
Kurang ringkas, jelas,tepat sasaran dll
Tidak ringkas, jelas dan tepat sasaran
|
2
1,5
1
|
2
|
Perhitungan
nilai
1. Soal
nomor 1; skor maksimal = 3
2. Soal
nomor 2; skor maksimal = 2
3. Soal
nomor 3; skor maksimal = 5
Jumlah
skor maksimal = 10
Penghitungan
nilai akhir dalam skala 0 s.d. 100 adalah sebagai berikut:
Skor Perolehan
|
||||
Nilai Akhir
|
=
|
-------------------
|
x
|
Skor Ideal (100)
|
Skor Maksimal
|
Lampiran 4
Program Perbaikan
dan Pengayaan
1. Tuliskan tiga
buah slogan yang berkaitan dengan emansipasi wanita!
2. Termasuk slogan
atau posterkah pernyataan-pernyataan di bawah ini?
|
b.
|
3. Tuliskan poster
berdasarkan ilustrasi di bawah ini!
Kegiatan :
Lomba volly antarkelas
Tempat : Lapangan olahraga sekolah
Pelaksanaan :
Tanggal 20 Juni 2009
4. Tuliskan slogan
berdasarkan gambar di bawah ini!
Kunci
Jawaban
1. a. Sudah saatnya wanita tampil ke depan.
b. Wanita adalah pendidik bangsa.
c. Surga di bawah telapak kaki ibu.
2. a. Slogan
b. Poster
|
4. Hutan bukan
warisan, tetapi pinjaman anak cucu!
Rubrik Penilaian
Soal nomor 1
No
|
Kegiatan
|
Skor
|
Skor Max.
|
1
|
Menyebutkan 3 jenis slogan
|
3
|
|
2
|
Menyebutkan 2 jenis slogan
|
2
|
3
|
3
|
Menyebutkan 1 jenis slogan
|
1
|
|
4
|
Tidak dapat meneyebutkan / salah
|
0
|
Soal
nomor 2
No
|
Kegiatan
|
Skor
|
Skor Max.
|
1
|
Menyebutkan 2 jenis slogan
|
2
|
|
2
|
Menyebutkan 1 jenis slogan
|
1
|
2
|
3
|
Tidak dapat menyebutkan / salah
|
0
|
Soal
nomor 3
No
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Skor
|
S.Max
|
3.
|
Kalimat
|
Ringkas, jelas, tepat sasaran, dan menarik
Kurang ringkas, jelas,tepat sasaran dll
Tidak ringkas, jelas dan tepat sasaran
|
2
1,5
1
|
2
|
Soal
nomor 4
No
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Skor
|
S.Max
|
4.
|
Gambar/Logo
|
Kalimat sesuai dengan gambar
Kalimat kurang sesuai dengan gambar
Kalimat tidak sesuai dengan gambar
|
3
2
1
|
3
|
Perhitungan
nilai
1. Soal
nomor 1; skor maksimal = 3
2. Soal
nomor 2; skor maksimal = 2
3. Soal
nomor 3; skor maksimal = 2
4. Soal
nomor 3; skor maksimal = 3
Jumlah
skor maksimal = 10
Penghitungan
nilai akhir dalam skala 0 s.d. 100 adalah sebagai berikut:
Skor Perolehan
|
||||
Nilai Akhir
|
=
|
-------------------
|
x
|
Skor Ideal (100)
|
Skor Maksimal
|
EmoticonEmoticon