RPP Pemodelan Teks Biografi


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan     : SMP Negeri 1 Batangan
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester           : VIII/ Gasal
MateriPokok               : Teks Biografi
Tema                           : Teks Fabel
Subtema                      : Ki Hajar Dewantara
AlokasiWaktu             : 6 x pertemuan (12 JP)

A.   Kompetensi Inti:
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.   Kompetensi Dasar
1.1  Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya.
1.2  Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulisan.
1.3  Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
2.5  Memiliki perilaku jujur dan percaya diri dalam pengungkapan kembali peristiwa hidup diri sendiri dan orang lain
3.1  Memahami teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan.
3.2  Membedakan teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan.
3.3  Mengklasifikasi teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan.
4.1  Menangkap makna teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan.

C.   Kompetensi Dasar dan Indikator
No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.1 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
1.1.1 Menunjukkan rasa syukur terhadap kebesaran Tuhan YME atas keberadaan bahasa Indonesia untuk mempersatukan bangsa Indonesia
2
1.2 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulisan.
1.2.1        menggunakan Bahasa Indonesia untuk sarana kegiatan belajar di lingkungan sekolah dalam bentuk lisan
1.2.2        menggunakan bahasa Indonesia untuk sarana kegiatan belajar di lingkungan sekolah dalam  bentuk tulis
3
2.5 Memiliki perilaku jujur dan percaya diri dalam pengungkapan kembali peristiwa hidup diri sendiri dan orang lain
2.5.1        Terbiasa  Jujur dalam mengungkapkan kegiatan.
2.5.2        Terbiasa percaya diri dalam mengung kapkan kegiatan
3
3.1  Memahami teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan
3.1.1  Menjelaskan struktur teks cerita moral;
3.1.2  Menjelaskan ciri-ciri bahasa (fitur bahasa) teks cerita moral


3.2  Membedakan teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan.
3.2.1         Membedakan teks cerita moral/fabel dengan teks biografi dilihat dari struktur isi.
3.2.2        Membedakan teks cerita moral/fabel dengan teks biografi dilihat dari fitur bahasanya.


3.3  Mengklasifikasi teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan
3.3.1     Menentukan  teks biografi berdasarkan struktur teksnya.
3.3.2     Menentukan teks biografi berdasarkan ciri-ciri kebahasaannya

4.1  Menangkap makna teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan
4.1.1  memaknai kata dan istilah dalam biografi
4.1.2    memaknai isi teks biografi

D. Materi Pembelajaran
Pertemuan ke-1
1.  Membangun konteks (hlm. 36-38)
2.  Pengertian teks biografi
Teks biografi (biography) merupakan teks yang mengisahkan tokoh atau pelaku, peristiwa, dan masalah yang dihadapinya.

     Pertemuan kedua
     1.  Pemodelan teks biografi “Ki Hajar Dewantara: Bapak Pendidikan Indonesia” (hlm. 38-39)
2.  Pemahaman Isi teks biografi  

Pertemuan ketiga
     Pengenalan struktur teks biografi (hlm 42-44)
Struktur isi:
Struktur/bentuk teks biografi:
Orientasi/pengenalan  tokoh
Rangkaian peristiwa dan masalah
Reorientasi

Pertemuan keempat
     Mengidentifikasi kata hubung koordinatif dan subordinatif (hlm. 45-47).
    
     Pertemuan kelima
     Kata rujukan dan kata kerja (hlm. 47-49)

Pertemuan keenam
Memahami puisi

E. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.    Perserta didik merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi siswa dan kelas
2.    Perserta didik merespon pertanyaan dari guru tentang keterkaitan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
3.    Untuk memberikan motivasi peserta didik dalam pembelajaran memahami teks biografi, guru menampilkan satu teks biografi
4.    Perserta didik disiapkan untuk mengikuti pelajaran tentang teks biografi dengan menanyakan teks cerita moral dan teks biografi yang pernah mereka baca.
5.    Perserta didik menerima informasi tentang tujuan pembelajaran dan manfaat pembelajaran.
6.    Perserta didik menyimak pencapaian cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran
10 menit
Kegiatan
Inti
Mengamati
1.    Peserta didik membaca dalam hati teks biografi dengan cermat.
Menanya
2.    Dengan percaya diri, peserta didik menanyakan teks biografi dan teks cerita moral yang dibaca.
Mengeksplorasikan
3.    Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok dengan anggota 5-6 orang. Untuk menarik perhatian mereka, guru menyediakan nama-nama kelompok sesuai dengan tokoh yang mereka idolakan.
Mengasosiasi
4.    Peserta didik mendiskusikan ciri teks biografi dengan santun, jujur, percaya diri, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Mengomunikasikan
5.    Peserta didik membandingkan hasil diskusi teks biografi  antarteman dalam kelompoknya dengan jujur, percaya diri, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
6.    Masing-masing kelompok peserta didik mempresentasikan teks biografi dengan jujur, percaya diri, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, kemudian ditanggapi oleh kelompok peserta didik yang lain dalam diskusi kelas.

60 menit
Kegiatan
Penutup
1.   Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.   Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami perbedaan teks eksposisi, argumentasi, dan persuasi.
3.   Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam memahami perbedaan teks biografi
4.   Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.
10 menit

     Pertemuan ke-2
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.   Peserta didik merespon salam, pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
2.   Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3.   Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
10 menit
Kegiatan
Inti
Mengamati
1.      Peserta didik membaca teks biografi.
Menanya
2.      Peserta didik menanya tentang teks biografi.
Mengeksplorasikan
3.      Peserta didik menandai bagian-bagian teks biografi.
4.      Peserta didik menandai pilihan kata yang merupakan penciri teks biografi.
Mengaosiasi
5.      Peserta didik dalam kelompok mendiskusikan tentang makna kata dalam teks biografi
6.      Peserta didik dalam kelompok mendiskusikan ciri-ciri bahasa teks biografi.
7.      Peserta didik menjelaskan isi teks biografi.
Mengomunikasikan
8.      Peserta didik berkelompok menyebutkan hal yang paling berkesan.
9.      Setiap kelompok menampilkan hasil diskusinya, kelompok lain menanggapi.
60 menit
Kegiatan
Penutup
1.   Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.   Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami teks biografi.
3.   Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam memahami perbedaan teks teks biografi.
4.   Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.
10 menit

Pertemuan ketiga
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.   Peserta didik merespon salam, pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
2.   Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3.   Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
10 menit
Kegiatan
Inti
Mengamati
1.      Membaca teks   biografi  (sebagai pemodelan)  dengan cermat  untuk melihat bentuk/struktur  teks (orientasi, peristiwa, dan reorientasi)
2.      Membaca  teks  model  biografi   untuk  memahami  unsur kebahasaan/ciri-ciri bahasa  teks biografi ( penggunaan kalimat, kata hubung, kata rujukan, kata kerja, )

Menanya
3.      Menanya  tentang  perbedaan  teks  biografi dan teks cerita moral/fabel   berdasarkan  struktur  dan  ciri-ciri  bahasa  kedua  teks  tersebut

Mengumpulkan informasi
4.      Berdiskusi  tentang  perbedaan bentuk/ struktur   dan  ciri-ciri  bahasa  teks  biografi dan teks cerita moral/fabel (berdasar-kan  pembelajaran  sebelumnya)

Menalar/Mengasosiasi
5.      Menggunakan unsur kebahasaan (frasa, kata sifat,  kata  baku,  konjungsi)  untuk  kemahiran berbahasa dalam   mendukung pemahaman  terhadap   teks biografi
6.      Menyimpulkan  perbedaan teks biografi   dengan teks  teks lain  berdasarkan  bentuk/struktur  teks

Mengomunikasikan
7.      Menyampaikan  hasil  simpulan  tentang  perbedaan   teks  biografi  dan   teks cerita moral/fabel berdasarkan  bentuk/struktur  teks  dan  ciri-ciri  bahasa  masnig-masing  teks tersebut.
60 menit
Kegiatan
Penutup
1.   Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.   Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami perbedaan teks biografi dengan teks lain.
3.   Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam memahami perbedaan teks biografi dengan teks lain.
4.   Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.
10 menit

Pertemuan keempat
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.   Peserta didik merespon salam, pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
2.   Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3.   Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
10 menit
Kegiatan
Inti
Mengamati
1.      Membaca  teks  model  biografi   untuk  memahami  unsur kebahasaan/ciri-ciri bahasa  teks biografi ( penggunaan kalimat, kata hubung, kata rujukan, kata kerja, )

Menanya
2.      Menanya  tentang  perbedaan  teks  biografi dan teks cerita moral/fabel   berdasarkan  struktur  dan  ciri-ciri  bahasa  kedua  teks  tersebut

Mengumpulkan informasi
3.      Berdiskusi  tentang  ciri-ciri  bahasa  teks   biografi (kata hubung , pilihan kata, kata rujukan kata kerja)
4.      Berdiskusi  tentang  perbedaan bentuk/ struktur   dan  ciri-ciri  bahasa  teks  biografi dan teks cerita moral/fabel (berdasar-kan  pembelajaran  sebelumnya)

Menalar/Mengasosiasi
5.      Menemukan  te ks  biografi  dari  berbagai  sumber  dan   mengidentifikasi  struktur /bentuk  dan  ciri-ciri  bahasa   berdasarkan hal-hal  yang   yang   telah  dipelajari
6.      Menggunakan unsur kebahasaan (frasa, kata sifat,  kata  baku,  konjungsi)  untuk  kemahiran berbahasa dalam   mendukung pemahaman  terhadap   teks biografi
7.      Menyimpulkan  perbedaan teks biografi   dengan teks  teks lain  berdasarkan  bentuk/struktur  teks

Mengomunikasikan
8.      Menyampaikan hasil pemahaman  tentang  bentuk /struktur   teks biografi   dan  ciri-ciri  bahasanya
9.      Menyampaikan  hasil  simpulan  tentang  perbedaan   teks  biografi  dan   teks cerita moral/fabel berdasarkan  bentuk/struktur  teks  dan  ciri-ciri  bahasa  masnig-masing  teks
60 menit
Kegiatan
Penutup
1.   Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.   Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami perbedaan teks eksposisi, argumentasi, dan persuasi.
3.   Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam memahami perbedaan teks biografi.
4.   Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.
10 menit

Pertemuan Kelima
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.   Peserta didik merespon salam, pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
2.   Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3.   Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
10 menit
Kegiatan
Inti
Mengamati
1.    Membaca  teks  model  biografi   untuk  memahami  unsur kebahasaan/ciri-ciri bahasa  teks biografi ( penggunaan kalimat, kata hubung, kata rujukan, kata kerja, )

Menanya
2.    Menanya  tentang  perbedaan  teks  biografi dan teks cerita moral/fabel   berdasarkan  struktur  dan  ciri-ciri  bahasa  kedua  teks  tersebut

Mengumpulkan informasi

Menalar/Mengasosiasi
3.        Menyimpulkan fungsi sosial  teks biografi
4.        Menentukan  isi  teks biografi   ke dalam  struktur /bentuk  teks
5.        Menemukan  te ks  biografi  dari  berbagai  sumber  dan   mengidentifikasi  struktur /bentuk  dan  ciri-ciri  bahasa   berdasarkan hal-hal  yang   yang   telah  dipelajari
6.        Menggunakan unsur kebahasaan (frasa, kata sifat,  kata  baku,  konjungsi)  untuk  kemahiran berbahasa dalam   mendukung pemahaman  terhadap   teks biografi
7.        Menyimpulkan  perbedaan teks biografi   dengan teks  teks lain  berdasarkan  bentuk/struktur  teks

Mengomunikasikan
8.      Menyampaikan hasil pemahaman  tentang  bentuk /struktur   teks biografi   dan  ciri-ciri  bahasanya
9.      Menyampaikan  hasil  simpulan  tentang  perbedaan   teks  biografi  dan   teks cerita moral/fabel berdasarkan  bentuk/struktur  teks  dan  ciri-ciri  bahasa  masnig-masing  teks
60 menit
Kegiatan
Penutup
1.   Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.   Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat mengidentifikasi kata sandang si dan sang.
3.   Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang kata sandang si dan sang.
4.   Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.
10 menit


Pertemuan Keenam
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.   Peserta didik merespon salam, pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
2.   Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3.   Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
10 menit
Kegiatan
Inti
Mengamati
1.           Membangun konteks melalui mengamati gambar, menyanyikan lagu, membacakan puisi, dll sesuai dengan tema.

Menanya
2.           Menanya tentang fungsi sosial  teks biografi
3.           Menanya  tentang  perbedaan  teks  biografi dan teks cerita moral/fabel   berdasarkan  struktur  dan  ciri-ciri  bahasa  kedua  teks  tersebut

Mengumpulkan informasi
4.           Berdiskusi  tentang  perbedaan bentuk/ struktur   dan  ciri-ciri  bahasa  teks  biografi dan teks cerita moral/fabel (berdasar-kan  pembelajaran  sebelumnya)

Menalar/Mengasosiasi
5.           Menyimpulkan  perbedaan teks biografi   dengan teks  teks lain  berdasarkan  bentuk/struktur  teks

Mengomunikasikan
6.           Menyampaikan  hasil  simpulan  tentang  perbedaan   teks  biografi  dan   teks cerita moral/fabel berdasarkan  bentuk/struktur  teks  dan  ciri-ciri  bahasa  masnig-masing  teks

60 menit
Kegiatan
Penutup
1.   Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.   Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat mengidentifikasi kata keterangan dan kata hubung.
3.   Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang kata keterangan dan kata hubung.
4.   Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.
10 menit

F. Penilaian
1.  Sikap Spiritual dan Sosial
a. Teknik Penilaian        : Observasi
b. Bentuk Instrumen      : Lembar Observasi
c. Kisi-Kisi                     :
No
Sikap / Nilai
Indikator
Butir Pertanyaan
1
Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulisan.
ü  menggunakan Bahasa Indonesia untuk sarana kegiatan belajar di lingkungan sekolah dalam bentuk lisan
ü  menggunakan bahasa Indonesia untuk sarana kegiatan belajar di lingkungan sekolah dalam  bentuk tulis
A.1
2
Jujur
Menunjukkan perilaku jujur dalam menanggapi hal-hal atau kejadian,

A.2
3
Tanggung jawab
menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam menanggapi hal-hal atau kejadian
A.3
4
Santun
menunjukkan perilaku santun  dalam menanggapi hal-hal atau kejadian
A.4

Lampiran A.1
LEMBAR PENILAIAN DIRI SIKAP SPIRITUAL
PETUNJUK
1.    Lembaran ini diisi oleh guru/teman untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam percaya diri.
2.    Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap percaya diri yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 =  sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik                : ………………….
Kelas                                       : ………………….
Tanggal Pengamatan               : …………………..
Materi Pokok                          : …………………..

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi




4
Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan




5
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan




Jumlah Skor





Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
                                                    

Lampiran A.2
Pedoman Jujur
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh peserta didik sendiri untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam percaya diri. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap percaya diri yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan


Nama Peserta Didik                     : ………………….
Kelas                                            : ………………….
Tanggal Pengamatan                    : …………………..
Materi Pokok                               : Teks Biografi


No
Aspek Pengamatan
Skor
4
3
2
1
1
Tidak nyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas




2
Tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas




3
Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya




4
Melaporkan data atau informasi apa adanya




5
Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki




Jumlah Skor





Lampiran A.3
Pedoman Observasi Percaya Diri

Nama Peserta Didik                     : ………………….
Kelas                                            : ………………….
Tanggal Pengamatan                    : …………………..
Materi Pokok                               : Teks Biografi


No
Aspek Pengamatan
Skor
4
3
2
1
1
Berani melakukan segala sesuatu tanpa ragu-ragu




2
Berani mengambil keputusan secara cepat dan bisa dipertanggungjawabkan




3
Tidak mudah putus asa




4
Berani menunjukkan kemampuan yang dimiliki di depan orang banyak




5
Berani mencoba hal-hal yang baru




Jumlah Skor




                       

     2.  Pengetahuan (Pertemuan ke-1)
a. Teknik Penilaian        : Tes Tertulis
b. Bentuk Instrumen      : Uraian non Objektif (UNO)
c. Kisi-Kisi                     :
No.
Indikator
Butir Instrumen
1.
Menjawab pertanyaan isi
B.1
2.
Menjelaskan struktur teks biografi;
B.2
3.
Menjelaskan ciri-ciri bahasa (fitur bahasa) teks biografi
B.3

B. 1   Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
Sebelum kamu membaca dan memahami teks biografi di bawah ini, jawablah pertanyaan berikut!
1.    Menurut pendapatmu, siapakah yang dikatakan inspirator bangsa?
2.    Apakah kamu mengenal seseorang atau tokoh yang telah berjasa pada bangsa dan negara Indonesia?
3.    Apakah dia dapat dijadikan sebagai inspirator bangsa? Berikan alasanmu!
4.    Apakah kamu juga mengenal tokoh atau pahlawan yang berasal dari daerahmu?
5.    Mengapakah dia disebut pahlawan? Apakah jasa dan prestasi yang pernah diberikannya pada bangsa dan negara?
6.    Apakah pelajar, olahragawan, atau artis dapat juga dikatakan sebagai inspirator bangsa?
7.    Coba kamu sebutkan pelajar, olahragawan, atau artis yang dapat dikatakan sebagai inspirator bangsa? Mengapa dia disebut inspirator bangsa?
8.    Mengapa kita tidak boleh melupakan jasa inspirator bangsa?
9.    Setujukah kamu dengan pernyataan bahwa Ki Hajar Dewantara merupakan inspirator bangsa?
10.  Berikan alasan mengapa kamu setuju atau tidak setuju!

KEMUNGKINAN JAWABAN
1.    Para pahlawan.
2.    Ya. Ir. Soekarno; Moh. Hatta, Diponegoro, dan lain-lain.
3.    Ya dapat dijadikan inspirator bangsa karena mereka berjasa pada bangsa dan negara.
4.    Ya. Misalnya Adipati Pati Pragola. Namanya diabadikan menjadi nama stadion di Pati.
5.    Bagi Pati, dia pahlawan untuk mempertahankan Pati dari kekuasaaan Mataran.
6.    YA.
7.    Pelajar yang menjadi anggota Paskibraka di istana negara.
       Olahragawan seperi Rudi Hartono, Liem Swe King adalah pahlawan olahraga.
       Artis macam Dedy Miswar.
8.    Karena kita tidak boleh melupakan sejarah.
9.    Ya, saya setuju.
10.  Karena atas jasa beliau, pendidikan Indonesia bisa maju.

NORMA PENILAIAN
1.  Jumlah soal                                : 10 butir
2.  Skor jawaban benar tiap butir    : 1
3.  Jawaban setengah benar            : 0,2
3.  Skor maksimal                           : 10
4. 
Nilai =
Skor yang diperoleh
X 100%
Skor maksimal

3.  Pengetahuan (Pertemuan ke-2)
a. Teknik Penilaian        : Tes Tertulis
b. Bentuk Instrumen      : Uraian non Objektif (UNO)
c. Kisi-Kisi                     :
No.
Indikator
Butir Instrumen
1.
Menjawab pertanyaan isi
B.1
2.
Menjelaskan struktur teks biografi;
B.2
3.
Menjelaskan ciri-ciri bahasa (fitur bahasa) teks biografi
B.3

B. 1   Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
Setelah membaca teks “Ki Hajar Dewantara: Bapak Pendidikan Indonesia” di atas, dapatkah kamu memahami makna teks tersebut? Untuk mengetahui pemahamanmu, jawablah pertanyaan berikut!
1.    Siapakah nama asli Ki Hajar Dewantara dan mengapa dia mengganti namanya?
2.    Ke manakah Ki Hajar Dewantara melanjutkan pendidikan setelah tamat dari Sekolah Dasar Belanda ?
3.    Sebagai wartawan, tulisan-tulisan Ki Hajar Dewantara digemari para pemuda ketika itu. Sebutkan dua alasan mengapa mereka menggemari tulisan-tulisan Ki Hajar Dewantara?
4.    Mengapa pemerintah kolonial Belanda melalui Gubernur Jendral Idenburg menjatuhkan hukum buang (internering) kepada Ki Hajar Dewantara?
5.    Mengapa Ki Hajar Dewantara dijadikan sebagai Bapak Pendidikan Indonesia?
6.    Tulislah dua hal yang menggambarkan bahwa apa yang telah dilakukan Ki Hajar Dewantara dapat memberi inspirasi bagimu dalam mencapai cita-cita!
7.    Manfaat apa yang dapat kamu peroleh setelah membaca teks biografi “Ki Hajar Dewantara: Bapak Pendidikan Indonesia?
8.    Pada bagian (nomor pada teks) berapa ditemukan informasi umum tentang Ki Hajar Dewantara?
9.    Pada bagian (nomor pada teks) berapa pula kamu dapat menemukan bentukbentuk perjuangan yang dilakukan Ki Hajar Dewantara?
10.  Bagaimana dengan bagian nomor enam teks tersebut? Apa yang disampaikan oleh penulis?

KEMUNGKINAN JAWABAN
1.        Raden Mas Soewardi Soeryaningrat.
2.        Beliau melanjutkan melanjutkan pendidikannya ke STOVIA (Sekolah Dokter Bumiputera).
3.        Tulisannya sangat komunikatif, tajam, dan patriotik sehingga mampu membangkitkan semangat antikolonial bagi pembacanya.
4.        Karena menulis karangan berjudul “Als Ik Eens Nederlander Was (Seandainya Aku Belanda) dan Een voor Allen maar Ook Allen voor Een (Satu untuk Semua, tetapi Semua untuk Satu Juga.
5.        Pahlawan pendidikan. Berjasa mendirikan perguruan Taman Siswa.
6.        Dapat asal berprestasi.
7.        Rudi hartono, Liem Swei King, Ribut Waidi
8.        Agar kita dapat meniru jasanya
9.        Setuju.
10.    Karena perjuangannya:
a.  Meninggalan sebutan Raden Mas demi berjuang.
b.  Menentang penjajahan belanda.
c.  aktif menulis.


NORMA PENILAIAN
1.  Jumlah soal                                : 10 butir
2.  Skor jawaban benar tiap butir    : 1
3.  Jawaban setengah benar            : 0,5
3.  Skor maksimal                           : 10
4. 
Nilai =
Skor yang diperoleh
X 100%
Skor maksimal


4.  Keterampilan (Pertemuan ke-3)
a. Teknik Penilaian        : Tes Tertulis
b. Bentuk Instrumen      : Uraian non Objektif (UNO)
c. Kisi-Kisi                     :
No.
Indikator
Butir Instrumen
1.
Membedakan strukur teks biografi dengan teks fabel
C.1
2.
Menjelaskan ciri-ciri bahasa (fitur bahasa) teks biografi
C.2

C.1 Bacalah dengan saksma teks biografi berjudul “Ki Hajar Dewantara:  Bapak Pendidikan Indonesia” (hlm 43 – 44)
C.2 Bacalah dengan saksama teks berikut!
Dongeng Rusa dan Kura-Kura
1.        Zaman dauhlu hiduplah seekor rusa pada zaman dahulu. Ia sangat sombong lagi pemarah. Sering ia meremehkan kemampuan hewan lain. Pada suatu hari si rusa berjalan-jalan di pinggir danau. Ia bertemu dengan kura-kura yang terlihat hanya mondar-mandir saja. "Kura-kura, apa yang sedang engkau lakukan di sini?"
2.        "Aku sedang mencari sumber penghidupan," jawab si kura-kura.
3.        Si rusa tiba-tiba marah mendengar jawaban si kura-kura. "Jangan berlagak engkau, hei kura- kura! Engkau hanya mondar-mandir saja namun berlagak tengah mencari sumber penghidupan!"
4.        Si kura-kura berusaha menjelaskan, namun si rusa tetap marah. Bahkan, si rusa mengancam akan menginjak tubuh si kura-kura. Si kura-kura yang jengkel akhirnya menantang untuk mengadu kekuatan betis kaki.
Cerita Hewan Fabel Dongeng Rusa dan Kura-Kura
5.        Si rusa sangat marah mendengar tantangan si kura-kura untuk mengadu betis. Ia pun meminta agar si kura-kura menendang betisnya terlebih dahulu. "Tendanglah sekeras-kerasnya, semampu yang engkau bisa lakukan!"
6.        Si kura-kura tidak bersedia melakukannya. Katanya, "Jika aku menendang betismu, engkau akan jatuh dan tidak bisa membalas menendangku."
7.        Si rusa kian marah mendengar ucapan si kura- kura. Ia pun bersiap-siap untuk menendang. Ia berancang-ancang. Ketika dirasanya tepat, ia pun menendang dengan kaki depannya sekuat-kuatnya.
8.        Ketika si rusa mengayunkan kakinya, si kura-kura segera memasukkan kaki-kakinya ke dalam tempurungnya. Tendangan rusa hanya mengenai tempat kosong. Si rusa sangat marah mendapati tendangannya tidak mengena. Ia lantas menginjak tempurung si kura-kura dengan kuat. Akibatnya tubuh si kura-kura terbenam ke dalam tanah. Si Rusa menyangka si kura-kura telah mati. Ia pun meninggalkan si kura-kura.
9.        Si kura-kura berusaha keras keluar dari tanah. Setelah seminggu berusaha, si kura-kura akhirnya berhasil keluar dari tanah. Ia lalu mencari si rusa. Ditemukannya si rusa setelah beberapa hari mencari. "Bersiaplah Rusa, kini giliranku untuk menendang."
10.    Si rusa hanya memandang remeh kemampuan si kura-kura. "Kerahkan segenap kemampuanmu untuk menendang betisku. Ayo, jangan ragu-ragu!"
11.    Si kura-kura bersiaga dan mengambil ancang-ancang di tempat tinggi. Ia lalu menggelindingkan tubuhnya. Ketika hampir tiba di dekat tubuh si rusa, ia pun menaikkan tubuhnya hingga tubuhnya melayang. Si kura-kura mengincar hidung si rusa. Begitu kerasnya tempurung si kura-kura mengena hingga hidung si rusa putus. Seketika itu si rusa yang sombong itu pun mati.
12.    Akhirnya rusa sadar, bahwa watak sombong dan meremehkan kemampuan orang lain hanya akan mendatangkan kerugian dan penyesalan di kemudian hari.
Diunduh 15 September 2015

Bergabunglah dengan kelompok kalian, kemudian jawablah pertanyaan berikut dengan mendiskusikan dengan teman sekelompok kalian!
1.    Perbedaan struktur teks
No
Teks 1: Ki Hajar Dewantara:  Bapak Pendidikan Indonesia
Teks 2: Dongeng Rusa dan Kura-Kura

Struktur
Nomor paragraf
Struktur
Nomor paragraf
1.
Orientasi




2.





3.





4.



Koda

2.    Fitur Bahasa Teks Biografi
Tuliskan 10 kata kerja transitif pada paragraf ke-2 dan ke-3 teks berjudul Ki Hajar Dewantara:  Bapak Pendidikan Indonesia” (hlm 43 – 44)
Jawaban:
a.  __________________________________________________
b.  __________________________________________________
c.  __________________________________________________
d.  __________________________________________________
e.  __________________________________________________
f.  __________________________________________________
g.  __________________________________________________
h.  __________________________________________________
i.   __________________________________________________
j.   __________________________________________________

KEMUNGKINAN JAWABAN

1.    Perbedaan struktur teks
No
Teks 1: Ki Hajar Dewantara:  Bapak Pendidikan Indonesia
Teks 2: Dongeng Rusa dan Kura-Kura

Struktur
Nomor paragraf
Struktur
Nomor paragraf
1.
Orientasi
1
Orientasi
1
2.
Peristiwa dan masalah
2, 3, 4, 5
Komplikasi
2,3,4,5,6,7
3.
Reorientasi
6
Resolusi
8, 9, 10, 11
4.


Koda
12

2.    Fitur Bahasa Teks Biografi
a.       Menamatkan
b.      Melanjutkan
c.       Membangkitkan
d.      Menyosialisasikan
e.       Menggugah
f.       Menyampaikan
g.      Mendirikan
h.      Membangkitkan
i.        Menggerakkan
j.        Menentang

NORMA PENILAIAN
Soal nomor 1
1.  Teks 1 urutan orientasi, peristiwa dan masalah, dan reorientasi benar       : skor 2
2.  Nomor orientasi, peristiwa dan masalah, dan reorientasi benar                 : skor 3
3.  Teks 2, urutan orientasi, komplikasi, resolusi benar                                   : skor 2
4.  Nomor urutan orientasi, komplikasi, resolusi benar                                   : skor 3
Jumlah skor maksimal : 20

Soal nomor 2  
1.  Jumlah soal                                     : 10 butir
2.  Skor jawaban benar tiap butir        : 1
3.  Jawaban setengah benar                 : 0,5
3.  Skor maksimal                                : 10
4. 
Nilai =
Skor yang diperoleh
X 100%
Skor maksimal



5.  Keterampilan (Pertemuan ke-4)
a. Teknik Penilaian        : Tes Tertulis
b. Bentuk Instrumen      : Uraian non Objektif (UNO)
c. Kisi-Kisi                     :
No.
Indikator
Butir Instrumen
1.
Mengidentiikasi unsur kebahasaan teks biografi
D.1
2.
Menjelaskan ciri-ciri bahasa (fitur bahasa) teks biografi
D.2


D.1    Berdasarkan teks Ki Hajar Dewantara: Bapak Pendidikan Indonesia, gunakan konjungsi dalam pada kolom berikut!

No
Konjungsi
Kalimat
1
dan

2
Tetapi

3
Lalu

4
Kemudian

5
Meskipun demikian

6
Akan tetapi

7
Serta

8
Baik … maupun

9
Tidak hanya …

10
Agar


D.2    Tuliskan tiga kata rujukan dalam teks tersebut!
NORMA PENILAIAN
1.  Jumlah soal                                : 13 butir
2.  Skor jawaban benar tiap butir    : 1
3.  Skor maksimal                           : 13
4. 
Nilai =
Skor yang diperoleh
X 100%
Skor maksimal

6.  Keterampilan (Pertemuan ke-5)
a. Teknik Penilaian        : Tes Tertulis
b. Bentuk Instrumen      : Uraian non Objektif (UNO)
c. Kisi-Kisi                     :
No.
Indikator
Butir Instrumen
1.
Menggunakan kata dalam kalimat.
D.1

Kerjakan dengan kelompokmu lembar kegiatan pada buku siswa hlm. 49!

7.  Keterampilan (Pertemuan ke-6)
a. Teknik Penilaian        : Tes Tertulis
b. Bentuk Instrumen      : Uraian non Objektif (UNO)
c. Kisi-Kisi                     :

No.
Indikator
Butir Instrumen
1.
Memahami puisi
D.1

Setelah kamu membaca Ki Hajar Dewantara, jawablah pertanyaan berikut.
1.  Bagaimana perasaanmu setelah membaca puisi tersebut?
2. Dapatkah kamu membayangkan gambaran tentang tokoh Ki Hajar Dewantara dalam puisi tersebut? Ternyata, puisi tersebut tidak hanya menggambarkan semangat kepahlawanan yang diperlihat Ki Hajar Dewantara, tetapi juga memiliki pesan bahwa Ki Hajar Dewantara berupaya memberantas kebodohan.
3. Coba kamu cermati lagi bait ketujuh puisi tersebut. Apa yang ingin disampaikan pengarang di dalam bait tersebut?
4. Mengapa pengarang mengatakan Ki Hajar Dewantara sebagai pahlawan pendidikan?
5. Apakah semangat dan perjuangan yang diperlihatkan Ki Hajar Dewantara dalam puisi tersebut dapat menjadi inspirasi bagimu dalam mencapai cita-cita?

NORMA PENILAIAN
1.  Jumlah soal                                : 5 butir
2.  Skor jawaban benar tiap butir    : 2
3.  Skor maksimal                           : 10
4. 
Nilai =
Skor yang diperoleh
X 100%
Skor maksimal

G. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media Pembelajaran: Teks fabel
2.  Alat Pelajaran
a.  Kamus Bahasa Indonesia
b.  Lembar Kegiatan Siswa
c.  Buku Siswa
     3.  SumberBelajar
a.  Alwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi IV. Jakarta: Balai Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
b.  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014.a. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayan. hlm. 1-10.
c.  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014.b. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayan.
d.  Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2010. Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: KementrianPendidikan dan Kebudayaan.

Mengetahui
Kepala SMP Negeri 1 Batangan,



Susanto, S. Pd., M. M.
NIP 19570930 197903 1 005

Batangan, 1 Oktober 2015
Guru Mata Pelajaran,



Bambang Sukamto, M. Pd.
NIP 19600522 198403 1 004



Previous
Next Post »