Contoh RPP Bahasa Indonesia Kelas VII KD 3.1 dan 4.1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan   : SMP Negeri 1 Batangan
Mata Pelajaran         : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester        : VII/1
Materi Pokok           : Teks Deskripdi
Alokasi Waktu         : 3 pertemuan ( 6 JP)

A. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
3.1.1    Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
3.1.2    Menentukan  ciri  teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
3.1.3    Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
2
4.1  menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, suasana pentas seni daerah, dll) yang didengar dan dibaca.
4.1.1 Memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya)
4.1.2 Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi

B. Tujuan Pembelajaran
1.    Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
2.    Menentukan  ciri  teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
3.    Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
4.    Memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya)
5.    Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi.

C. Materi Pembelajaran
Materi Pembelajaran Reguler
1.    Ciri isi teks deskripsi
2.    Isi teks deskripsi
3.    Tujuan teks deskripsi
4.    Jenis teks deskripsi
5.    Kaidah kebahasaan teks deskripsi
6.    Gagasan utama
7.    Isi teks deskripsi

Materi Pembelajaran Remidial
1.    Ciri isi teks deskripsi
2.    Isi teks deskripsi
3.    Tujuan teks deskripsi
4.    Jenis teks deskripsi
5.    Kaidah kebahasaan teks deskripsi
6.    Gagasan utama
7.    Isi teks deskripsi

Materi Pembelajaran Pengayaan
1.    Kaidah kebahasaan teks deskripsi
2.    Gagasan utama
3.    Isi teks deskripsi

D. Metode Pembelajaran
Inquiri learning

E. Media Pembelajaran
1. Media Pembelajaran: teks Deskripsi
2.  Alat Pelajaran
a.  Kamus Bahasa Indonesia
b.  Lembar Kegiatan Siswa
c.  Buku Siswa

F. Sumber Belajar
1.  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Bahasa Indonesia: Wahana Pengetahuan. Kelas VII. Draf. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.  Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
3.  Permendikbud Nomor 50 Tahun 2015. Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


G. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 JP)
1.  Kegiatan Pendahuluan
a.    Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b.    Peserta didik menerima informasi kompetensi dasar yang harus dicapai, tujuan pembelajaran, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
c.    Peserta didik dimotivasi untuk bertanya jawab berkait dengan  teks deskripsi.

     2.  Kegiatan Inti
a.    Peserta didik mengamati model-model teks deskripsi yang diberikan oleh guru.
b.    Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang materi yang berkaitan dengan teks deskripsi
c.    Peserta didik mendata ciri isi teks deskripsi yang mencakup ciri objek, ciri tujuan, dan ciri isi teks deskripsi
d.   Peserta didik mendata tujuan teks deskripsi
e.    Peserta didik mendata jenis teks deskripsi ditinjau dari bentuknya
f.     Peserta didik mendata ciri penggunaan bahasa pada teks deskripsi
g.    Peserta didik menggunakan data yang ditemukan untuk menjawab pertanyaan : ciri isi teks deskripsi yang mencakup ciri objek, ciri tujuan, dan ciri isi teks deskripsi, tujuan teks deskripsi, jenis teks deskripsi ditinjau dari bentuknya, ciri penggunaan bahasa pada teks deskripsi
h.    Peserta didik menyampaikan hasil kerja kelompok secara lisan.

     3.  Kegiatan Penutup
a.    Guru dan peserta didik melakukan refleksi tentang kesulitan dan manfaat dari kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung
b.    Guru dan peserta didik bersepakat untuk melanjutkan pembelajaran pada pertemuan berikutnya

Pertemuan Kedua : (2JP)
1.  Kegiatan Pendahuluan
a.    Guru  mengajak  peserta didik  mengingat kembali hasil pembelajaran sebelumnya.
b.    Guru menjelaskan tujuan dan langkah kegiatan yang akan dilakukan.

2.  Kegiatan Inti
a.    Peserta didik membaca teks deskripsi yang sudah disediakan guru
b.    Peserta didik  mengidentifikasi gagasan utama tiap paragraf
c.    Peserta didik mendata  gagasan utama tiap paragraf
d.   Peserta didik mengolah data yang ditemukan tiap paragraf sebagai bahan penentuan isi teks deskripsi
e.    Peserta didik dibimbing oleh guru untuk mencermati untuk membuktikan kebenaran isi teks deskripsi
f.     Peserta didik merumuskan isi teks deskripsi dengan benar.

3.  Kegiatan Penutup
a.    Guru dan peserta didik melakukan refleksi berkait dengan pembelajaran yang telah berlangsung.
b.    Guru menginformasikan materi pembelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan Ketiga: (2JP)
1.  Kegiatan Pendahuluan
a.    Guru  mengajak  peserta didik  mengingat kembali hasil pembelajaran sebelumnya.
b.    Guru menjelaskan tujuan dan langkah kegiatan yang akan dilakukan.

2.  Kegiatan Inti
a.    Peserta didik membaca teks deskripsi yang sudah disediakan guru
b.    Peserta didik  mengidentifikasi gagasan utama tiap paragraf
c.    Peserta didik mendata  gagasan utama tiap paragraf
d.   Peserta didik mengolah data yang ditemukan tiap paragraf sebagai bahan penentuan isi teks deskripsi
e.    Peserta didik dibimbing oleh guru untuk mencermati untuk membuktikan kebenaran isi teks deskripsi
f.     Peserta didik merumuskan isi teks deskripsi dengan benar.

3.  Kegiatan Penutup
a.    Guru dan peserta didik melakukan refleksi berkait dengan pembelajaran yang telah berlangsung.
b.    Guru menginformasikan materi pembelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

H. Penilaian
1.  Sikap Spiritual dan Sosial
a. Teknik Penilaian        : Observasi
b. Bentuk Instrumen      : Jurnal
c. Instrumen

Lembar Observasi
No
Tanggal
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap

















     2.  Pengetahuan
a. Teknik Penilaian        : Tes Tertulis
b. Bentuk Instrumen      : Uraian non Objektif (UNO)
c. Kisi-Kisi                     :
No.
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Bentuk
Soal
Jml
Soal
1
3.1  Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
Teks
Deskripsi
Disajikan teks deskripsi, peserta didik menuliskan tiga ciri isi teks deskripsi
Disajikan teks deskripsi, peserta didik mampu menentukan  dua  tujuan teks deskripsi
Disajikan teks deskripsi, peserta didik mampu mengidentifikasi jenis teks deskripsi
Disajikan teks deskripsi, peserta didik mampu mengidentifikasi kaidah kebahasan teks  deskripsi


Uraian




Uraian





Uraian




Uraian
1




2




3




4

Soal
Baca dan pahami teks deskripsi berikut! (untuk menjawab soal nomor 1-4)

Indonesia merupakan Negara dengan kekayaan alam yang melimpah ruah dari Sabang hingga Marauke. Keindahan alam Indonesia memang dianggap tak ada yang mampu menandingi di negara manapun di dunia. Hampir semua pesona alam terdapat di Indonesia dari darat hingga laut. Maka dari itu tak heran jika banyak wisatawan asing yang rela datang jauh-jauh ke Indonesia untuk menikmati keindahan alam Indonesia. Selain keindahan yang disajikan ternyata di dalam keindahan tersebut terdapat banyak hal tersembunyi yang jarang diketahui seperti flora dan fauna yang sangat eksotis. 

Alam Indonesia yang paling terkenal di mancanegara adalah keindahan pantainya yang terbentang dari barat hingga ke timur. Banyaknya pulau yang ada di Indonesia membuat kekayaan laut dan pantai semakin melimpah ruah. Selain pantai, keindahan dunia bawah laut juga menjadi buruan wisatawan untuk masuk kedalamnya dan ikut menikmati kehidupan bawah laut di Indonesia. Daerah yang memiliki keindahan pantai yang menakjubkan di Indonesia antaranya yang paling terkenal adalah Lampung, Bali dan Raja Ampat. 
Selain keindahan pantai, Indonesia juga merupakan negara dengan hamparan hutan terbesar di Dunia. Oleh sebab itu Indonesia disebut sebagai paru-paru dunia karena 1/3 hutan di Dunia terdapat di Indonesia. Keindahan hutan di Indonesia memang tak perlu dipertanyakan lagi karena memang hijau hamparan pohon membuat mata seakan terhipnotis. Selain itu hewan dan tumbuhan endemik juga banyak yang menjadi buruan wisatawan yang hanya untuk berfoto untuk mengabadikan momen tersebut. 
1.    Tuliskan tiga ciri isi teks deskripsi tersebut!
2.    Tuliskan tujuan teks deskripsi tersebut!
3.    Tuliskan jenis teks deskripsi tersebut!
4.    Tentukan tiga ciri kebahasaan dalam teks deskripsi tersebut!

Pedoman penilaian
No. Soal
Deskripsi Jawaban
Skor
1
Jika menuliskan tiga (3) informasi sesuai dengan isi teks
3
Jika menuliskan dua (2) informasi sesuai dengan isi teks
2
Jika menuliskan satu (1) informasi sesuai dengan isi teks
1
Skor Maksimum
3
2
Jika menuliskan tujuan teks deskripsi dengan tepat


3
Jika menuliskan tujuan teks deskripsi kurang tepat
2
Jika menuliskan tujuan teks deskripsi tidak tepat
1
Skor Maksimum
3
3

Jika menuliskan tujuan teks deskripsi dengan tepat
3
Jika menuliskan tujuan teks deskripsi kurang tepat
2
Jika menuliskan tujuan teks deskripsi tidak tepat
1
Skor Maksimum
3
4
Jika menuliskan tiga (3) informasi sesuai dengan isi teks
3
Jika menuliskan dua (2) informasi sesuai dengan isi teks
2
Jika menuliskan satu (1) informasi sesuai dengan isi teks
1
Skor Maksimum
3
Total Skor Maksimum



NORMA PENILAIAN
1.  Jumlah soal                                : 4 butir
2.  Skor maksimal tiap butir jawaban benar : 3
3.  Skor maksimal                           : 12
7. 
Nilai =
Skor yang diperoleh
X 100%
Skor maksimal

b. Penilaian Keterampilan

Kisi-Kisi Penilaian Kinerja
No.
KD
Materi
Indikator
Teknik Penilian
1.
Menyajikan  data rangkaian kegiatan  ke dalam bentuk teks prosedur (tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata, dll) dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara lisan dan tulis
Menulis Teks Prosedur
1.    Menyusun teks prosedur sesuai data
2.    Mendemonstrasikan hasil teks prosedur
3.    Menelaah teks kesalahan berbahasa teks prosedur.
4.    Menyunting teks prosedur
5.    Memublikasikan teks prosedur

Kinerja

Baca dan pahami teks deskripsi berikut! (untuk menjawab soal nomor 1-2)

Indonesia merupakan Negara dengan kekayaan alam yang melimpah ruah dari Sabang hingga Marauke. Keindahan alam Indonesia memang dianggap tak ada yang mampu menandingi di negara manapun di dunia. Hampir semua pesona alam terdapat di Indonesia dari darat hingga laut. Maka dari itu tak heran jika banyak wisatawan asing yang rela datang jauh-jauh ke Indonesia untuk menikmati keindahan alam Indonesia. Selain keindahan yang disajikan ternyata di dalam keindahan tersebut terdapat banyak hal tersembunyi yang jarang diketahui seperti flora dan fauna yang sangat eksotis. 

Alam Indonesia yang paling terkenal di mancanegara adalah keindahan pantainya yang terbentang dari barat hingga ke timur. Banyaknya pulau yang ada di Indonesia membuat kekayaan laut dan pantai semakin melimpah ruah. Selain pantai, keindahan dunia bawah laut juga menjadi buruan wisatawan untuk masuk kedalamnya dan ikut menikmati kehidupan bawah laut di Indonesia. Daerah yang memiliki keindahan pantai yang menakjubkan di Indonesia antaranya yang paling terkenal adalah Lampung, Bali dan Raja Ampat. 

Selain keindahan pantai, Indonesia juga merupakan negara dengan hamparan hutan terbesar di Dunia. Oleh sebab itu Indonesia disebut sebagai paru-paru dunia karena 1/3 hutan di Dunia terdapat di Indonesia. Keindahan hutan di Indonesia memang tak perlu dipertanyakan lagi karena memang hijau hamparan pohon membuat mata seakan terhipnotis. Selain itu hewan dan tumbuhan endemik juga banyak yang menjadi buruan wisatawan yang hanya untuk berfoto untuk mengabadikan momen tersebut. 

Soal
1.        Tentukan gagasan utama setiap paragraf pada teks deskripsi tersebut!
2.        Rangkaikanlah gagasan utama tiap paragraf menjadi isi teks deskripsi menjadi isi teks secara utuh!



No.

Aspek yang Dinilai

Deskripsi

Skor
1.

Keterampilan dalam menentikan gagasan utama
Menentukan gagasan utama 3 paragraf
3

Menentukan gagasan utama 2 paragraf
2


Keruntutan isi cerita
Menentukan gagasan utama 1 paragraf
1
Skor maksimal
3
2
Terampil merangkai gagasan utama tiap paragraf menjadi isi teks secara utuh
Terampil 
3

Kurang terampil
2
Tidak terampil
1
Skor maksimal
3


Skor maksimal


Pembelajaran Remidial dan Pengayaan
a.        Pembelajaran Remedial
Remedial dilakukan dengan pembelajaran ulang dan bimbingan perorangan
Pembelajaran ulang
1.      Ciri isi teks deskripsi
2.      Isi teks deskripsi
3.      Tujuan teks deskripsi
4.      Jenis teks deskripsi
5.      Kaidah kebahasaan teks deskripsi
6.      Gagasan utama
7.      Isi teks deskripsi

b.        Pembelajaran Pengayaan
1.    Kaidah kebahasaan teks deskripsi
2.    Gagasan utama
3.    Isi teks deskripsi


Mengetahui
Kepala SMP Negeri 1 Batangan,



Susanto, S. Pd., M. M.
NIP 19570930 197903 1 005

Pati, 18 Juli 2016
Guru Mata Pelajaran,



Bambang Sukamto, M. Pd.
NIP 19600522 198403 1 004

Previous
Next Post »