PENGEMBANGAN SILABUS
Nama Satuan Pendidikan : SMP Negeri 1 Batangan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : VII
Tahun Pelajaran : 2016/2017
Kompetensi Inti
KI 1 Menghayati
ajaran agama yang dianutnya
KI 2 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
KI 4 Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks
deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas
seni daerah) yang didengar dan dibaca.
4.1 Menentukan isi
teks deskripsi objek (tempat wisata,
tempat bersejarah, suasana pentas seni daerah, dll) yang didengar dan
dibaca.
|
Teks deskripsi
·
Pengertian teks deskripsi
·
Isi teks deskripsi
·
Ciri umum teks deskripsi
·
Struktur teks deskripsi
· Kaidah kebahasaan
|
·
Mengamati model-model teks deskripsi.
·
Merumuskan pengertiaan dan menjelaskan isi teks deskripsi
·
Mendaftar ciri umum teks deskripsi yang mencakup struktur
dan kaidah kebahasaannya.
·
Mengerjakan sejumlah kegiatan secara berkelompok dan
individual untuk menentukan isi dan ciri-cirinya berdasarkan struktur dan
kaidah-kaidahnya.
·
Mengidentifikasi model teks observasi lainnya lainnya dari
berbagai sumber untuk menentukan isi dan ciri-cirinya.
|
·
Bacalah
teks pada buku siswa halaman 2-5!
·
Daftarlah hal yang dideskripsikan dari keempat teks
deskripsi sebelumnya
· Tentukan gagasan utama setiap
paragraf pada teks deskripsi tersebut!
· Rangkaikanlah gagasan utama tiap paragraf menjadi isi teks deskripsi menjadi isi teks secara
utuh!
· Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan pemahamanmu
terhadap teks.
· Apa yang dibicarakan
penulis pada teks 1?
· Keindahan bagian mana saja dari pantai Senggigi yang dipaparkan
penulis?
· Apa tujuan penulis menampilkan teks di atas?
· Bagaimana penulis menggambarkan keindahan pantai
Senggigi? Berilah alasan untuk mendukung jawabanmu!
· Buatlah pemetaan isi teks yang kamu baca dengan cara
menuliskan di tengah topik/ hal yang dibicarakan.
|
12 jam pelajaran
|
·
Buku Guru Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. 2016. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
·
Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. 2016. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
|
3.2 Menelaah struktur dan kaidah kebahasaan
dari teks deskripsi tentang objek
(sekolah, tempat wisata, tempat
bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
4.2
Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang
objek (sekolah, tempat wisata, tempat
bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan
dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan dan tulis
|
·
Struktur
teks deskripsi dan
contoh-contoh telaahannya.
·
Kaidah-kaidah kebahasaan teks eksposisi dan contoh-contoh
telaahannya.
·
Prosedur/ langkah menulis teks deskripsi.
· Teknik penyuntingan teks deskripsi.
|
·
Mengamati model struktur dan kaidah-kaidah teks deskripsi.
·
Membaca teks deskripsi untuk ditelaah struktur dan
kaidah-kaidah kebahasaannya.
·
Menyajikan teks deskripsi berdasarkan hasil pengamatan
terhadap sebuah objek lingkungan.
·
Melakukan penyuntingan terhadap teks deskripsi teman.
|
·
Bacalah dengan saksama teks berjudul Gebyar
Pementasan Tari Kolosal Ariah kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
·
Apa yang
dibicarakan teks tersebut?
·
Apa saja
yang dijelaskan penulis pada awal
pementasan, puncak pementasan, dan akhir pementasan?
·
Apa
tujuan penulis menampilkan teks tersebut?
·
Bagaimana
penulis menggambarkan keindahan pementasan? Berilah alasan untuk mendukung
jawabanmu!
·
Carilah
tayangan video/ gambar wisata di sebuah daerah. Tayangkan dan jadilah
reporter acara jalan-jalan untuk mendeskripsikan keindahan wisata tersebut.
Lakukan bergantian di depan kelas!
|
12 jam pelajaran
|
·
Buku Guru Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. 2016. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
·
Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. 2016. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
|
3.3
Mengidentifikasi unsur-unsur
teks narasi (cerita fantasi) yang
dibaca dan didengar
4.3 Menceritakan
kembali isi teks narasi (cerita fantasi)
yang didengar dan dibaca
|
·
Pengertian dan contoh-contoh teks narasi (cerita fantasi)
·
Unsur-unsur teks cerita narasi.
·
Struktur teks narasi.
·
Kaidah kebahasaan teks narasi.
· Kalimat langsung dan kalimat tidak langsung
· Penceritaan kembali isi teks narasi
|
·
Mengamati model-model teks narasi.
· Mendaftar isi, kata ganti,
konjungsi (kemudian, seketika,
tiba-tiba, sementara itu), kalimat yang menunjukkan rincian latar, watak,
peristiwa, kalimat langsung dan
tidak langsung pada teks cerita fantasi
· Mendiskusikan ciri umum teks cerita fantasi, tujuan
komunikasi cerita fantasi, struktur teks
cerita fantasi
·
Menyampaikan secara lisan hasil diskusi ciri umum cerita fantasi
tujuan komunikasi, dan ragam/ jenis cerita fantasi, struktur cerita fantasi
· Menceritakan kembali dengan cara naratif
|
·
|
12 jam pelajaran
|
·
Buku Guru Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. 2016. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
·
Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. 2016. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
|
3.4 Menelaah
struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar
4.4 Menyajikan
gagasan kreatif dalam bentuk cerita fantasi secara lisan dan tulis dengan
memperhatikan struktur dan penggunaan bahasa
|
·
Struktur teks cerita fantasi (orientasi,
komplikasi, resolusi)
·
Kebahasaan teks cerita fantasi
·
Prinsip memvariasikan teks cerita fantasi
·
Ejaan dan tanda baca
· Langkah-langkah menulis cerita
fantasi
|
·
Mendata
struktur dan kebahasaan teks
cerita fantasi
·
Mendiskusikan prinsip memvariasikan cerita fantasi,
penggunaan bahasa pada cerita fantasi, penggunaan tanda baca/ ejaan
· Mengurutkan bagian-bagian cerita fantasi, memvariasikan cerita
fantasi (misal: mengubah narasi menjadi dialog, mengubah alur, mengubah akhir cerita dll), melengkapi,
dan menulis cerita fantasi sesuai dengan kreasi serta memperhatikan ejaan dan
tanda baca
· Mempublikasikan karya cerita fantasi/mempresentasikan karya.
|
·
|
12 jam pelajaran
|
·
Buku Guru Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. 2016. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
·
Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. 2016. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
|
3.5
Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat
musik/ tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan
didengar
4.5
Menyimpulkan isi teks prosedur tentang cara melakukan
sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/ tarian daerah, cara
membuat kuliner khas daerah dll.) dari
berbagai sumber yang dibaca dan didengar yang dibaca dan didengar
|
Teks prosedur
·
Ciri umum teks
prosedur
·
Struktur teks:
Tujuan, bahan, alat langkah,
· Ciri kebahasaan:
· kalimat
perintah, kalimat saran, kata benda, kata kerja, kalimat majemuk (dengan, hingga, sampai), konjungsi
urutan (kemudian, selanjutnya, dll)
· Simpulan isi teks prosedur
|
·
Mendaftar kalimat perintah, saran, larangan pada teks
prosedur
·
Mendaftar kalimat yang menunjukkan tujuan, bahan, alat, langkah-langkah
· Mendiskusikan ciri umum teks prosedur,
tujuan komunikasi, struktur, ragam/
jenis teks prosedur, kata/ kalimat yang digunakan pada teks prosedur, isi
teks prosedur
· Menyampaikan secara lisan hasil diskusi ciri umum teks prosedur,
tujuan komunikasi, dan ragam/ jenis teks prosedur
|
·
|
12 jam pelajaran
|
·
Buku Guru Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. 2016. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
·
Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. 2016. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
|
3.6 Menelaah
struktur dan aspek kebahasaan teks
prosedur tentang cara melakukan sesuatu
dan cara membuat (cara
memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah,
membuat cindera mata, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan
didengar
4.6 Menyajikan data rangkaian kegiatan ke dalam bentuk teks prosedur (tentang cara
memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata, dll)
dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara lisan dan
tulis
|
·
Variasi pola penyajian tujuan, bahan/ alat langkah
·
Variasi kalimat perintah/ saran/ larangan
·
Prinsip penyusunan kalimat perintah
·
Pilihan kata dalam
penyusunan teks prosedur
· Prinsip penggunaan kata/ kalimat/ tanda baca dan ejaan
|
·
Mendata jenis-jenis dan variasi pola penyajian tujuan, bahan dan alat,
langkah teks prosedur
·
Menyusun teks prosedur dengan memperhatikan struktur, unsur
kebahasaan, dan isi
· Menyunting dan memperbaiki teks prosedur yang ditulis dari segi
isi, pilihan kata/ kalimat/ paragraf dan penggunaan tanda baca/ ejaan
· Memublikasikan teks prosedur yang dibuat
|
·
|
12 jam pelajaran
|
·
Buku Guru Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. 2016. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
·
Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. 2016. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
|
3.7 Mengidentifikasi
informasi dari teks laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan
yang dibaca atau diperdengarkan
4.7 Menyimpulkan isi
teks laporan hasil observasi yang
berupa buku pengetahuan yang dibaca dan didengar
|
Teks laporan hasil observasi
· Daftar informasi isi teks laporan hasil observasi (LHO)
·
Penggunaan
bahasa dalam laporan hasil
observasi
· Ciri umum laporan
|
· Mendaftar dan mendiskusikan informasi isi, kalimat
definisi, kalimat untuk klasifikasi, kalimat rincian dalam teks laporan
observasi.
·
Merinci isi teks LHO
(bagian definisi/ klasifikasi, deskripsi bagian, penegasan)
·
Menyajikan hasil diskusi tentang isi bagian dan gagasan
pokok yang ditemukan pada teks LHO
· Menyimpulkan isi teks
laporan hasil observasi
|
·
|
12 jam pelajaran
|
·
Buku Guru Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. 2016. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
·
Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. 2016. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
|
3.8 Menelaah
struktur, kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan
yang dibaca atau diperdengarkan
4.8 Menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi yang
berupa buku pengetahuan secara lisan dan tulis dengan
memperhatikan kaidah kebahasaan atau aspek lisan
|
·
Struktur teks LHO
·
Variasi pola
penyajian teks LHO
· Variasi kalimat definisi, variasi pola penyajian teks LHO
|
·
Mendiskusikan
struktur, kebahasaan, da
nisi teks LHO
· Mendata jenis-jenis dan variasi pola
penyajian definisi, klasifikasi, deskripsi bagian
·
Merangkum teks LHO
· Mempresentasikan teks LHO yang ditulis
|
·
|
12 jam pelajaran
|
·
Buku Guru Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. 2016. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
·
Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. 2016. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
|
3.9 Menemukan
unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.9 Membuat peta
pikiran/ rangkuman alur tentang isi buku nonfiksi/ buku fiksi yang dibaca
|
Literasi buku fiksi dan nonfiksi
· Unsur-unsur buku
· Cara membaca buku dengan SQ3R, yaitu
1) Survey atau meninjau,
2) Question atau bertanya, 3) Read atau membaca, 4) Recite atau menuturkan, 5) Review atau mengulang
· Cara membuat
rangkuman
|
·
Mendata sub-bab buku
·
Membaca garis besar isi subbab
·
Menentukan gagasan pokok isi buku
·
Membuat peta pikiran isi buku
·
Mempresentasikan hasil peta pikiran isi buku yang dibaca
|
·
|
12 jam pelajaran
|
·
Buku Guru Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. 2016. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
·
Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. 2016. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
|
3.10 Menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan
nonfiksi
4.10 Menyajikan tanggapan terhadap isi buku fiksi nonfiksi
yang dibaca
|
·
Hubungan antarunsur buku
· Langkah menyusun tanggapan terhadap buku yang dibaca
|
·
Mendata bagian isi yang akan ditanggapi, penggunaan bahasa dalam
buku, dan sistematika buku
·
Menyusun tanggapan
dalam bentuk komentar terhadap isi, sistematika, kebermaknaan buku,
penggunaan bahasa, dan tanda baca/ ejaan
· Memublikasikan komentar terhadap buku yang dibaca
|
·
|
12 jam pelajaran
|
·
Buku Guru Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. 2016. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
·
Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. 2016. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
|
3.11 Mengidentifikasi informasi (kabar, keperluan, permintaan,
dan/atau permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar.
4.11 Menyimpulkan
isi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) surat pribadi dan
surat dinas yang dibaca atau diperdengarkan
|
Surat pribadi dan surat dinas
·
Informasi isi surat pribadi, surat dinas
·
Isi surat pribadi dan dinas
· Simpulan isi surat pribadi dan dinas
|
·
Mendata isi surat pribadi dan surat dinas
·
Mendiskusikan isi surat pribadi dan dinas
·
Menyimpulkan isi
surat pribadi dan surat dinas
|
·
|
12 jam pelajaran
|
·
Buku Guru Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. 2016. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
·
Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. 2016. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
|
3.12 Menelaah unsur-unsur
dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar.
4.12 Menulis surat
(pribadi dan dinas) untuk kepentingan resmi dengan memperhatikan struktur
teks, kebahasaan, dan isi.
|
·
Unsur-unsur surat pribadi dan dinas
·
Kebahasaan surat priadi dan dinas
· Cara menulis surat pribadi dan dinas
|
·
Mengidentifikasi
unsur-unsur surat pribadi dan
sistematika surat dinas
·
Mendiskusikan karakteristik bahasa dan urutan surat pribadi
dan dinas
·
Menulis surat pribadi sesuai tujuan penulisan
· Menulis surat dinas sesuai dengan
sistematika dan bahasa surat dinas
|
·
|
12 jam pelajaran
|
·
Buku Guru Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. 2016. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
·
Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. 2016. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
|
3.13 Mengidentifikasi informasi
(pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi
rakyat (pantun, syair, dan
bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar.
4.13 Menyimpulkan isi puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi
rakyat setempat) yang disajikan dalam bentuk tulis
|
Puisi rakyat
·
Ciri
puisi rakyat (pantun, gurindam,
syair)
· Cara menyimpulkan isi pada pantun,
gurindam, dan syair
|
·
Mendiskusikan ciri umum dan tujuan komunikasi puisi rakyat
(pantun, gurindam, syair)
· Mendaftar kalimat perintah, saran,
ajakan, larangan, kalimat pernyataan,
kalimat majemuk
dan kalimat tunggal dalam puisi
rakyat (pantun, gurindam, syair)
· Menyimpulkan ciri umum, tujuan komunikasi, ragam/ jenis puisi rakyat, kata/ kalimat yang digunakan pada puisi rakya (pantun, gurindam, syair)
|
·
|
12 jam pelajaran
|
·
Buku Guru Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. 2016. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
·
Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. 2016. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
|
3.14 Menelaah
struktur dan kebahasaan puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi
rakyat setempat) yang dibaca dan didengar.
4.14 Mengungkapkan
gagasan, perasaan, pesan dalam bentuk puisi
rakyat secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, rima, dan
penggunaan bahasa
|
·
Pola
pengembangan isi pantun, gurindam, dan syair
· Variasi kalimat perintah, saran,
ajakan, larangan dalam pantun
|
·
Menyimpulkan
prinsip pengembangan pantun, gurindam,
dan syair, penggunaan
konjungsi (kalau, jika, agar, karena itu, dll) pada
pantun, gurindam, dan syair
·
Memvariasikan, melengkapai isi, menurutkan, dan
menulis pantun, gurindam, dan syair
· Mendemonstrasikan berbalas pantun secara berkelompok
|
·
|
12 jam pelajaran
|
·
Buku Guru Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. 2016. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
·
Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. 2016. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
|
3. 15 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda
daerah setempat yang dibaca dan
didengar.
4. 15 Menceritakan kembali isi fabel/ legenda daerah
setempat
|
Fabel/ legenda
·
Ciri cerita fabel/ legenda
·
Langkah memahami isi cerita fabel
· Langkah menceritakan kembali isi fabel/ legenda
|
·
Mencermati cerita rakyat (fabel dan legenda) yang berasal
dari daerah setempat.
·
Mendata kata ganti, kata kerja, konjungsi, kalimat langsung dan tidak langsung, tema,
alur, karakter tokoh, latar, sudut pandang, amanat, dan gaya bahasa pada
fabel/ legenda
·
Berlatih menceritakan isi fabel/ legenda yang dibaca
· Menceritakan kembali isi fabel/legenda yang dibaca
|
·
|
12 jam pelajaran
|
·
Buku Guru Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. 2016. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
·
Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. 2016. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
|
3.16 Menelaah struktur dan kebahasaan fabel/legenda
daerah setempat yang dibaca dan
didengar.
4.16 Memerankan isi
fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar.
|
· Struktur teks
fabel/legenda:
1.
orientasi
2.
komplikasi
3.
resolusi
4.
koda
·
Teknik penggambaran tokoh
· Pemeranan isi fabel/legenda daerah setempat
|
·
Mendiskusikan struktur teks fabel/ legenda dan kebahasaan
yang digunakan (variasi penyajian, variasi pola pengembangan)
·
Mendata isi, memperbaiki pilihan kata, kalimat narasi,
dialog, penyajian latar agar cerita menjadi lebih menarik
·
Menulis fabel/
legenda berdasarkan ide yang
direncanakan dan data yang diperoleh
· Memerankan dan menceritakan fabel/
legenda yang berasal dari daerah setempat.
|
·
|
12 jam pelajaran
|
·
Buku Guru Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. 2016. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
·
Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. 2016. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
|
EmoticonEmoticon