RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri 1 Batangan
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
Materi
Pokok : Teks Deskripdi
Alokasi
Waktu : 3 pertemuan ( 6 JP)
A. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1
|
3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi
tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana
pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
|
3.1.1
Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan
tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
3.1.2
Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada
teks yang dibaca/didengar.
3.1.3
Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang
dibaca/didengar.
|
2
|
4.1 menentukan isi teks
deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, suasana pentas seni
daerah, dll) yang didengar dan dibaca.
|
4.1.1 Memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya)
4.1.2 Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi
|
B. Tujuan Pembelajaran
1.
Menentukan ciri
umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang
dibaca/didengar.
2.
Menentukan ciri
teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
3.
Menentukan jenis
teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
4.
Memetakan isi
teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya)
5.
Menjawab
pertanyaan isi teks deskripsi.
C. Materi Pembelajaran
Materi Pembelajaran Reguler
1.
Ciri isi teks
deskripsi
2.
Isi teks
deskripsi
3.
Tujuan teks
deskripsi
4.
Jenis teks
deskripsi
5.
Kaidah kebahasaan
teks deskripsi
6.
Gagasan utama
7.
Isi teks deskripsi
Materi Pembelajaran Remidial
1.
Ciri isi teks
deskripsi
2.
Isi teks
deskripsi
3.
Tujuan teks
deskripsi
4.
Jenis teks
deskripsi
5.
Kaidah kebahasaan
teks deskripsi
6.
Gagasan utama
7.
Isi teks deskripsi
Materi Pembelajaran Pengayaan
1.
Kaidah kebahasaan
teks deskripsi
2.
Gagasan utama
3.
Isi teks deskripsi
D. Metode Pembelajaran
Inquiri learning
E. Media Pembelajaran
1.
Media Pembelajaran: teks Deskripsi
2. Alat Pelajaran
a. Kamus Bahasa Indonesia
b. Lembar Kegiatan Siswa
c. Buku Siswa
F. Sumber Belajar
1. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Bahasa
Indonesia: Wahana Pengetahuan. Kelas VII. Draf. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Pusat Pembinaan dan
Pengembangan Bahasa. 2013. Kamus Besar
Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
3. Permendikbud Nomor
50 Tahun 2015. Ejaan Bahasa Indonesia
yang Disempurnakan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 JP)
1. Kegiatan Pendahuluan
a.
Peserta didik
menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b.
Peserta didik
menerima informasi kompetensi dasar yang harus dicapai, tujuan pembelajaran,
dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
c.
Peserta didik
dimotivasi untuk bertanya jawab berkait dengan
teks deskripsi.
2. Kegiatan
Inti
a.
Peserta didik
mengamati model-model teks deskripsi yang diberikan oleh guru.
b.
Peserta didik dan guru
bertanya jawab tentang materi yang berkaitan dengan teks deskripsi
c.
Peserta didik mendata
ciri isi teks deskripsi yang mencakup ciri objek, ciri tujuan, dan ciri isi
teks deskripsi
d.
Peserta didik mendata
tujuan teks deskripsi
e.
Peserta didik mendata
jenis teks deskripsi ditinjau dari bentuknya
f.
Peserta didik mendata
ciri penggunaan bahasa pada teks deskripsi
g.
Peserta didik
menggunakan data yang ditemukan untuk menjawab pertanyaan : ciri isi teks
deskripsi yang mencakup ciri objek, ciri tujuan, dan ciri isi teks deskripsi,
tujuan teks deskripsi, jenis teks deskripsi ditinjau dari bentuknya, ciri
penggunaan bahasa pada teks deskripsi
h.
Peserta didik
menyampaikan hasil kerja kelompok secara lisan.
3. Kegiatan Penutup
a.
Guru dan peserta didik melakukan refleksi tentang kesulitan
dan manfaat dari kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung
b.
Guru dan peserta didik bersepakat untuk melanjutkan pembelajaran pada
pertemuan berikutnya
Pertemuan Kedua : (2JP)
1. Kegiatan
Pendahuluan
a.
Guru mengajak
peserta didik mengingat kembali
hasil pembelajaran sebelumnya.
b.
Guru menjelaskan
tujuan dan langkah kegiatan yang akan dilakukan.
2. Kegiatan Inti
a.
Peserta didik membaca teks deskripsi yang sudah disediakan
guru
b.
Peserta didik mengidentifikasi gagasan utama tiap paragraf
c.
Peserta didik
mendata gagasan utama tiap paragraf
d.
Peserta didik mengolah data yang ditemukan tiap paragraf sebagai
bahan penentuan isi teks deskripsi
e.
Peserta didik dibimbing oleh guru untuk mencermati untuk
membuktikan kebenaran isi teks deskripsi
f.
Peserta didik
merumuskan isi teks deskripsi dengan benar.
3. Kegiatan Penutup
a.
Guru dan peserta
didik melakukan refleksi berkait dengan pembelajaran yang telah berlangsung.
b.
Guru
menginformasikan materi pembelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya.
Pertemuan Ketiga: (2JP)
1. Kegiatan
Pendahuluan
a.
Guru mengajak
peserta didik mengingat kembali
hasil pembelajaran sebelumnya.
b.
Guru menjelaskan
tujuan dan langkah kegiatan yang akan dilakukan.
2. Kegiatan Inti
a.
Peserta didik membaca teks deskripsi yang sudah disediakan
guru
b.
Peserta didik
mengidentifikasi gagasan utama tiap paragraf
c.
Peserta didik mendata
gagasan utama tiap paragraf
d.
Peserta didik mengolah data yang ditemukan tiap paragraf
sebagai bahan penentuan isi teks deskripsi
e.
Peserta didik dibimbing oleh guru untuk mencermati untuk
membuktikan kebenaran isi teks deskripsi
f.
Peserta didik merumuskan isi
teks deskripsi dengan benar.
3. Kegiatan Penutup
a.
Guru dan peserta
didik melakukan refleksi berkait dengan pembelajaran yang telah berlangsung.
b.
Guru
menginformasikan materi pembelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya.
H. Penilaian
1. Sikap Spiritual dan Sosial
a.
Teknik Penilaian : Observasi
b.
Bentuk Instrumen : Jurnal
c.
Instrumen
Lembar Observasi
No
|
Tanggal
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Tes Tertulis
b.
Bentuk Instrumen : Uraian non
Objektif (UNO)
c.
Kisi-Kisi :
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk
Soal
|
Jml
Soal
|
1
|
3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi
tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
|
Teks
Deskripsi
|
Disajikan teks deskripsi, peserta didik menuliskan
tiga ciri isi teks deskripsi
Disajikan teks deskripsi, peserta didik mampu menentukan dua
tujuan teks deskripsi
Disajikan teks deskripsi, peserta didik mampu mengidentifikasi jenis teks deskripsi
Disajikan teks deskripsi, peserta didik mampu mengidentifikasi kaidah kebahasan
teks deskripsi
|
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
|
1
2
3
4
|
Soal
Baca dan pahami teks deskripsi berikut! (untuk menjawab soal
nomor 1-4)
Indonesia merupakan Negara
dengan kekayaan alam yang melimpah ruah dari Sabang hingga Marauke. Keindahan
alam Indonesia memang dianggap tak ada yang mampu menandingi di negara manapun
di dunia. Hampir semua pesona alam terdapat di Indonesia dari darat hingga
laut. Maka dari itu tak heran jika banyak wisatawan asing yang rela datang
jauh-jauh ke Indonesia untuk menikmati keindahan alam Indonesia. Selain
keindahan yang disajikan ternyata di dalam keindahan tersebut terdapat banyak
hal tersembunyi yang jarang diketahui seperti flora dan fauna yang sangat
eksotis.
Alam Indonesia yang paling
terkenal di mancanegara adalah keindahan pantainya yang terbentang dari barat
hingga ke timur. Banyaknya pulau yang ada di Indonesia membuat kekayaan laut
dan pantai semakin melimpah ruah. Selain pantai, keindahan dunia bawah laut
juga menjadi buruan wisatawan untuk masuk kedalamnya dan ikut menikmati
kehidupan bawah laut di Indonesia. Daerah yang memiliki keindahan pantai yang
menakjubkan di Indonesia antaranya yang paling terkenal adalah Lampung, Bali
dan Raja Ampat.
Selain keindahan pantai,
Indonesia juga merupakan negara dengan hamparan hutan terbesar di Dunia. Oleh
sebab itu Indonesia disebut sebagai paru-paru dunia karena 1/3 hutan di Dunia
terdapat di Indonesia. Keindahan hutan di Indonesia memang tak perlu
dipertanyakan lagi karena memang hijau hamparan pohon membuat mata seakan
terhipnotis. Selain itu hewan dan tumbuhan endemik juga banyak yang menjadi
buruan wisatawan yang hanya untuk berfoto untuk mengabadikan momen
tersebut.
1. Tuliskan tiga ciri isi teks deskripsi
tersebut!
2. Tuliskan tujuan teks deskripsi tersebut!
3. Tuliskan jenis teks deskripsi tersebut!
4. Tentukan tiga ciri kebahasaan dalam teks
deskripsi tersebut!
Pedoman penilaian
No. Soal
|
Deskripsi Jawaban
|
Skor
|
1
|
Jika menuliskan tiga (3) informasi sesuai dengan isi
teks
|
3
|
Jika menuliskan dua (2) informasi sesuai dengan isi
teks
|
2
|
|
Jika menuliskan satu (1) informasi sesuai dengan isi
teks
|
1
|
|
Skor Maksimum
|
3
|
|
2
|
Jika menuliskan tujuan teks deskripsi dengan tepat
|
3
|
Jika menuliskan tujuan teks deskripsi kurang tepat
|
2
|
|
Jika menuliskan tujuan teks deskripsi tidak tepat
|
1
|
|
Skor Maksimum
|
3
|
|
3
|
Jika menuliskan tujuan teks deskripsi dengan tepat
|
3
|
Jika menuliskan tujuan teks deskripsi kurang tepat
|
2
|
|
Jika menuliskan tujuan teks deskripsi tidak tepat
|
1
|
|
Skor Maksimum
|
3
|
|
4
|
Jika menuliskan tiga (3) informasi sesuai dengan isi
teks
|
3
|
Jika menuliskan dua (2) informasi sesuai dengan isi
teks
|
2
|
|
Jika menuliskan satu (1) informasi sesuai dengan isi
teks
|
1
|
|
Skor Maksimum
|
3
|
|
Total Skor Maksimum
|
|
NORMA PENILAIAN
1. Jumlah
soal : 4
butir
2. Skor
maksimal tiap butir jawaban benar : 3
3. Skor
maksimal : 12
7.
Nilai =
|
Skor yang diperoleh
|
X 100%
|
Skor maksimal
|
b. Penilaian Keterampilan
Kisi-Kisi Penilaian Kinerja
No.
|
KD
|
Materi
|
Indikator
|
Teknik Penilian
|
1.
|
Menyajikan data rangkaian
kegiatan ke dalam bentuk teks prosedur
(tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat
cinderamata, dll) dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi
secara lisan dan tulis
|
Menulis Teks Prosedur
|
1. Menyusun teks prosedur sesuai data
2. Mendemonstrasikan hasil teks prosedur
3. Menelaah teks kesalahan berbahasa teks
prosedur.
4. Menyunting teks prosedur
5. Memublikasikan teks prosedur
|
Kinerja
|
Baca dan pahami teks deskripsi berikut!
(untuk menjawab soal nomor 1-2)
Indonesia merupakan Negara
dengan kekayaan alam yang melimpah ruah dari Sabang hingga Marauke. Keindahan
alam Indonesia memang dianggap tak ada yang mampu menandingi di negara manapun
di dunia. Hampir semua pesona alam terdapat di Indonesia dari darat hingga
laut. Maka dari itu tak heran jika banyak wisatawan asing yang rela datang
jauh-jauh ke Indonesia untuk menikmati keindahan alam Indonesia. Selain
keindahan yang disajikan ternyata di dalam keindahan tersebut terdapat banyak
hal tersembunyi yang jarang diketahui seperti flora dan fauna yang sangat
eksotis.
Alam Indonesia yang paling
terkenal di mancanegara adalah keindahan pantainya yang terbentang dari barat
hingga ke timur. Banyaknya pulau yang ada di Indonesia membuat kekayaan laut
dan pantai semakin melimpah ruah. Selain pantai, keindahan dunia bawah laut
juga menjadi buruan wisatawan untuk masuk kedalamnya dan ikut menikmati
kehidupan bawah laut di Indonesia. Daerah yang memiliki keindahan pantai yang
menakjubkan di Indonesia antaranya yang paling terkenal adalah Lampung, Bali
dan Raja Ampat.
Selain keindahan pantai,
Indonesia juga merupakan negara dengan hamparan hutan terbesar di Dunia. Oleh
sebab itu Indonesia disebut sebagai paru-paru dunia karena 1/3 hutan di Dunia
terdapat di Indonesia. Keindahan hutan di Indonesia memang tak perlu
dipertanyakan lagi karena memang hijau hamparan pohon membuat mata seakan
terhipnotis. Selain itu hewan dan tumbuhan endemik juga banyak yang menjadi
buruan wisatawan yang hanya untuk berfoto untuk mengabadikan momen
tersebut.
Soal
1.
Tentukan gagasan
utama setiap paragraf pada teks deskripsi tersebut!
2.
Rangkaikanlah
gagasan utama tiap paragraf menjadi isi teks deskripsi menjadi isi teks secara
utuh!
No.
|
Aspek yang
Dinilai
|
Deskripsi
|
Skor
|
1.
|
Keterampilan dalam menentikan gagasan utama
|
Menentukan gagasan utama 3 paragraf
|
3
|
Menentukan gagasan utama 2 paragraf
|
2
|
||
Keruntutan isi cerita
|
Menentukan gagasan utama 1 paragraf
|
1
|
|
Skor maksimal
|
3
|
||
2
|
Terampil merangkai gagasan utama
tiap paragraf menjadi isi teks secara utuh
|
Terampil
|
3
|
Kurang terampil
|
2
|
||
Tidak terampil
|
1
|
||
Skor maksimal
|
3
|
||
Skor maksimal
|
Pembelajaran Remidial dan Pengayaan
a.
Pembelajaran Remedial
Remedial
dilakukan dengan pembelajaran ulang dan bimbingan perorangan
Pembelajaran ulang
1. Ciri isi teks deskripsi
2. Isi teks deskripsi
3. Tujuan teks deskripsi
4. Jenis teks deskripsi
5. Kaidah kebahasaan teks deskripsi
6.
Gagasan utama
7.
Isi teks deskripsi
b.
Pembelajaran Pengayaan
1. Kaidah kebahasaan teks deskripsi
2.
Gagasan utama
3.
Isi teks deskripsi
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 1
Batangan,
Susanto, S. Pd., M. M.
NIP 19570930 197903 1 005
|
|
Pati, 18 Juli 2016
Guru Mata Pelajaran,
Bambang Sukamto, M. Pd.
NIP 19600522 198403 1 004
|
EmoticonEmoticon