Soal UTS Kelas IX Bahasa Indonesia



 DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN PATI
SMP NEGERI 1 BATANGAN
Jalan Raya Batangan – Jaken Km. 1,5 Batangan
 

ULANGAN TENGAH SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
 

Mata Pelajaran
Kelas  
: Bahasa Indonesia
: IX (sembilan)
Hari, tanggal
Waktu
: Senin, 15 Maret 2016
: 60 menit

PETUNJUK KHUSUS
I.Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d yang paling benar!
1.      Bacalah paragraf berikut!
Pemerintah Kabupaten Pati semakin serius melakukan penataan pembangunan jalan lingkar di wilayah Kabupaten Pati. Kabupaten Pati menjadi salah satu daerah potensial yang ada di sekitar wilayah Kabupaten Pati. Bupati Pati, Hariyanto, berharap agar pembangunan jalan lingkar bisa menjadikan jalan alternatif khususnya bagi pengendara roda empat dan truk-truk besar sehingga tidak mengganggu jalan Kota Pati.
Makna kata bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah . . . .
A.   Kemampuan berkembang                      C. Memiliki keinginan
B.   Memiliki kemampuan                            D. Kemampuan tumbuh

2.      Perhatikan paragraf resensi berikut!
Buku Cara Cerdas Melibas Kolesterol setiap informasi dijelaskan secara detail. Uraian mudah dipahami karena menggunakan bahasa yang komunikatif sehingga pembaca mudah menangkap isi yaitu usaha mencegah peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh. Sampul pada buku ini sangat menarik.

Paragraf resensi tersebut merupakan bagian . . . .
A.      Sinopsis buku                                     C. Keunggulan
B.      Pendahuluan                                       D. Kelemahan dan keunggulan

Bacalah teks berikut!
Meski banjir yang melanda kawasan Pluit, Penjaringan, Jakarta sudah terlihat surut, sampah hasil pengerukan Waduk Pluit masih menggunung di sekitar lokasi. Sekitar empat alat berat bercampur tanah itu masih belum terlihat diangkut. Belum lagi sampah-sampah warga yang dibuang sembarangan seperti dari Jalan Tanah Pasir, Jalan Ekor Kuning, Jalan Tongkol, dan lainnya ditumpuk di bantaran waduk.
3.      Gagasan utama paragraf tersebut adalah . . .
A.    Banjir di kawasan Pluit kini sudah terlihat surut.
B.    Sampah hasil pengerukan Waduk Pluit masih menggunung.
C.    Banjir di Pluit menyebabkan sampah terlihat menggunung.
D.    Sampah hasil pengerukan Waduk Pluit belum terlihat diangkut.
4.      Kalimat utama pada teks di atas terletak pada kalimat . . . .
A.      Satu                                                             C. Tiga
B.      Dua                                                              D. Empat
5.      Bacalah paragraf berikut!
Coklat yang sering menjadi primadona untuk memulihkan rasa stres ternyata dapat mencegah pertumbuhan jerawat yang sedang diderita oleh seseorang. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa kedokteran di University of Miami School of Medicine berhasil menemukan cokelat memiliki peran mencegah pertumbuhan jerawat. Responden dalam penelitian tersebut terdiri atas sepuluh pria berusia 18 hingga 35 tahun. Mereka diminta memakan cokelat murni sebanyak tiga hingga empat ons. Setelah itu mereka harus diet selama seminggu. Selama proses diet inilah ditemukan hormon jerawat yang kian hari kian memburuk.
Simpulan isi paragraf tersebut adalah . . .
A.    Cokelat baik untuk memulihkan rasa stres.
B.    Cokelat diteliti oleh mahasiswa kedokteran di University of Miami.
C.    Cokelat memilki peran mencegah pertumbuhan jerawat.
D.    Responden mengalami pertumbuhan jerawat yang kian memburuk.

6.      Bacalah ilustrasi berikut!
Penetrasi pasar minuman ala luar negeri mengancam keberadaan minuman tradisional. Kemasan dan strategi pemasaran minuman ala luar negeri lebih menarik. Minuman tradisional kalah bersaing dengan minuman kemasan ala luar negeri. Minuman tradisional merupakan warisan nenek moyang yang harus dilestarikan. Minuman tradisional tanpa bahan pengawet. Minuman tradisional lebih sehat daripada minuman kemasan ala luar negeri. Sebaliknya, minuman kemasan ala luar negeri menggunakan bahan pengawet. Minuman tradisional lebih mudah dibuat sendiri daripada minuman kemasan ala luar negeri. Bahannya pun mudah didapatkan.
Kalimat tanggapan positif  berdasarkan  ilustrasi tersebut adalah . . .
A.      Saya setuju mengonsumsi minuman tradisional karena dikemas menarik dan mudah didapatkan di toko-toko.
B.      Saya lebih suka mengonsumsi minuman kemasan ala luar negeri karena tidak perlu repot membuat sendiri.
C.      Saya lebih suka mengonsumsi minuman kemasan ala luar negeri karena kemasannya lebih menarik dan bergengsi.
D.     Saya lebih suka mengonsumsi minuman tradisional karena tanpa bahan pengawet dan lebih menyehatkan.

7.      Bacalah teks berikut dengan tepat!
Teh hijau merupakan minuman herbal alami yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Salah satu manfaat teh hijau adalah membantu menurunkan berat badan. Di dalam kandungan teh hijau terdapat polifenol yang tidak hanya baik untuk melindungi tubuh dari radikal bebas, tetapi juga dapat memengaruhi penyerapan lemah tubuh.
Teh hijau juga membantu membakar ekstra kalori. Setiap satu cangkir teh kurang lebih 150 ml,dapat membakar 25-30 kalori. Setiap 250 ml teh hijau seduh, dapat meluruhkan 40 kalori.
Ringkasan tepat teks tersebut adalah . . .
A.   Teh hijau merupakan minuman herbal alami. Setiap 150 ml teh dapat membakar 25-30 kalori dan setiap 250 ml teh hijau seduh meluruhkan 40 kalori.
B.   Teh hijau bermanfaat untuk membakar ekstra kalori dan penyerapan tubuh sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.
C.   Teh hijau merupakan minuman herbal alami yang dapat membantu menurunkan tubuh dari radikal bebas, menyerap lemak tubuh, dan membakar ekstra kalori.
D.  Teh hijau merupakan minuman herbal alami yang mengandung polifenol untuk menyerap lemak dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

8.      Bacalah kutipan teks berikut!
Teks 1
Dampak dari jebolnya tanggul di Sawangan, Depok, telah membuat Kali  Angke meluap sehingga sejumlah kawasan yang dilalui kali tersebut terkena banjir, tak terkecuali warga Jalan Rohimin, Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. “Kalau RT 05 RW 02 di bawah itu sudah dari kemarin ketinggian sepaha orang dewasa. Kamis, 12/11/2014, Dewi (warga Jalan Rohimin RT 06 RW 02) mengatakan, “RT 06 RW 03 semalem naik tinggi. Ini berturut-turut belum surut airnya.
Teks 2
Rabu (11/11/2014), banjir setinggi tiga meter akibat luapan Sungai Ciliwung, melanda Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur. Akibatnya, sebanyak 175 warga terpaksa mengungsi. Lurah Kampung Melayu Bambang Pangestu mengatakan, air mulai menggenangi permukiman warga pukul 03.00 WIB dan berangsur-angsur meningkat ketinggiannya. Warga yang khawatir air yang semakin tinggi itu pun langsung mengevaluasikan diri ke dua titik pengungsian.
Perbedaan penyajian kedua teks tersebut adalah . . .
A.      Teks 1 diawali dengan apa diakhiri dengan siapa, teks 2 diawali dengan kapan diakhiri dengan siapa.
B.      Teks 1 diawali dengan apa diakhiri dengan mengapa, teks 2 diawali dengan apa diakhiri dengan siapa.
C.      Teks 1 diawali dengan siapa diakhiri dengan bagaimana, teks 2 diawali dengan siapa diakhiri dengan mengapa.
D.     Teks 1 diawali dengan bagaimana diakhiri dengan mengapa, teks 2 diawali dengan bagaimana diakhiri dengan siapa.

9.      Bacalah kutipan fabel berikut!
“Awas hujan batu,” teriak para binatang kelompok singa sambil melarikan diri. Si kelelawar merasa cemas sehingga ia berpikir untuk kembali bergabung dengan kelompok burung. Ia menemui sang raja burung yaitu burung elang.
“Lihatlah sayapku, aku ini seekor burung seperti kalian.” Elang menerima kelelawar dengan senang hati.
Pertempuran berlanjut. Kera-kera menunggak gajah dan badak sambil memegang busur dan anak panah. Kepala mereka dilindungi dengan topi dari tempurung kelapa agar tidak mempan dilempari batu. Setelah kelompok singa menang, apa yang dilakukan kelelawar? Ia bolak-balik berpihak kepada kelompok yang menang. Sifat pengecut dan tidak berpendirian yang dimilki kelelawar lama-kelamaan diketahui oleh kedua kelompok singa dan kelompok burung.
Pernyataan yang menunjukkan tokoh kelelawar tidak berpendirian tetap adalah . . .
A.   Tokoh kelelawar memperlihatkan sayapnya kepada burung elang.
B.   Tokoh kelelawar bolak-balik berpihak kepada kelompok yang menang.
C.   Tokoh kelelawar cemas karena terkena hujan batu.
D.  Tokoh kelelawar  menemui elang, si raja burung.
Bacalah kutipan cerpen berikut untuk soal nomor 10 dan 11!
Mata Mega berkaca- kaca. Dia menangis tersedu-sedu. Setelah perasaannya tenang dilanjutkan ceritanya. “Ayah dan Mak telah meninggal 10 tahun yang lalu, mereka meninggal karena ulahku juga. Harta mereka aku habiskan di meja judi. Aku menjadi perampokan, pembunuhan dan aku dihukum 7 tahun. Selesai menjalani hukuman sebenarnya aku tidak mau hidup lagi. Sudah beberapa kali aku mencoba bunuh diri tetapi selalu gagal.
10.    Watak tokoh dalam cuplikan tersebut adalah . . . .
A.   Jujur                                                         C. Sopan
B.   Putus                                                        D. Jahat
11.    Cara penggambaran watak dalam cuplikan cerita tersebut melalui . . . .
A.   Tingkah                                                    C. Dialog tokoh lain
B.   Dialog                                                       D. Penuturan pengarang
12.    Bacalah kutipan cerpen berikut!
Dengan riang setelah menutup jendela menjelang magrib. Ruli menghampiri neneknya yang duduk di beranda dengan kasih sayang, nenek merangkul cucu satu-satunya ini. “Bagaimana kucing peliharaanmu,apakah sudah melahirkan?”
“Sudah, Nek. Anaknya enam ekor, hitam semua.”
“Rawatlah yang baik, jangan kau sia-sia.”
Latar pada kutipan cerpen tersebut adalah . . . .
A.    Sore, di beranda                                         C. Senja, di ruang tamu
B.    Malam, di kamar tidur                               D. Sore, di ruang keluarga
      
Kutipan fabel berikut untuk soal nomor 13 dan 14!
Gagak merasa kurang percaya diri. Itu karena teman-temannya suka menggodanya. Sebenarnya maksud kijang, jerapah, dan kelinci hanya bercanda.
“Heeee . . . gagak warnanya hitam, tentu badannya bau . . . heee!’
Nah sekarang gagak ingin badannya wangi. Kebun bunga mawar di ujung hutan akan dipetik sampai ludes. Semua bunga akan dioleskan ke badan gagak setiap hari.
Diam-diam kancil berputar otak untuk mengatasi masalah tersebut. Siang itu sambil bersiul-siul parau, gagak menuju kebun bunga mawar. Teman-temannya mencoba untuk mencegahnya, tetapi gagal. Gagak tersenyum memandangi bunga-bunga mawar yang siap diobrak-abriknya itu.
“Lho bau apa ini? Lho sekarang mawar kok begini baunya, ya?” Teriak gagak sambil nyengir. Lama-lama bau tak sedap itu kian menyengat. Gagak jadi mual. Ia pun segera melompat terbang dari tempat itu.
“Huh, terlalu! Mawar sekarang baunya busuk!” Gerutu gagak berulang-ulang.
Semua teman heran kenapa gagak membatalkan niat jeleknya. Sementara itu, kancil diam-diam merasa geli. Ya, ia membersihkan kembali kebun mawar yang tadi ditaburi sampah kotor. Gara-gara bau sampah busuk inilah gagak mengurungkan rencana mengolesi badannya dengan bunga-bunga mawar itu.
13.    Simbol bunga mawar tersebut mengandung makna . . . .
A.      Bau harum                                                    C. Kemurnian
B.      Kesucian                                                       D. Kelembutan
14.    Isi tersirat kutipan fabel tersebut adalah . . .
A.      Bunga mawar dapat mengharumkan tubuh.
B.      Teman-teman gagak suka meledek gagak.
C.      Niat gagak yang tidak baik dibatalkan oleh kancil.
D.     Gagak tidak percaya diri karena berwarna hitam dan badannya bau.

15.   Bacalah cerpen berikut!
1.   “Mudah-mudahan ia cepat sembuh Iccha”. Icchamengangguk-angguk perlahan dan kembali pada posisi tengkurap dengan leher diperpanjangkan ke depan.
2.   “Iccha, bagaimana kalau kita sekarang bermain dan mencari makna bersama-sama?”bujuk Firgondela.
3.   “Tidak ah,Fir! Aku tidak mau main-main di luar kena panas, nanti bukuku rusak. Apalagi mencari makanan sisa,iich tidak ah, Fir.”
4.   “ Iccha, lantas kamu mau makan apa?”
Bukti bahwa Iccha berwatak sombong terdapat pada kalimat bernomor . . . .
A.    (1)                                                                     C. (3)
B.    (2)                                                                     D. (4)

Kutipan cerpen berikut untuk soal nomor 16 dan 17!  
Ayah mengamati aku dari atas ke bawah. Ia berdiri dan menjangkau tangan kananku. Katanya:
“Untuk apa bunga ini, heh.”
Aku tidak tahu karena apa, telah mencintai bunga di tanganku ini.
Ayah meraih. Merenggutnya dari tanganku. Kulihat bungkah otot tangan menggenggam bunga kecil-kecil itu. Aku menahan untuk tidak berteriak.
“Laki-laki tidak perlu bunga, Buyung. Kalau perempuan, bolehlah. Tetapi engkau laki-laki.”
Ayah melemparkan bunga itu. Aku menjerit. Ayah pergi. Ibu masih berdiri. Aku membungkuk, mengambil bunga itu, membawanya ke kamar.

16.    Makna simbol kata bunga dalam kutipan tersebut adalah . . .
A.      Bunga melambangkan keindahan sehingga tidak boleh dipetik.
B.      Bunga melambangkan kesucian hanya boleh dipandang.
C.      Bunga melambangkan kelembutan sehingga identik dengan perempuan.
D.     Bunga melambangkan kemurnian yang harus dilindungi.
17.    Isi tersirat kutipan cerpen tersebut adalah . . .
A.   Ayah tidak ingin Buyung memiliki sifat lembut seperti perempuan.
B.   Ayah tidak ingin anaknya menyukai bunga seperti dia.
C.   Ayah tidak ingin jika bunga itu dipetik.
D.  Ayah ingin bunga itu sebagai hiasan di taman.

18.    Bacalah kutipan cerpen berikut!
Kenapa berat sekali memanggil Tante Vina dengan sebutan “mam”? Padahal Tante Vina, mama yang sangat baik dan cantik. Hari ini Dinda melihat satu lagi kasih sayang Tante Vina. Pasti Tante Vina ingin sekali dipanggil “mama”, tetapi tidak pernah memaksa.
Dinda juga sangat sayang kepada Tante Vina, tapi dia selalu teringat almarhum mama kandungnya tiap akan memanggil Tante Vina dengan sebutan “mama” atau Dinda menjadi bimbang.
Konflik pada cerita tersebut adalah . . . .
A.      Dinda selalu teringat kepada mama kandungnya
B.      Dinda tidak mau memanggil “mama” kepada Tante Vina
C.      Dinda ingin memanggil Tante Vina dengan sebutan “mama”
D.     Dinda sayang kepada Tante Vina, tetapi berat memanggilnya “mama”

19.    Bacalah kutipan fabel berikut!
Keledai dan Singa
Pada suatu masa seekor keledai yang pandai hidup di sebuah desa dekat hutan. Suatu hari saat sedang merumput, ia melihat seekor singa yang besar mendekatinya,. Ia menyadari sedang dalam bahaya. Ia tahu jika berusaha lari, singa cukup sigap untuk menerkamnya. Ia memikirkan dengan cepat sebuah rencana. Ia mulai terpincang-pincang. Ketika singa melihat keledai pincang, ia bertanya, “Apa yang terjadi denganmu? Mengapa kamu pincang?”
“Oh Tuan, saya sedang berjalan melalui hutan dan sebuah duri menusuk kaki saya, “jawab keledai. “Sudikah tuan melepas duri itu dari kaki saya?” pinta keledai.
Singa lupa sesaat bahwa ia sebetulnya akan memangsa keledai dan setuju menolongnya. Singa membungkuk dan mulai mencari duri itu.
Tiba-tiba keledai melakukan tendangan keras ke mulut singa yang besar. Tendangan itu begitu keras hingga terjatuh. Keledai telah merontokkan gigi-gigi singa. Keledai segera berlari menyelamatkan diri.
Penyebab konflik dalam diri keledai pada kutipan fabel tersebut adalah . . . .
A.      Keledai sedang merumput
B.      Kaki keledai pincang
C.      Singa hendak menerkam keledai
D.     Kaki keledai tertusuk duri
20.    Bacalah kedua kutipan cerpen berikut!
Kutipan 1
“Sudah saya pikir masak-masak.” Saya terkejut.
“Pikirkan sekali lagi! Bapak kasih waktu satu bulan!” Taksu menggeleng. Dikasih waktu satu tahun pun hasilnya sama, Pak. Saya ingin jadi guru.”
“Tidak! Kamu pikir saja dulu satu bulan lagi!”
. . . .
Bukan hanya satu bulan, tetapi dua bulan kemudian, kami berdua datang lagi mengunjungi. Taksu di tempat kosnya. Sekali ini kami tidak muncul dengan tangan kosong. Istri saya membawa krupuk kulit ikan kegemaran Taksu. Saya sendiri membawa sebuah laptop baru yang paling canggih, sebagai kejutan.
Kutipan 2
“Jadi, apa yang membawamu kemari?”
“Kenangan.”
“Palsu! Kalau ini hanya soal kenangan, tidak perlu menunggu 10 tahun setelah keluarga kembali dan menetap 30 kilometer saja dari sini.”
Saya tersenyum. Hanya sebentar kecanggungan di antara kami sebelum kata-kata obrolan meluncur seperti peluru-peluru yang berebutan keluar dari magasin.
Bertemu dengannya, mau tidak mau mengingkatkan kembali pada pengalaman kami dahulu. Pengalaman yang menjadikan dia, walau tidak setiap waktu, selalu lekat diingatan saya. Tentu dia mengingatnya pula, bahkan saya yakin rasa yang diidapnya lebih besar efeknya. Karena sebagai seorang sahabat, dia jelas jauh lebih tulus dan setia daripada saya.
Malam itu saya berada di sini, memperhatikannya belajar. Teplok yang menjadi penerang ruangan diletakkan di atas meja, hampir mendekat sama sekali dengan wajahnya jika dia menunduk untuk menulis. Di atas amben, ayahnya santai merokok. Sesekali menyalakan pemantik jika bara rokok lintingannya soak bertemu potongan besar cengkeh atau kemenyan yang tidak lembut diirisnya. Ibunya, seorang perempuan yang banyak tertawa, berada di sudut sembari bekerja memilih sabut-sabut kelapa menjadi tambang.
 . . . .
Kami tertawa. Tertawa dan tertawa seakan-akan seluruh rentetan kejadian yang akhirnya menjadi pengingat abadi persahabatan kami itu bukanlah sebuah kejadian meloloskan diri dari maut karena waktu telah menghapus semua kengeriannya.
Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan kedua kutipan cerpen tersebut adalah . . . .

Kutipan cerpen 1
Kutipan cerpen 2
A.
Menggunakan alur maju
Menggunakan alur sorot balik
B.
Menggunakan alur sorot balik
Menggunakan alur maju
C.
Menggunakan alur maju
Menggunakan alur campuran
D.
Menggunakan alur sorot balik
Menggunakan alur campuran
21.    Bacalah kutipan kedua cerpen berikut!
Cerpen 1
Ketika raga tinggi melambung, Kacak memandang ke atas serta mengayun langkah ke belakang. Maksudnya akan mencari alamat dan hendak melompat sambil menyepak raga, tetapi celaka! Ketika ia akan menyepak, kakinya yang sebelah kiri tergelincir, lalu Kacak . . . jatuh terhenyak.
Cerpen 2
Untuk melupakan masa lalunya, Zainudin dan Muluk pindah ke Jakarta. Di sana Zainudin mulai menunjukkan kepandaiannya menulis. Karyanya dikenal masyarakat dengan nama letter “Z”. Zainudin dan Muluk akhirnya menjadi pengarang terkenal yang dikenal sebagai hartawan yang dermawan.
Perbedaan penggunaan bahasa kedua cerpen tersebut adalah . . . .

Kutipan 1
Kutipan 2
A.
Menggunakan bahasa kias
Menggunakan bahasa lugas
B.
Menggunakan perumpamaan
Tidak mementingkan keindahan bahasa
C.
Mementingkan bunyi
Mementingkan makna
D.
Bahasa mudah disampaikan
Bahasanya sulit dipahami

22.    Perhatikan kutipan teks  berikut!
Saya mengucapkan selamat dan terima kasih atas kehadiran teman-teman dalam kegiatan pameran seni dan kreativitas dalam rangka menyambut adik-adik siswa kelas tujuh yang baru [ . . .]. apabila dalam penyelenggaraan kegiatan ini banyak kekurangan, panitia mohon maaf.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks yang rumpang tersebut adalah . . .
A.      Akhirnya kami atas nama panitia mengucapkan selamat mengunjungi pameran seni dan kreativitas ini.
B.      Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat tuhan yang telah memberikan kesehatan sehingga bisa menyelenggarakan kegiatan ini.
C.      Demikian sambutan dari saya selaku ketua panitia, semoga pameran seni dan kreativitas siswa ini bermanfaat bagi semua.
D.     Pameran buku ini merupakan agenda tahunan osis dalam rangka memotivasi para siswa agar gemar membaca.

23.    Cermatilah paragraf rumpang berikut!
Ratih adalah pemilik (. . .) Sido Waras. Ia selalu mengajarkan kepada karyawannya untuk menyusun jenis obat secara (. . . ). Contohnya dengan membuat urutan secara (. . .). Nama obat-obatan dikelompokkan sesuai abjad. Selain itu, Ratih memisahkan obat-obat paten dan generik. Tindakan ini akan memudahkan karyawan dalam mengambil obat.
Kata baku tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah . . . .
A.      Apotik, sistimatis, alfabet                            C. Apotek, sistimatis, alfabet
B.      Apotik, sistematik, alfabetis                       D. Apotek, sistematis, afabetis

24.    Bacalah teks berikut!
Dalam rangka pendataan ulang calon Ujian Nasional 2015, seluruh siswa kelas IX diminta menyerahkan fotokopi ijazah SD dan akte kelahiran, masing-masing dua lembar, pasfoto berukuran 3 x 4 sebanyak 10 lembar. Semua kelengkapan tersebut diserahkan kepada wali kelas masing-masing, paling lambat tanggal 20 Maret 2015.
Bentuk teks lain yang sesuai dengan teks tersebut adalah . . .
A.      Semua siswa kelas IX agar segera menghadap wali kelas masing-masing, untuk menyerahkan akte kelahiran, ijazah SD masing-masing dua lembar dan pasfoto ukuran 3 x 4, untuk keperluan pendataan ulang.
B.      Fotokopi ijazah SD dan akte kelahiran siswa kelas IX sebanyak sepuluh lembar,pasfoto 3 x 4 sebanyak dua lembar, agar diserahkan kepada wali kelas masing-masing, untuk pendataan ulang.
C.      Semua siswa kelas IX diharapkan segera menyerahkan ijazah SD, akte kelahiran dan pasfoto ukuran 3 x 4 kepada wali kelas masing-masing paling lambat tanggal 20 Maret 2015, untuk pendataan ulang.
D.     Semua siswa kelas IX, segera menyerahkan fotokopi ijazah SD, akte kelahiran masing-masing dua lembar, pas foto ukuran ukuran 3 x 4 sebanyak sepuluh lembar, kepada wali kelas, paling lambat 20 Maret 2015.

25.    Perhatikan data buku tersebut!
Judul buku          : Kisah Kegigihan Siswa
Penulis                : Pipiek Senja
Tebal                  : 386 halaman
Keunggulan        :- Banyak pelajaran dan kisah yang bisa menginspirasi hidup,           
-Bahasa mudah dipahami                                                                                        -Ada gambar-gambar yang menarik
Kekurangan        :-Tidak dilengkapi glosarium
Paragraf resensi yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah . . .
A.      Buku berjudul Kisah Kegigihan Siswa sangat bagus. Buku ini mengisahkan perjuangan siswa setelah orang tuanya meninggal. Buku ini layak dibaca banyak pelajaran dan kisah yang bisa menginspirasikan hidup. Ditunjang dengan gambar yang menarik dilengkapi dengan glosarium, sayangnya bahasanya sulit dipahami.
B.      Buku berjudul Kisah Kegigihan Siswa sangat bagus untuk dibaca setiap orang. Buku setebal 386 halaman ini menentukan seorang gadis yang merelakan masa mudanya untuk merawat panti asuhan. Buku ini dilengkapi dengan gambar-gambar yang menarik, bahasanya mudah dipahami, dilengkapi dengan glosarium.
C.      Buku berjudul Kisah Kegigihan Siswa ini sangat bagus. Buku ini mengisahkan perjuangan tokoh siswa yang harus menegakkan kembali panti asuhan yang hampir mati. Buku ini layak dibaca karena banyak pelajaran dan kisah yang bisa menginspirasikan hidup. Bahasanya mudah dipahami, ada glosarium, sayangnya gambar-gambar kurang menarik.
D.     Buku berjudul Kisah Kegigihan Siswa ini sangat bagus. Buku ini layak dibaca karena banyak pelajaran dan kisah yang bisa menginspirasikan hidup. Bahasanya mudah dipahami, ditunjang dengan gambar-gambar yang menarik, sayangnya tidak dilengkapi glosarium.

26.    Perhatikan kalimat berikut!
Kalian harus berkaitan orang yang bersangkutan bila ingin mengetahui perdebatannya lebih jelas lagi.
Penggunaan kata yang tepat untuk mengganti kata bercetak miring pada kalimat tersebut adalah . . . .
A.      Bersambung, perbincangannya                     C. Bertalian, pembahasannya
B.      Menghubungi, persoalannya                         D. Menghampiri, perselisihannya
27.    Perhatikan kalimat berikut!
Para hadirin sekalian, kita harus saling tolong menolong menginformasikan cara mencegah penyakit kaki gajah.
Agar menjadi kalimat efektif perbaikan kalimat tersebut adalah . . .
A.      Hadirin, kita harus saling tolong-menolong menginformasikan cara mencegah penyakit kaki gajah.
B.      Hadirin, kita harus tolong menolong menginformasikan cara mencegah penyakit kaki gajah.
C.      Hadirin sekalian, kita harus saling tolong-menolong menginformasikan cara mencegah penyakit kaki gajah.
D.     Para hadirin sekalian, kita harus tolong-menolong menginformasikan cara mencegah penyakit kaki gajah.

28.    Perhatikan paragraf berikut!
Tidur berbaring dengan posisi telentang [. . .] karena akan menekan dan menyesakkan tulang punggung. Tidur tengkurap atau menelungkup [. . .] untuk pernapasan. Keseringan tidur pada posisi kiri badan [. . . ] kesehatan karena menghimpit jantung.
Kata  tepat digunakan untuk dalam kalimat tersebut adalah . . . .
A.      Lebih sehat, sangat praktis, tidak mengganggu
B.      Akan sehat, lebih praktis, telah mengganggu
C.      Sangat sehat, sangat praktis, telah mengganggu
D.     Kurang sehat, tidak praktis, bisa mengganggu

29.    Perhatikan paragraf berikut!
Pemerintah Republik Indonesia telah [. . .] bahwa tanggal 25 November merupakan hari Guru Nasional. Penetapan tersebut [. . .] dengan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 yang [. . .] oleh Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru. Tanggal 25 November sekaligus menjadi hari lahirnya Persatuan Guru Indonesia.
Kata bentukan  tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah . . . .
A.      menetapkan, dikuatkan, tertuang
B.      ditetapkan, dikuatkan, dituangkan
C.      menetapkan, menguatkan, menuangkan
D.     penetapan, dikuatkan, dituangkan

30.    Cermati paragraf  berikut!
Perusahaan merupakan sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang produksi barang ataupun jasa. 2) Barang dan jasa tersebut untuk memenuhi kebutuhan kolega dan pelanggan. Sebagai sebuah organisasi, perusahaan harus bersaing dengan perusahaan lainnya. 3) Agar dapat tampil sebagai pemenang, menejemen harus memiliki keunggulan. 4) salah satu keunggulan tersebut adalah keunggulan komparatif yang tecermin pada berbagai pelayanan yang diberikan.
Kalimat yang menggunakan kata tidak tepat dalam paragraf tersebut adalah kalimat nomor . . . .
A.      1)                                                          C. 3)
B.      2                                                            D. 4)

31.    Bacalah paragraf berikut!
Agar mampu menghadapi persaingan yang semakin ketat, setiap orang harus mampu menjadi tenaga kerja yang handal, sekaligus memiliki nilai lebih sebagai karyawan. Apalagi pada jaman sekarang, teknologi merupakan aspek yang sangat dominan bagi kehidupan.
Penggunaan kata handal dan jaman pada paragraf tersebut salah karena penulisan . .
A.      Kata-kata tersebut tidak padu
B.      Kata-kata tersebut bermakna ganda
C.      Kata-kata tersebut tidak baku
D.     Kata-kata tersebut tidak sesuai dengan konteks kalimat

32.    Penggunaan ejaan tidak tepat terdapat pada kalimat . . .
A.      Ayah sangat menyukai kursi dengan ukiran jepara.
B.      Kakak memerlukan kunci inggris untuk memperbaiki sepeda motornya.
C.      Harga pisang ambon lebih mahal daripada pisang kepok.
D.     Keluargaku sangat menyukai nangka belanda.

33.    Pemakaian tanda baca tidak tepat terdapat pada kalimat . . .
A.      Susan bertanya, “Siapakah yang akan mengikuti lomba menari se-Bandung?”
B.      Jani menyelesaikan pendidikannya, pada Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.
C.      Paman menasihati anaknya, “Bekerjalah dengan rajin di negeri orang, Nak!”
D.     Meskipun begitu, dia tidak pernah berlaku sombong kepada siapapun.

34.    Perhatikan kalimat berikut!
Jika berwisata ke Palembang, jangan lupa membeli oleh-olehPempek palembang.
Penulisan huruf kapital pada kalimat tersebut yang tepat  adalah . . .
A.      Jika berwisata ke Palembang, jangan lupa membeli oleh-oleh pempek palembang.
B.      Jika berwisata ke Palembang, jangan lupa membeli oleh-oleh Pempek Palembang.
C.      Jika berwisata ke Palembang, jangan lupa membeli oleh-oleh pempek Palembang.
D.     Jika berwisata ke Palembang, jangan lupa membeli oleh-oleh pempek palembang.

35.   Perhatikan kalimat berikut!
Ibu membeli, alat-alat dapur, panci, piring, dan wajan.
Perbaikan penggunaan tanda baca yang tepat adalah . . .
A.      Ibu membeli alat-alat dapur : panci, piring dan wajan.
B.      Ibu membeli alat-alat dapur : panci, piring, dan wajan.
C.      Ibu membeli alat-alat dapur ; panci, piring, dan wajan.
D.     Ibu membeli alat-alat dapur, panci, piring, dan wajan.

36.   Perhatikan kalimat berikut!
Ibu membeli oleh-oleh asinan bogor.
Kalimat tersebut salah dalam penggunaan ejaan karena . . . .
A.      Huruf kapital seharusnya tidak dipakai sebagai penjelas huruf pertama nama diri geografi yang digunakan sebagai penjelas nama jenis.
B.      Huruf kapital seharusnya dipakai sebagai huruf pertama nama diri geografi jika kata yang mendahuluinya menggambarkan kekhasan budaya.
C.      Huruf kapital seharusnya dipakai sebagai huruf pertama unsur-unsur nama geografi yang diikuti nama diri geografi.
D.     Huruf kapital dipakai sebagai penjelas huruf pertama nama diri geografi yang digunakan sebagai penjelas nama jenis.

37.    Pelantikan kaninet Indonesia bersatu II dipimpin oleh presiden.
Perbaikan penggunaan huruf kapital yang tepat pada kalimat tersebut adalah . . .
A.      Pelantikan Kabinet Indonesia Bersatu II dipimpin oleh Presiden.
B.      Pelantikan Kabinet Indonesia Bersatu II dipimpin oleh presiden.
C.      Pelantikan kabinet Indonesia bersatu II dipimpin oleh Presiden.
D.     Pelantikan kabinet Indonesia Bersatu II dipimpin oleh Presiden.

38.    Bacalah kalimat-kalimat berikut!
  1. Beberapa sumur sisanya adalah sumur tua
  2. Di lapangan Tapian Kalimantan Timur terdapat sumur aktif  dan nonaktif
  3. Sebanyak 80 sumur masih produktif, 40 sumur injeksi
  4. Di blok Tanjung terdapat 174 sumur
  5. Sumur tersebut tersebar di beberapa blok
Susunan kalimat tersebut agar menjadi paragraf laporan yang padu adalah . . . .
A.      (2) – (1) – (3) – (4) – (5)
B.      (2) – (5) –(4) – (3) – (1)
C.      (1) – (4) – (2) – (3) – (5)
D.     (3) – (4) – (1) – (5) – (2)

39.   Perhatikan paragraf berikut!
Selama proses evakuasi berlangsung; Juki terlihat gelisah. Dia khawatir tidak bisa berkumpul dengan keluarganya. Akan tetapi: ketika di tempat pengungsian ia bertemu dengan semua anggota keluarganya.
Perbaikan kesalahan penggunaan tanda baca dalam paragraf tersebut adalah . . .
A.      Tanda titik (.) setelah kata berlangsung dan tanda koma (,) setelah kata akan tetapi
B.      Tanda titik dua (:) setelah kata berlangsung dan tanda titik (.) setelah kata akan tetapi
C.      Tanda koma (,) setelah kata berlangsung dan tanda koma (,) setelah kata akan tetapi
D.     Tanda hubung (-) setelah kata berlangsung dan tanda koma (,) setelah kata akan tetapi

40.   Perhatikan kalimat berikut!
Di meja itu ada: buah anggur, jeruk, dan manggis.
Alasan penggunaan tanda baca tersebut tidak tepat adalah . . .
A.      Tanda titik dua hanya dipakai dalam naskah drama sesudah kata yang menunjukkan pelaku dalam percakapan.
B.      Tanda titik dua hanya dipakai sesudah kata atau ungkapan yang memerlukan pemerian.
C.      Tanda titik dua dalam kalimat tersebut dipakai pada akhir suatu pernyataan lengkap yang diikuti pemerian.
D.     Tanda titik dua dalam kalimat tersebut tidak dipakai jika pemerian itu merupakan pelengkap yang mengakhiri pernyataan.

Previous
Next Post »