DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN PATI
SMP NEGERI 1 BATANGAN
Jalan Raya Batangan –
Jaken Km. 1,5 Batangan
ULANGAN
TENGAH SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Mata Pelajaran
Kelas
|
: Bahasa Indonesia
: IX (sembilan)
|
Hari, tanggal
Waktu
|
: Senin, 15 Maret 2016
: 60 menit
|
PETUNJUK
KHUSUS
I.Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut
dengan memberi tanda
silang (X) pada huruf a, b, c atau d yang paling benar!
1.
Bacalah paragraf berikut!
Pemerintah
Kabupaten Pati semakin serius melakukan penataan pembangunan jalan lingkar di
wilayah Kabupaten Pati. Kabupaten Pati menjadi salah satu daerah potensial yang ada di sekitar wilayah Kabupaten
Pati. Bupati Pati, Hariyanto, berharap agar pembangunan jalan lingkar bisa
menjadikan jalan alternatif khususnya bagi pengendara roda empat dan truk-truk
besar sehingga tidak mengganggu jalan Kota Pati.
Makna kata bercetak miring dalam paragraf
tersebut adalah . . . .
A.
Kemampuan berkembang C. Memiliki keinginan
B.
Memiliki kemampuan D. Kemampuan tumbuh
2. Perhatikan paragraf resensi berikut!
Buku Cara
Cerdas Melibas Kolesterol setiap informasi dijelaskan secara detail. Uraian
mudah dipahami karena menggunakan bahasa yang komunikatif sehingga pembaca
mudah menangkap isi yaitu usaha mencegah peningkatan kadar kolesterol dalam
tubuh. Sampul pada buku ini sangat menarik.
Paragraf
resensi tersebut merupakan bagian . . . .
A.
Sinopsis buku C.
Keunggulan
B.
Pendahuluan D. Kelemahan
dan keunggulan
Bacalah teks
berikut!
Meski banjir yang melanda kawasan
Pluit, Penjaringan, Jakarta sudah terlihat surut, sampah hasil pengerukan Waduk
Pluit masih menggunung di sekitar lokasi. Sekitar empat alat berat bercampur
tanah itu masih belum terlihat diangkut. Belum lagi sampah-sampah warga yang
dibuang sembarangan seperti dari Jalan Tanah Pasir, Jalan Ekor Kuning, Jalan
Tongkol, dan lainnya ditumpuk di bantaran waduk.
3.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah . . .
A.
Banjir di kawasan Pluit kini sudah terlihat
surut.
B.
Sampah hasil pengerukan Waduk Pluit masih
menggunung.
C.
Banjir di Pluit menyebabkan sampah
terlihat menggunung.
D. Sampah
hasil pengerukan Waduk Pluit belum terlihat diangkut.
4.
Kalimat utama pada teks di atas terletak pada
kalimat . . . .
A.
Satu
C. Tiga
B. Dua
D. Empat
5. Bacalah paragraf berikut!
Coklat
yang sering menjadi primadona untuk memulihkan rasa stres ternyata dapat
mencegah pertumbuhan jerawat yang sedang diderita oleh seseorang. Sebuah penelitian
yang dilakukan oleh mahasiswa kedokteran di University
of Miami School of Medicine berhasil menemukan cokelat memiliki peran
mencegah pertumbuhan jerawat. Responden dalam penelitian tersebut terdiri atas
sepuluh pria berusia 18 hingga 35 tahun. Mereka diminta memakan cokelat murni
sebanyak tiga hingga empat ons. Setelah itu mereka harus diet selama seminggu.
Selama proses diet inilah ditemukan hormon jerawat yang kian hari kian
memburuk.
Simpulan isi
paragraf tersebut adalah . . .
A.
Cokelat baik untuk memulihkan rasa stres.
B.
Cokelat diteliti oleh mahasiswa kedokteran di
University of Miami.
C.
Cokelat memilki peran mencegah
pertumbuhan jerawat.
D.
Responden mengalami pertumbuhan jerawat yang
kian memburuk.
6. Bacalah ilustrasi berikut!
Penetrasi
pasar minuman ala luar negeri mengancam keberadaan minuman tradisional. Kemasan
dan strategi pemasaran minuman ala luar negeri lebih menarik. Minuman
tradisional kalah bersaing dengan minuman kemasan ala luar negeri. Minuman
tradisional merupakan warisan nenek moyang yang harus dilestarikan. Minuman
tradisional tanpa bahan pengawet. Minuman tradisional lebih sehat daripada
minuman kemasan ala luar negeri. Sebaliknya, minuman kemasan ala luar negeri
menggunakan bahan pengawet. Minuman tradisional lebih mudah dibuat sendiri
daripada minuman kemasan ala luar negeri. Bahannya pun mudah didapatkan.
Kalimat tanggapan positif berdasarkan ilustrasi tersebut adalah . . .
A.
Saya setuju mengonsumsi minuman tradisional
karena dikemas menarik dan mudah didapatkan di toko-toko.
B.
Saya lebih suka mengonsumsi minuman kemasan
ala luar negeri karena tidak perlu repot membuat sendiri.
C.
Saya lebih suka mengonsumsi minuman kemasan
ala luar negeri karena kemasannya lebih menarik dan bergengsi.
D.
Saya lebih suka mengonsumsi minuman
tradisional karena tanpa bahan pengawet dan lebih menyehatkan.
7. Bacalah teks berikut dengan tepat!
Teh
hijau merupakan minuman herbal alami yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Salah
satu manfaat teh hijau adalah membantu menurunkan berat badan. Di dalam
kandungan teh hijau terdapat polifenol yang tidak hanya baik untuk melindungi
tubuh dari radikal bebas, tetapi juga dapat memengaruhi penyerapan lemah tubuh.
Teh
hijau juga membantu membakar ekstra kalori. Setiap satu cangkir teh kurang
lebih 150 ml,dapat membakar 25-30 kalori. Setiap 250 ml teh hijau seduh, dapat
meluruhkan 40 kalori.
Ringkasan tepat teks tersebut
adalah . . .
A.
Teh hijau merupakan minuman herbal alami.
Setiap 150 ml teh dapat membakar 25-30 kalori dan setiap 250 ml teh hijau seduh
meluruhkan 40 kalori.
B.
Teh hijau bermanfaat untuk membakar ekstra
kalori dan penyerapan tubuh sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.
C.
Teh hijau merupakan minuman herbal
alami yang dapat membantu menurunkan tubuh dari radikal bebas, menyerap lemak
tubuh, dan membakar ekstra kalori.
D.
Teh hijau merupakan minuman herbal alami yang
mengandung polifenol untuk menyerap lemak dan melindungi tubuh dari radikal
bebas.
8.
Bacalah kutipan teks berikut!
Teks 1
Dampak
dari jebolnya tanggul di Sawangan, Depok, telah membuat Kali Angke meluap sehingga sejumlah kawasan yang
dilalui kali tersebut terkena banjir, tak terkecuali warga Jalan Rohimin,
Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. “Kalau RT 05 RW 02 di bawah itu sudah
dari kemarin ketinggian sepaha orang dewasa. Kamis, 12/11/2014, Dewi (warga
Jalan Rohimin RT 06 RW 02) mengatakan, “RT 06 RW 03 semalem naik tinggi. Ini
berturut-turut belum surut airnya.
Teks 2
Rabu
(11/11/2014), banjir setinggi tiga meter akibat luapan Sungai Ciliwung, melanda
Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur. Akibatnya, sebanyak
175 warga terpaksa mengungsi. Lurah Kampung Melayu Bambang Pangestu mengatakan,
air mulai menggenangi permukiman warga pukul 03.00 WIB dan berangsur-angsur
meningkat ketinggiannya. Warga yang khawatir air yang semakin tinggi itu pun
langsung mengevaluasikan diri ke dua titik pengungsian.
Perbedaan penyajian kedua teks tersebut
adalah . . .
A.
Teks 1 diawali dengan apa diakhiri dengan siapa, teks 2 diawali dengan kapan
diakhiri dengan siapa.
B.
Teks 1 diawali dengan apa diakhiri dengan mengapa,
teks 2 diawali dengan apa diakhiri
dengan siapa.
C.
Teks 1 diawali dengan siapa diakhiri dengan bagaimana,
teks 2 diawali dengan siapa diakhiri
dengan mengapa.
D.
Teks 1 diawali dengan bagaimana diakhiri dengan mengapa,
teks 2 diawali dengan bagaimana
diakhiri dengan siapa.
9. Bacalah kutipan fabel berikut!
“Awas
hujan batu,” teriak para binatang kelompok singa sambil melarikan diri. Si
kelelawar merasa cemas sehingga ia berpikir untuk kembali bergabung dengan
kelompok burung. Ia menemui sang raja burung yaitu burung elang.
“Lihatlah
sayapku, aku ini seekor burung seperti kalian.” Elang menerima kelelawar dengan
senang hati.
Pertempuran
berlanjut. Kera-kera menunggak gajah dan badak sambil memegang busur dan anak
panah. Kepala mereka dilindungi dengan topi dari tempurung kelapa agar tidak
mempan dilempari batu. Setelah kelompok singa menang, apa yang dilakukan
kelelawar? Ia bolak-balik berpihak kepada kelompok yang menang. Sifat pengecut
dan tidak berpendirian yang dimilki kelelawar lama-kelamaan diketahui oleh
kedua kelompok singa dan kelompok burung.
Pernyataan
yang menunjukkan tokoh kelelawar tidak berpendirian tetap adalah . . .
A.
Tokoh kelelawar memperlihatkan sayapnya kepada
burung elang.
B.
Tokoh kelelawar bolak-balik berpihak
kepada kelompok yang menang.
C.
Tokoh kelelawar cemas karena terkena hujan
batu.
D.
Tokoh kelelawar menemui elang, si raja burung.
Bacalah
kutipan cerpen berikut untuk soal nomor 10 dan 11!
Mata Mega berkaca- kaca. Dia menangis
tersedu-sedu. Setelah perasaannya tenang dilanjutkan ceritanya. “Ayah dan Mak
telah meninggal 10 tahun yang lalu, mereka meninggal karena ulahku juga. Harta
mereka aku habiskan di meja judi. Aku menjadi perampokan, pembunuhan dan aku
dihukum 7 tahun. Selesai menjalani hukuman sebenarnya aku tidak mau hidup lagi.
Sudah beberapa kali aku mencoba bunuh diri tetapi selalu gagal.
10.
Watak tokoh dalam cuplikan tersebut adalah . .
. .
A.
Jujur C. Sopan
B. Putus
D.
Jahat
11.
Cara penggambaran watak dalam cuplikan cerita
tersebut melalui . . . .
A.
Tingkah C.
Dialog tokoh lain
B. Dialog
D.
Penuturan pengarang
12.
Bacalah
kutipan cerpen berikut!
Dengan riang setelah menutup jendela menjelang magrib.
Ruli menghampiri neneknya yang duduk di beranda dengan kasih sayang, nenek
merangkul cucu satu-satunya ini. “Bagaimana kucing peliharaanmu,apakah sudah
melahirkan?”
“Sudah, Nek. Anaknya enam ekor, hitam semua.”
“Rawatlah yang baik, jangan kau sia-sia.”
|
Latar pada
kutipan cerpen tersebut adalah . . . .
A.
Sore, di beranda C. Senja, di ruang tamu
B.
Malam, di kamar tidur D. Sore, di
ruang keluarga
Kutipan
fabel berikut untuk soal nomor 13 dan 14!
Gagak merasa kurang percaya diri. Itu
karena teman-temannya suka menggodanya. Sebenarnya maksud kijang, jerapah, dan
kelinci hanya bercanda.
“Heeee . . . gagak warnanya hitam,
tentu badannya bau . . . heee!’
Nah sekarang gagak ingin badannya
wangi. Kebun bunga mawar di ujung hutan akan dipetik sampai ludes. Semua bunga
akan dioleskan ke badan gagak setiap hari.
Diam-diam kancil berputar otak untuk
mengatasi masalah tersebut. Siang itu sambil bersiul-siul parau, gagak menuju
kebun bunga mawar. Teman-temannya mencoba untuk mencegahnya, tetapi gagal.
Gagak tersenyum memandangi bunga-bunga mawar yang siap diobrak-abriknya itu.
“Lho bau apa ini? Lho sekarang mawar
kok begini baunya, ya?” Teriak gagak sambil nyengir. Lama-lama bau tak sedap
itu kian menyengat. Gagak jadi mual. Ia pun segera melompat terbang dari tempat
itu.
“Huh, terlalu! Mawar sekarang baunya
busuk!” Gerutu gagak berulang-ulang.
Semua teman heran kenapa gagak
membatalkan niat jeleknya. Sementara itu, kancil diam-diam merasa geli. Ya, ia
membersihkan kembali kebun mawar yang tadi ditaburi sampah kotor. Gara-gara bau
sampah busuk inilah gagak mengurungkan rencana mengolesi badannya dengan
bunga-bunga mawar itu.
13.
Simbol bunga mawar tersebut
mengandung makna . . . .
A.
Bau harum
C. Kemurnian
B. Kesucian
D. Kelembutan
14.
Isi tersirat kutipan fabel tersebut adalah . .
.
A.
Bunga mawar dapat mengharumkan tubuh.
B.
Teman-teman gagak suka meledek gagak.
C.
Niat gagak yang tidak baik
dibatalkan oleh kancil.
D.
Gagak tidak percaya diri karena berwarna hitam
dan badannya bau.
15. Bacalah cerpen berikut!
1.
“Mudah-mudahan ia cepat sembuh Iccha”. Icchamengangguk-angguk
perlahan dan kembali pada posisi tengkurap dengan leher diperpanjangkan ke
depan.
2.
“Iccha, bagaimana kalau kita sekarang
bermain dan mencari makna bersama-sama?”bujuk Firgondela.
3.
“Tidak ah,Fir! Aku tidak mau main-main di
luar kena panas, nanti bukuku rusak. Apalagi mencari makanan sisa,iich tidak
ah, Fir.”
4.
“ Iccha, lantas kamu mau makan apa?”
|
Bukti bahwa
Iccha berwatak sombong terdapat pada kalimat bernomor . . . .
A.
(1) C. (3)
B.
(2)
D. (4)
Kutipan cerpen berikut untuk soal nomor 16
dan 17!
Ayah mengamati aku dari atas ke bawah.
Ia berdiri dan menjangkau tangan kananku. Katanya:
“Untuk apa bunga ini, heh.”
Aku tidak tahu karena apa, telah
mencintai bunga di tanganku ini.
Ayah meraih. Merenggutnya dari
tanganku. Kulihat bungkah otot tangan menggenggam bunga kecil-kecil itu. Aku
menahan untuk tidak berteriak.
“Laki-laki tidak perlu bunga, Buyung.
Kalau perempuan, bolehlah. Tetapi engkau laki-laki.”
Ayah melemparkan bunga itu. Aku
menjerit. Ayah pergi. Ibu masih berdiri. Aku membungkuk, mengambil bunga itu,
membawanya ke kamar.
16.
Makna simbol kata bunga dalam kutipan tersebut
adalah . . .
A.
Bunga melambangkan keindahan sehingga tidak
boleh dipetik.
B.
Bunga melambangkan kesucian hanya boleh
dipandang.
C.
Bunga melambangkan kelembutan
sehingga identik dengan perempuan.
D. Bunga
melambangkan kemurnian yang harus dilindungi.
17.
Isi tersirat kutipan cerpen tersebut adalah .
. .
A.
Ayah tidak ingin Buyung memiliki
sifat lembut seperti perempuan.
B.
Ayah tidak ingin anaknya menyukai bunga
seperti dia.
C.
Ayah tidak ingin jika bunga itu dipetik.
D.
Ayah ingin bunga itu sebagai hiasan di taman.
18.
Bacalah kutipan cerpen berikut!
Kenapa
berat sekali memanggil Tante Vina dengan sebutan “mam”? Padahal Tante Vina,
mama yang sangat baik dan cantik. Hari ini Dinda melihat satu lagi kasih sayang
Tante Vina. Pasti Tante Vina ingin sekali dipanggil “mama”, tetapi
tidak pernah memaksa.
Dinda
juga sangat sayang kepada Tante Vina, tapi dia selalu teringat almarhum mama
kandungnya tiap akan memanggil Tante Vina dengan sebutan “mama” atau Dinda
menjadi bimbang.
Konflik pada
cerita tersebut adalah . . . .
A.
Dinda selalu teringat kepada mama kandungnya
B.
Dinda tidak mau memanggil “mama” kepada Tante
Vina
C.
Dinda ingin memanggil Tante Vina dengan
sebutan “mama”
D.
Dinda sayang kepada Tante Vina,
tetapi berat memanggilnya “mama”
19.
Bacalah
kutipan fabel berikut!
Keledai dan
Singa
Pada suatu masa seekor keledai yang pandai
hidup di sebuah desa dekat hutan. Suatu hari saat sedang merumput, ia melihat
seekor singa yang besar mendekatinya,. Ia menyadari sedang dalam bahaya. Ia
tahu jika berusaha lari, singa cukup sigap untuk menerkamnya. Ia memikirkan dengan
cepat sebuah rencana. Ia mulai terpincang-pincang. Ketika singa melihat keledai
pincang, ia bertanya, “Apa yang terjadi denganmu? Mengapa kamu pincang?”
“Oh Tuan, saya sedang berjalan melalui hutan
dan sebuah duri menusuk kaki saya, “jawab keledai. “Sudikah tuan melepas duri
itu dari kaki saya?” pinta keledai.
Singa lupa sesaat bahwa ia sebetulnya akan
memangsa keledai dan setuju menolongnya. Singa membungkuk dan mulai mencari
duri itu.
Tiba-tiba keledai melakukan tendangan keras ke
mulut singa yang besar. Tendangan itu begitu keras hingga terjatuh. Keledai
telah merontokkan gigi-gigi singa. Keledai segera berlari menyelamatkan diri.
Penyebab konflik dalam diri
keledai pada kutipan fabel tersebut adalah . . . .
A.
Keledai sedang merumput
B.
Kaki keledai pincang
C.
Singa hendak menerkam keledai
D. Kaki
keledai tertusuk duri
20.
Bacalah kedua kutipan cerpen berikut!
Kutipan 1
“Sudah saya pikir masak-masak.” Saya terkejut.
“Pikirkan sekali lagi! Bapak kasih waktu satu
bulan!” Taksu menggeleng. Dikasih waktu satu tahun pun hasilnya sama, Pak. Saya
ingin jadi guru.”
“Tidak! Kamu pikir saja dulu satu bulan lagi!”
. . . .
Bukan hanya satu bulan, tetapi dua bulan
kemudian, kami berdua datang lagi mengunjungi. Taksu di tempat kosnya. Sekali
ini kami tidak muncul dengan tangan kosong. Istri saya membawa krupuk kulit
ikan kegemaran Taksu. Saya sendiri membawa sebuah laptop baru yang paling
canggih, sebagai kejutan.
Kutipan 2
“Jadi, apa yang membawamu kemari?”
“Kenangan.”
“Palsu! Kalau ini hanya soal kenangan, tidak
perlu menunggu 10 tahun setelah keluarga kembali dan menetap 30 kilometer saja
dari sini.”
Saya tersenyum. Hanya sebentar kecanggungan di
antara kami sebelum kata-kata obrolan meluncur seperti peluru-peluru yang
berebutan keluar dari magasin.
Bertemu dengannya, mau tidak mau mengingkatkan
kembali pada pengalaman kami dahulu. Pengalaman yang menjadikan dia, walau
tidak setiap waktu, selalu lekat diingatan saya. Tentu dia mengingatnya pula,
bahkan saya yakin rasa yang diidapnya lebih besar efeknya. Karena sebagai seorang
sahabat, dia jelas jauh lebih tulus dan setia daripada saya.
Malam itu saya berada di sini,
memperhatikannya belajar. Teplok yang menjadi penerang ruangan diletakkan di
atas meja, hampir mendekat sama sekali dengan wajahnya jika dia menunduk untuk
menulis. Di atas amben, ayahnya santai merokok. Sesekali menyalakan pemantik
jika bara rokok lintingannya soak bertemu potongan besar cengkeh atau kemenyan
yang tidak lembut diirisnya. Ibunya, seorang perempuan yang banyak tertawa,
berada di sudut sembari bekerja memilih sabut-sabut kelapa menjadi tambang.
. . . .
Kami tertawa. Tertawa dan tertawa seakan-akan
seluruh rentetan kejadian yang akhirnya menjadi pengingat abadi persahabatan
kami itu bukanlah sebuah kejadian meloloskan diri dari maut karena waktu telah menghapus
semua kengeriannya.
Perbedaan pola
pengembangan kedua kutipan kedua kutipan cerpen tersebut adalah . . . .
Kutipan
cerpen 1
|
Kutipan
cerpen 2
|
|
A.
|
Menggunakan alur maju
|
Menggunakan alur sorot balik
|
B.
|
Menggunakan alur sorot balik
|
Menggunakan alur maju
|
C.
|
Menggunakan alur maju
|
Menggunakan alur campuran
|
D.
|
Menggunakan alur sorot balik
|
Menggunakan alur campuran
|
21.
Bacalah kutipan kedua cerpen berikut!
Cerpen 1
Ketika raga tinggi melambung, Kacak memandang
ke atas serta mengayun langkah ke belakang. Maksudnya akan mencari alamat dan
hendak melompat sambil menyepak raga, tetapi celaka! Ketika ia akan menyepak,
kakinya yang sebelah kiri tergelincir, lalu Kacak . . . jatuh terhenyak.
Cerpen 2
Untuk melupakan masa lalunya, Zainudin dan
Muluk pindah ke Jakarta. Di sana Zainudin mulai menunjukkan kepandaiannya
menulis. Karyanya dikenal masyarakat dengan nama letter “Z”. Zainudin dan Muluk
akhirnya menjadi pengarang terkenal yang dikenal sebagai hartawan yang
dermawan.
Perbedaan
penggunaan bahasa kedua cerpen tersebut adalah . . . .
Kutipan 1
|
Kutipan 2
|
|
A.
|
Menggunakan bahasa kias
|
Menggunakan bahasa lugas
|
B.
|
Menggunakan perumpamaan
|
Tidak mementingkan keindahan bahasa
|
C.
|
Mementingkan bunyi
|
Mementingkan makna
|
D.
|
Bahasa mudah disampaikan
|
Bahasanya sulit dipahami
|
22.
Perhatikan
kutipan teks berikut!
Saya mengucapkan selamat dan terima kasih atas kehadiran
teman-teman dalam kegiatan pameran seni dan kreativitas dalam rangka
menyambut adik-adik siswa kelas tujuh yang baru [ . . .]. apabila dalam
penyelenggaraan kegiatan ini banyak kekurangan, panitia mohon maaf.
|
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi teks yang rumpang tersebut adalah . . .
A.
Akhirnya kami atas nama panitia mengucapkan
selamat mengunjungi pameran seni dan kreativitas ini.
B.
Puji syukur senantiasa kita panjatkan
kehadirat tuhan yang telah memberikan kesehatan sehingga bisa menyelenggarakan
kegiatan ini.
C.
Demikian sambutan dari saya selaku
ketua panitia, semoga pameran seni dan kreativitas siswa ini bermanfaat bagi
semua.
D.
Pameran buku ini merupakan agenda tahunan osis
dalam rangka memotivasi para siswa agar gemar membaca.
23.
Cermatilah paragraf rumpang berikut!
Ratih adalah pemilik (. . .) Sido Waras. Ia
selalu mengajarkan kepada karyawannya untuk menyusun
jenis
obat secara (. . . ). Contohnya dengan membuat urutan secara (. . .). Nama
obat-obatan dikelompokkan sesuai abjad. Selain itu, Ratih memisahkan obat-obat
paten dan generik. Tindakan ini akan memudahkan karyawan dalam mengambil obat.
Kata baku tepat untuk
melengkapi paragraf tersebut adalah . . . .
A.
Apotik, sistimatis, alfabet C. Apotek,
sistimatis, alfabet
B.
Apotik, sistematik, alfabetis D. Apotek, sistematis, afabetis
24.
Bacalah teks berikut!
Dalam rangka pendataan ulang calon Ujian Nasional 2015,
seluruh siswa kelas IX diminta menyerahkan fotokopi ijazah SD dan akte
kelahiran, masing-masing dua lembar, pasfoto berukuran 3 x 4 sebanyak 10
lembar. Semua kelengkapan tersebut diserahkan kepada wali kelas
masing-masing, paling lambat tanggal 20 Maret 2015.
|
Bentuk teks lain yang sesuai
dengan teks tersebut adalah . . .
A.
Semua siswa kelas IX agar segera menghadap
wali kelas masing-masing, untuk menyerahkan akte kelahiran, ijazah SD
masing-masing dua lembar dan pasfoto ukuran 3 x 4, untuk keperluan pendataan
ulang.
B.
Fotokopi ijazah SD dan akte kelahiran siswa
kelas IX sebanyak sepuluh lembar,pasfoto 3 x 4 sebanyak dua lembar, agar
diserahkan kepada wali kelas masing-masing, untuk pendataan ulang.
C.
Semua siswa kelas IX diharapkan segera
menyerahkan ijazah SD, akte kelahiran dan pasfoto ukuran 3 x 4 kepada wali
kelas masing-masing paling lambat tanggal 20 Maret 2015, untuk pendataan ulang.
D.
Semua siswa kelas IX, segera
menyerahkan fotokopi ijazah SD, akte kelahiran masing-masing dua lembar, pas
foto ukuran ukuran 3 x 4 sebanyak sepuluh lembar, kepada wali kelas, paling
lambat 20 Maret 2015.
25.
Perhatikan data buku tersebut!
Judul buku
: Kisah Kegigihan Siswa
Penulis
: Pipiek Senja
Tebal
: 386 halaman
Keunggulan
:- Banyak pelajaran dan kisah yang bisa menginspirasi hidup,
-Bahasa mudah
dipahami
-Ada gambar-gambar yang menarik
Kekurangan
:-Tidak dilengkapi glosarium
|
Paragraf
resensi yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah . . .
A.
Buku berjudul Kisah Kegigihan Siswa sangat
bagus. Buku ini mengisahkan perjuangan siswa setelah orang tuanya meninggal. Buku
ini layak dibaca banyak pelajaran dan kisah yang bisa menginspirasikan hidup.
Ditunjang dengan gambar yang menarik dilengkapi dengan glosarium, sayangnya
bahasanya sulit dipahami.
B.
Buku berjudul Kisah Kegigihan Siswa sangat
bagus untuk dibaca setiap orang. Buku setebal 386 halaman ini menentukan
seorang gadis yang merelakan masa mudanya untuk merawat panti asuhan. Buku ini
dilengkapi dengan gambar-gambar yang menarik, bahasanya mudah dipahami,
dilengkapi dengan glosarium.
C.
Buku berjudul Kisah Kegigihan Siswa ini sangat
bagus. Buku ini mengisahkan perjuangan tokoh siswa yang harus menegakkan
kembali panti asuhan yang hampir mati. Buku ini layak dibaca karena banyak
pelajaran dan kisah yang bisa menginspirasikan hidup. Bahasanya mudah dipahami,
ada glosarium, sayangnya gambar-gambar kurang menarik.
D.
Buku berjudul Kisah
Kegigihan Siswa ini sangat bagus. Buku ini layak dibaca karena banyak pelajaran
dan kisah yang bisa menginspirasikan hidup. Bahasanya mudah dipahami, ditunjang
dengan gambar-gambar yang menarik, sayangnya tidak dilengkapi glosarium.
26.
Perhatikan kalimat berikut!
Kalian harus berkaitan orang yang bersangkutan
bila ingin mengetahui perdebatannya lebih jelas lagi.
|
Penggunaan
kata yang tepat untuk mengganti kata bercetak miring pada kalimat tersebut
adalah . . . .
A.
Bersambung, perbincangannya C. Bertalian,
pembahasannya
B. Menghubungi, persoalannya D. Menghampiri, perselisihannya
27.
Perhatikan kalimat berikut!
Para hadirin sekalian, kita harus saling tolong menolong
menginformasikan cara mencegah penyakit kaki gajah.
|
Agar menjadi
kalimat efektif perbaikan kalimat tersebut adalah . . .
A.
Hadirin, kita harus saling tolong-menolong
menginformasikan cara mencegah penyakit kaki gajah.
B.
Hadirin, kita harus tolong menolong
menginformasikan cara mencegah penyakit kaki gajah.
C.
Hadirin sekalian, kita harus saling
tolong-menolong menginformasikan cara mencegah penyakit kaki gajah.
D.
Para hadirin sekalian, kita harus
tolong-menolong menginformasikan cara mencegah penyakit kaki gajah.
28.
Perhatikan paragraf berikut!
Tidur berbaring dengan posisi telentang [. .
.] karena akan menekan dan menyesakkan tulang punggung. Tidur tengkurap atau
menelungkup [. . .] untuk pernapasan. Keseringan tidur pada posisi kiri badan
[. . . ] kesehatan karena menghimpit jantung.
Kata
tepat digunakan untuk dalam kalimat tersebut
adalah . . . .
A.
Lebih sehat, sangat praktis, tidak mengganggu
B.
Akan sehat, lebih praktis, telah mengganggu
C.
Sangat sehat, sangat praktis, telah mengganggu
D.
Kurang sehat, tidak praktis, bisa
mengganggu
29.
Perhatikan paragraf
berikut!
Pemerintah Republik Indonesia telah [. . .]
bahwa tanggal 25 November merupakan hari Guru Nasional. Penetapan tersebut [. .
.] dengan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 yang [. . .] oleh Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru
dan Dosen dan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru. Tanggal 25
November sekaligus menjadi hari lahirnya Persatuan Guru Indonesia.
Kata
bentukan tepat
untuk melengkapi paragraf tersebut adalah . . . .
A.
menetapkan, dikuatkan, tertuang
B.
ditetapkan, dikuatkan, dituangkan
C.
menetapkan, menguatkan, menuangkan
D.
penetapan, dikuatkan, dituangkan
30.
Cermati paragraf
berikut!
Perusahaan merupakan sebuah organisasi yang
bergerak dalam bidang produksi barang
ataupun jasa. 2) Barang dan jasa tersebut untuk memenuhi kebutuhan kolega dan pelanggan. Sebagai sebuah
organisasi, perusahaan harus bersaing dengan perusahaan lainnya. 3) Agar dapat
tampil sebagai pemenang, menejemen
harus memiliki keunggulan. 4) salah satu keunggulan tersebut adalah keunggulan komparatif yang tecermin pada berbagai
pelayanan yang diberikan.
Kalimat yang
menggunakan kata tidak tepat dalam
paragraf tersebut adalah kalimat nomor . . . .
A.
1) C. 3)
B.
2 D.
4)
31.
Bacalah paragraf berikut!
Agar mampu menghadapi persaingan yang semakin
ketat, setiap orang harus mampu menjadi tenaga kerja yang handal, sekaligus memiliki nilai lebih sebagai karyawan. Apalagi
pada jaman sekarang, teknologi
merupakan aspek yang sangat dominan bagi kehidupan.
Penggunaan
kata handal dan jaman pada paragraf tersebut salah karena penulisan . .
A.
Kata-kata tersebut tidak padu
B.
Kata-kata tersebut bermakna ganda
C.
Kata-kata tersebut tidak baku
D.
Kata-kata tersebut tidak sesuai dengan konteks
kalimat
32.
Penggunaan ejaan tidak tepat terdapat pada
kalimat . . .
A.
Ayah sangat menyukai kursi dengan
ukiran jepara.
B.
Kakak memerlukan kunci inggris untuk
memperbaiki sepeda motornya.
C.
Harga pisang ambon lebih mahal daripada pisang
kepok.
D.
Keluargaku sangat menyukai nangka belanda.
33.
Pemakaian tanda
baca tidak tepat terdapat pada kalimat . . .
A.
Susan bertanya, “Siapakah yang akan mengikuti
lomba menari se-Bandung?”
B.
Jani menyelesaikan pendidikannya,
pada Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.
C.
Paman menasihati anaknya, “Bekerjalah dengan
rajin di negeri orang, Nak!”
D.
Meskipun begitu, dia tidak pernah berlaku
sombong kepada siapapun.
34.
Perhatikan kalimat berikut!
Jika
berwisata ke Palembang, jangan lupa membeli oleh-olehPempek palembang.
Penulisan huruf
kapital pada kalimat tersebut yang tepat adalah . . .
A.
Jika berwisata ke Palembang, jangan
lupa membeli oleh-oleh pempek palembang.
B.
Jika berwisata ke Palembang, jangan lupa membeli
oleh-oleh Pempek Palembang.
C.
Jika berwisata ke Palembang, jangan lupa
membeli oleh-oleh pempek Palembang.
D.
Jika berwisata ke Palembang, jangan lupa
membeli oleh-oleh pempek palembang.
35. Perhatikan kalimat berikut!
Ibu
membeli, alat-alat dapur, panci, piring, dan wajan.
Perbaikan
penggunaan tanda baca yang tepat adalah . . .
A.
Ibu membeli alat-alat dapur : panci, piring
dan wajan.
B.
Ibu membeli alat-alat dapur : panci,
piring, dan wajan.
C.
Ibu membeli alat-alat dapur ; panci, piring,
dan wajan.
D.
Ibu membeli alat-alat dapur, panci, piring,
dan wajan.
36. Perhatikan kalimat berikut!
Ibu
membeli oleh-oleh asinan bogor.
Kalimat
tersebut salah dalam penggunaan ejaan karena . . . .
A.
Huruf kapital seharusnya tidak dipakai sebagai
penjelas huruf pertama nama diri geografi yang digunakan sebagai penjelas nama
jenis.
B.
Huruf kapital seharusnya dipakai
sebagai huruf pertama nama diri geografi jika kata yang mendahuluinya
menggambarkan kekhasan budaya.
C.
Huruf kapital seharusnya dipakai sebagai huruf
pertama unsur-unsur nama geografi yang diikuti nama diri geografi.
D.
Huruf kapital dipakai sebagai penjelas huruf
pertama nama diri geografi yang digunakan sebagai penjelas nama jenis.
37.
Pelantikan kaninet Indonesia bersatu II
dipimpin oleh presiden.
Perbaikan penggunaan huruf kapital yang tepat pada kalimat
tersebut adalah . . .
A.
Pelantikan Kabinet Indonesia Bersatu II
dipimpin oleh Presiden.
B.
Pelantikan Kabinet Indonesia Bersatu
II dipimpin oleh presiden.
C.
Pelantikan kabinet Indonesia bersatu II
dipimpin oleh Presiden.
D.
Pelantikan kabinet Indonesia Bersatu II
dipimpin oleh Presiden.
38. Bacalah
kalimat-kalimat berikut!
|
Susunan
kalimat tersebut agar menjadi paragraf laporan yang padu adalah . . . .
A.
(2) – (1) – (3) – (4) – (5)
B.
(2) – (5) –(4) – (3) –
(1)
C.
(1) – (4) – (2) – (3) – (5)
D.
(3) – (4) – (1) – (5) – (2)
39. Perhatikan paragraf berikut!
Selama proses evakuasi berlangsung; Juki
terlihat gelisah. Dia khawatir tidak bisa berkumpul dengan keluarganya. Akan
tetapi: ketika di tempat pengungsian ia bertemu dengan semua anggota
keluarganya.
Perbaikan
kesalahan penggunaan tanda baca dalam paragraf tersebut adalah . . .
A.
Tanda titik (.) setelah kata berlangsung dan tanda koma (,) setelah
kata akan tetapi
B.
Tanda titik dua (:) setelah kata berlangsung dan tanda titik (.) setelah
kata akan tetapi
C.
Tanda koma (,) setelah kata berlangsung dan tanda koma (,) setelah
kata akan tetapi
D.
Tanda hubung (-) setelah kata berlangsung dan tanda koma (,) setelah
kata akan tetapi
40.
Perhatikan
kalimat berikut!
Di meja itu ada: buah anggur, jeruk, dan manggis.
|
Alasan
penggunaan tanda baca tersebut tidak tepat adalah . . .
A.
Tanda titik dua hanya dipakai dalam naskah
drama sesudah kata yang menunjukkan pelaku dalam percakapan.
B.
Tanda titik dua hanya dipakai
sesudah kata atau ungkapan yang memerlukan pemerian.
C.
Tanda titik dua dalam kalimat tersebut dipakai
pada akhir suatu pernyataan lengkap yang diikuti pemerian.
D.
Tanda titik dua dalam kalimat tersebut tidak
dipakai jika pemerian itu merupakan pelengkap yang mengakhiri
pernyataan.
EmoticonEmoticon