Soal Try Out Bahasa Indonesia SMP



DOKUMEN NEGARA

UTAMA
       


SANGAT RAHASIA
 



 DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN PATI
SMP NEGERI 1 BATANGAN
Jalan Raya Batangan – Jaken Km. 1,5 Batangan
 

UJICOBA TAHAP I
TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Mata Pelajaran
Kelas  
: Bahasa Indonesia
: IX (sembilan)
Hari, tanggal
Waktu
: Senin, 18 Januari  2016
: 120 menit

PETUNJUK UMUM
1.    Isikan identitas Anda ke dalam Lembar Jawaban Ujian Sekolah yang tersedia dengan menggunakan ballpoint!
2.    Tersedia waktu 120 menit untuk mengerjakan paket tes tersebut!
3.    Jumlah soal sebanyak 50 butir, pada setiap butir soal terdapat 4 (empat) pilihan jawaban.
4.    Periksa dan bacalah soal-soal sebelum menjawabnya!
5.    Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau kurang lengkap!
6.    Mintalah kertas buram kepada pengawas ujian bila diperlukan!
7.    Tidak diizinkan menggunakan kalkulator, HP, tabel matematika atau alat bantu hitung lainnya!
8.    Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian!
9.    Lembar soal boleh digaris bawah atau ditandai!
SELAMAT MENGERJAKAN
PETUNJUK KHUSUS
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d yang paling bena

1.      Bacalah dengan saksama teks berikut ini!
Baju ruang angkasa merupakan pakaian yang dikenakan saat berada di luar angkasa. Baju ruang angkasa       sering dipakai di dalam pesawat ruang angkasa sebagai tindakan pencegahan keamanan dalam kasus hilangnya tekanan kabin. Selain itu digunakan  untuk kendaraan kegiatan ekstra atau extra-vehicular activity (EVA). Baju ruang angkasa telah dipakai untuk pekerjaan tersebut di orbit Bumi, di permukaan Bulan, dan perjalanan kembali ke Bumi dari Bulan.   
Ide pokok teks tersebut adalah …
A. fungsi baju ruang angkasa
B. manfaat baju ruang angkasa
C. penggunaan baju ruang angkasa
D. cara menggunakan baju ruang angkasa.

2.     Bacalah teks berikut.
Angka partisipasi pemilih pada Pilkada serentak 9 Desember mendapat sorotan. Data sementara, partisipasi pemilih rata-rata sekitar 50% sampai 60%. Capaian target yang ditetapkan KPU sebesar 77,5%. Bahkan di wilayah seperti Kota Medan, partisipasi pemilih hanya sekitar 26%. Di Pacitan angka partisipasi hanya diikuti sekitar 60% pemilih dari total daftar pemilihan tetap 467.890 orang. Di Kabupaten Bangka Tengah, partisipasi hanya mencapai 61%. Di Daerah Istimewa Yogyakarta, rata-rata tingkat partisipasi pemilih juga tak mencapai target. (Koran Sindo: 11 Desember 2015)
Simpulan dari teks tersebut adalah …
A. Pilkada serentak tanggal 9 Desember tidak sesuai tujuan.
B. Pelaksanaan Pilkada 9 Desember mengecewakan masyarakat.
C. Keikutsertaan masyarakat pada Pilkada 9 Desember memprihatinkan.
D. Jumlah pemilih pada Pilkada 9 Desember didominasi masyarakat di desa

3.      Baca dengan saksama teks berikut!
      Penerapan denda maksimal terhadap pelanggar aturan lalu lintas di Jakarta akan diperluas pada akhir 2013. Sejauh ini, denda maksimal baru dikenakan kepada para pelanggar atau penyerobot jalur transjakarta yang saat ini pelaksanaannya masih dalam tahap sosialisasi. Sejak pemberlakukan denda maksimal, terjadi penurunan jumlah pelanggaran di jalur transjakarta. Penurunan itu mencapai 74 persen.
Simpulan yang tepat teks tersebut adalah …
A.   Jumlah pelanggaran di jalur transjakarta sudah sangat maksimal.
B.   Pemberlakuan denda maksimal menjadi kendala pemerintah DKI.
C.   Denda maksimal dikenakan ke semua pengendara yang lalai.
D.    Penerapan denda maksimal efektif menekan jumlah pelanggaran.

4.     Bacalah teks berikut.
(1)Upaya Pemprov DKI Jakarta untuk mensterilkan jalur bus Transjakarta menemui kesulitan. (2)Hal ini karena tingkat kedisiplinan pengguna jalan masih rendah. (3)Manajemen PT Transjakarta kurang cepat dalam menambah armada. (4)Sampai saat ini belum menambah ketersediaan bus di setiap koridor. (5)Padahal, mereka berjanji mendatangkan 320 bus baru berukuran sedang bulan ini. (Koran Sindo: 11 Desember 2015)  
Pernyataan yang merupakan pendapat mendukung terhadap masalah utama pada teks tersebut terdapat pada kalimat …
A. (2)                                                   C. (4)
B. (3)                                                   D. (5)

5.     Bacalah teks berikut.
      Bau mulut bisa disebabkan banyak hal, bahkan jika Anda merasa rajin sikat gigi. Ada beberapa penyebab bau mulut, yaitu gigi berlubang sehingga menjadi tempat  untuk pertumbuhan kuman, timbunan plak serta sisa makanan atau minuman. Sariawan bisa juga jadi penyebab, terutama sariawan yang meradang dan tak kering.
      Sariawan, cekungan putih dengan warna kemerahan di sekitarnya terasa nyeri saat meradang. Sariawan bisa bertahan 4-20 hari. Segera periksakan jika masih bercokol di mulut setelah lewat 2 minggu. Sebab biasanya, pada kondisi normal, sariawan dapat sembuh sendiri.
      Ringkasan teks tersebut adalah …
A.     Bau mulut disebabkan gigi berlubang dan sariawan yang sudah kemerah-merahan karena tidak diperiksakan.
B.     Gigi berlubang menyebabkan bau mulut selain sariawan yang dapat sembuh dengan   sendirinya setelah 20 hari.                               
C.     Bau mulut dapat disebabkan oleh banyak hal diantaranya sariawan, yang  merupakan 
warna putih kemerahan saat meradang.
D.     Bau mulut dapat terjadi kepada mereka yang sering sikat gigi sekali pun, terutama sikat
gigi yang menyebabkan sariawan.
6.     Bacalah teks berikut.
Pohon kamboja mulai berbunga. Gundukan tanah merata. Aku tertunduk sambil berdoa. Sekali-kali kutatap papan kayu yang bertuliskan sebuah nama. Tulisannya memudar karena hanya terbuat dari kapur putih. Dua puluh hari berlalu, aku baru dapat mendatanginya itu pun sudah begini.
Bunga kamboja pada teks tersebut sebagai simbol dari …
A. kematian                                           C. berkabung
B. kesedihan                                          D. Perpisahan

7.     Bacalah teks berikut.
Sekelompok semut hitam beriringan di sebuah ranting kering. Jalannya cepat  teratur beruntun. Tak lama kemudian mereka sudah menarik-narik seekor ulat yang besarnya seratus kali lipat. Ulat dibuatnya tak berdaya Ditarik ke kanan ke kiri ke depan ke belakang dengan ringannya. Sesaat kemudian ulat itu sudah dapat dimasukkan ke dalam sarangnya. 
Semut hitam pada teks tersebut sebagai simbol …
A. kekuatan                                           C. kecerdikan
B. keberanian                                        D. Kekompakan

8.     Bacalah teks berikut untuk soal nomor 8 s.d. 12!
     (1)“Kasihan….,” desisku dalam hati. Kepada siapa alamat keluhan itu aku sendiri tidak tahu pasti. Kepada orangtuaku yang sudah ubanan termakan usia? Atau kepada diri sendiri bersama abangku, Tony, yang tak lama lagi kami harus meninggalkan kampung halaman.
     (2)Suasana hening mencekam seisi rumah. Ayah berusaha bicara setenang mungkin mencoba menunjukkan pribadi kokoh di hadapan anak-anaknya.
     (3)Namun, di balik itu dapat saya rasakan betapa hancur hatinya melepas kedua putranya pergi jauh ke tanah rantau.
     (4)“Tidak akan saya bekali kalian dengan uang dan berlian. Carilah orang tuamu di rantau. Selalu berbuat kebajikan. Kalau berhasil, jangan lupa membantu saudaramu kelak,” ujar ayah pelan. Kali ini setitik air mata tak terbendung menetes membasahi wajah kerut tua ayah.
     (5)Suasana mencekam itu membuat hati saya rapuh dan hanyut dalam perasaan sedih.
     (6)“Sudahlah Nak, tabahkan hatimu. Pandanglah ayahmu ini. Hapus air matamu, tunjukkan kau seorang laki-laki. Seorang laki-laki pantang menangis menghadapi situasi sepahit apa pun.
(Ian Situmorang: Patah Diakhir Derita)
9.     Tema teks cerita tersebut adalah …
A. Pertikaia                                            C. Perpisahan
B. Pertemuan                                         D. Persahabatan
10.   Amanat pada teks cerita tersebut adalah …
A. Saling membantu ketika di negeri orang.
B. Jangan memikirkan penderitaan orang tua.
C. Merantaulah sejauh mungkin supaya sukses
D. Membekali anak dengan nasihat dan kebajikan.

11.   Bukti ayah seorang yang bijaksana terdapat pada bagian …
A. (2)                                                   C. (4)
B. (3)                                                   D. (5)

12.   Konflik  pada teks cerita tersebut adalah …
A. Perasaan tokoh “aku” saat menghadapi  berpisah.
B. Kedua anak yang memutuskan untuk meninggalkan orangtuanya.
C. Seorang bapak yang mempertahankan keberadaan anak-anaknya.
D. Ketidaksepahaman antara anak dengan orang tuanya tentang suatu hal.

13.   Bacalah teks berikut.
     Aris pulang sekolah sendirian. Joni teman satu kampung dengan Aris tidak masuk. Menurut teman satu kelas Joni, Joni sakit. Sepulang sekolah  rencana Aris mau menjenguk Joni di rumah sakit.
     Sasampainya di pertigaan, Aris melihat anak-anak SD bergerombol. Suaranya gaduh. Bahkan sekali-kali terdengar teriakan. Aris mendekati gerombolan tersebut. Nampak seseorang sedang menangis di tengah gerombolan.
     “Ada apa, ada apa?” tanya Aris.
     “Itu, Kak. Teman saya ketabrak motor. Motornya kabur ke sana,” jawab seseorang menunjuk ke suatu arah.
     “Ya, udah ayo kita bawa ke Puskesmas,” ujar Aris sambil membopong anak tersebut. Anak yang lain mengikuti dari belakang.
Nilai moral yang terdapat pada teks tersebut adalah …
      A.   mencari bantuan                               C. menenguk orang sakit
      B.   menolong orang                               D. mempertanggungjawabkan sesuatu

14.   Bacalah teks berikut!
     Adi mendekati Mamahnya yang sedang membaca tabloid perempuan. Adi mendongakkan kepala pada tabloid. Mamah melirik dengan tidak berpaling. Mereka diam beberapa saat.
     “Mah…,” kata Adi, suaranya nyaris tak terdengar. Mamah tidak bergeming memang suara Adi tidak terdengar.
     “Mah…,” suara Adi agak keras.
     “Ya…,” kata mamah dengan tidak bergerak.
      “Boleh, ya amah,” kata Adi.
      “Adi, kamu sebenarnya mau apa sih? Kuliah dekat, motor ada, kenapa mesti kost,” kata mamah, meletakkan tabloid.
     “Walaupun dekat, jalan ke sana macet, Mah,” Adi menyahut.
     “Pokonya tidak tetap tidak, kalau kamu maksa lebih baik kamu tidak usah kuliah. Kamu ikut kerja saja dengan Om, Yansen,” bentak ibu. Adi keluar rumah lalu mengambil motor dan dinyalakan suaranya menggerung-gerung. Lalu motor sudah melesat di jalan raya.
     “Adi….Adi…Adi!” teriak mamah dari dalam rumah.
        Penyebab konflik pada teks tersebut adalah …
       A. Adi meninggalkan rumah.                    C. Mamah menyuruh Adi bekerja
       B. Keinginan Adi untuk kost.                    D. Mamah tidak mengizinkan Adi kost

15.   Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1)  Daun sirih sangat mudah didapatkan karena merupakan salah satu tanaman yang popular di Indonesia.
(2)  Tanaman yang menjalar ini sebenarnya mempunyai beberapa jenis,  diantaranya adalah daun sirih merah dan daun sirih hijau.
(3) Tidak ada salahnya jika kita menanam daun sirih di pekarangan rumah.
(4) Tanaman ini dapat tumbuh subur di dataran tinggi maupun di dataran rendah.
(5) Karena ternyata manfaat daun sirih sangat baik untuk menangkal berbagai macam gangguan kesehatan.
Urutan yang tepat kalimat-kalimat tersebut agar menjadi teks yang padu adalah
A.   (1), (3), (4), (2), (5)                         C. (3), (4), (1), (2), (5)
      B.   (1), (5), (3), (4), (2)                         D. (3), (5), (1), (4), (2)

16.   Bacalah teks berikut!
Daun sirih juga bisa sebagai […](1) untuk mengatasi penyakit jantung. Caranya cuci tiga lembar daun sirih yang bertemu kedudukan ruasnya, tiga buah bawang merah, dan empat buah biji kemukus. Kemudian[…](2) sampai halus bersama satu sendok teh jintan. Tambahkan empat sendok makan air matang. Kemudian aduk sampai rata dan saring. Minum air […](3) tersebut dua kali sehari, pagi dan sore. Lakukan secara rutin dan teratur.
       Kata yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah …
A.    obat, (2) tuang, (3) saringan
B.    pilihan, (2) tuang, (3) rebusan
C.    alternatif, (2) aduk, (3) ramuan
D.   alternatif, (2) tumbuk, (3) ramuan

17.   Bacalah teks berikut!
Daun sirsak sangat populer sebagai pengobatan herbal untuk membantu penderita kanker. […] Beberapa gangguan kesehatan lain yang dapat diatasi dengan daun sirsak antara lain menurunkan tekanan darah, membantu penderita diare, mengatasi cacingan, menurunkan kolesterol, mengatasi sakit maag dan masih banyak lagi. Kini sudah banyak orang yang menjual daun sirsak kering yang sudah dikemas sehingga lebih memudahkan konsumen untuk menyeduhnya.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah …
A.    Penyakit-penyakit yang dapat diobati dengan daun sirsak penyakit yang ringan saja.
B.    Berbagai penyakit dapat diobati dengan daun sirsak yang sudah dikeringkan
C.    Penderita kanker cukup minum rebusan air daun sirsak dalam jumlah yang cukup.
D.   Tidak hanya penyakit kanker saja yang dapat diatasi dengan menggunakan daun sirsak.

18.   Bacalah kalimat berikut.
Banyaknya venue wisata potensial yang belum banyak dilirik wistawan.
Istilah venue pada kalimat tersebut kurang tepat perbaikannya adalah
A. turis                                                 C. destinasi
B. devisa                                              D. Mancanegara
  
19.   Bacalah kalimat berikut!
Anak-anak harus mendapat […] lengkap agar kebal terhadap beberapa penyakit.
Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah …
A. injeksi                                               C. amputasi
B. inkubasi                                            D. imunisasi

20.   Bacalah kalimat berikut!
Sebelum bertanding mereka saling […] di tengah lapangan.
Kata yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah …
A. salaman                                            C. salaman-salaman
B. bersalaman                                       D. bersalam-salaman




21.   Bacalah teks berikut!
Sudah dua minggu mereka menyusuri sungai cikapundung, tetapi binatang yang dicari belum ditemukan.
Penggunaan huruf kapital yang tepat pada kalimat tersebut adalah …
A.    Sudah dua minggu mereka menyusuri Sungai Cikapundung, tetapi binatang yang dicari belum  ditemukan.
B.    Sudah dua Mnggu mereka menyusuri Sungai cikapundung, tetapi binatang yang dicari belum  ditemukan.
C.    Sudah dua minggu mereka menyusuri sungai Cikapundung, tetapi binatang yang dicari belum ditemukan.
D.   Sudah dua Minggu mereka menyusuri Sungai Cikapundung, tetapi binatang yang dicari belum ditemukan.

22.     Bacalah kalimat berikut.
         Kepala Desa Wanasaba Nurochman mengunjungi tanggul yang jebol di Kampung Cihoe.
         Penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yang tepat adalah …
A. Kepala Desa Wanasaba, Nurochman mengunjungi, tanggul yang     jebol di Kampung Cihoe.
B. Kepala Desa Wanasaba Nurochman, mengunjungi tanggul yang      jebol, di Kampung Cihoe.
C. Kepala Desa Wanasaba, Nurochman, mengunjungi tanggul yang jebol di Kampung Cihoe.
D. Kepala Desa, Wanasaba, Nurochman, mengunjungi tanggul yang  jebol di Kampung Cihoe.

23.    Bacalah kedua teks berikut
         
Teks 1
Teks 2
Sebelum menuju  lokasi peserta dikumpulkan di halaman sekolah. Sekitar pukul 08.00 kepala sekolah mulai memberikan pembekalan kepada peserta. Peserta diminta untuk mengikuti tata tertib yang sudah ditetapkan panitia pusat.
      Pada pukul 08.40 peserta memasuki bus masing-masing. Bus pertama bergerakan meninggalkan sekolah pukul 09.10. Disusul bus-bus yang lain. Empat bus mengangkut peserta ke lokasi bencana.
      Pukul 13.20 peserta tiba di lokasi disambut panitia setempat dan peserta lainnya yang sudah berada di lokasi.
Peserta orientasi PMR dikumpulkan di halaman  sekolah. Mereka berbaris sesuai dengan kelompoknya. Peralatan dari masing-masing kelompok dikumpulkan
dekat Pos Satpam.
Lapangan dekat sekolah digunakan  parkir truk yang akan membawa mereka ke Gunung Sindur. Lapangan tersebut cukup luas bisa memuat sampai sepuluh truk.
     Setelah mendapat pengarahan mereka menuju truk
 dan langsung berangkat ke Gunung  Sindur  tempat    
 orientasi PMR. Lokasi ini dipilih  karena tempatnya
 cocok untuk kegiatan-kegiatan orientasi. Alamnya
 indah tetapi tidak membahayakan.
Perbedaan  pola penyajian kedua teks tersebut adalah….

Teks 1
Teks 2
A.      menggunakan pola hubungan sebab-akibat
menggunakan pola hubungan akibat-sebab
B.      menggunakan pola urutan waktu
menggunakan pola urutan ruang
C.      menggunakan pola urutan ruang
menggunakan pola urutan waktu
D.     dimulai dari pernyataan umum
dimulai dari pernyataan khusus

24.    Bacalah teks berikut!
(1)Buku Aktifkan Rasa Syukur karya Valentino Dinsi dan Aryojati Ardipandanto. (2)Buku yang mengurai hakikat syukur yang sesungguhnya. (3)Syukur telah mendapatkan sesuatu yang diinginkan atau bahkan mendapat lebih dari harapan. (4)Namun banyak diantara kita yang mewujudkan rasa syukur dengan cara pesta dan makan-makan walaupun wujud syukur dengan pesta tidak salah. (5)Buku ini membimbing kita mewujudkan rasa syukur dengan cara yang baik dan dipertahankan dengan waktu yang lama. (6)Buku dengan cover gambar telur dengan latar belakang warna hitam cukup elegan dan terkesan mewah. (7)Uraian banyak mengutip ucapan dan karya-karya orang besar pada zamannya. (8)Bagi pembaca yang baru membiasakan membaca buku ini cukup melelahkan. (9)Kita seakan-akan diajak dalam sebuah perjalanan yang jauh dan tidak bertemu dengan pemeberhentian.
Pernyataan yang merupakan keunggulan buku tersebut terdapat pada kalimat
A. (4) dan (5)                                                      C. (6) dan (7)
B. (5) dan (6)                                        D. (7) dan (9)



25.   Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Teks 2
Semenjak ditinggal ibunya menjadi TKI di Malaysia, Burhan tampak selalu murung. Bahkan yang biasanya dia begitu semangat untuk sarapan pagi sebelum berangkat sekolah, kini mulai jarang dilakukan. Kepergian ibunya belum bisa diterimanya.
Burhan anak yang cerdas. Walaupun dia hanya tinggal bersama ibunya karena bapaknya sudah meninggal ketika dia masih berumur empat bulan. Tetapi kasih sayang ibunya bisa sedikit melupakan sosok sang bapak.
    Suatu hari, Burhan seakan-akan mendapat petir di siang hari. Ibunya mengemukakan untuk pekerja menjadi TKI di Malaysia. Ibunya beralasan ini untuk masa depan Burhan. Ibunya berharap suatu saat Burhan bisa kuliah. Perasaan Burhan tak menentu dengan berat hati dia merelakannya.
“Bapak bilang tidak, tidak. Sudah kamu kuliah
saja yang bener. Kalau masalah pekerjaan nanti juga
akan mencarimu yang penting kamu punya skill,” kata
ayah kepada Verdy.
“Tapi,Yah Verdy janji akan menyelesaikan tepat waktu,” kata Verdy merengek
“Pokoknya tidak, kamu tetap konsentrasi kuliah,” kata ayah.
Verdy menyampaikan keinginan untuk kuliah sambil bekerja. Kebetulan bapak temannya di kampus menawari pekerjaan yang cocok dengan keahliannya. Sealin itu di kampus pun tinggal menyusun skripsi saja.
        Verdy memang anak cerdas, kuliah baru tiga
tahun setengah dia sudah menyelesaikan seuruh mata
kuliahnya. Maka ketika ada bapak temannya
menawari pekerjaan dia mengiyakannya.
Perbedaan pola penyajian teks tersebut adalah…

Teks 1
Teks 2
A
konflik – perkenalan – pemunculan masalah
konflik – pemunculan masalah – perkenalan
B
perkenalan – konflik – pemunculan masalah
perkenalan – pemunculan masalah - konflik
C
konflik – perkenalan – pemunculan masalah
pemunculan maslah  – masalah - konflik
D
pemunculan masalah – perkenalan - konflik
konflik – pemunculan masalah – perkenalan

26.   Bacalah teks berikut dengan cermat!
Teks 1
Teks 2
Sang kelinci sedang gelisah. Pasalnya kebun wortel di pinggir hutan sudah dipanen pemiliknya. Sang kancil yang memperhatikan sang kelinci dari kejauhan merasa iba.
Sang Kancil mendekati sang kelinci. Mereka bertatapan.
“Hei, kawan apa yang menyebabkan teman muram begitu. Bolehkan aku tahu?” Tanya sang kancil.
Seekor buaya tersesat di ladag seorang petani. Petani yang menemukannya kaget dan takut. Dia akan berbalik memanggil warga lain.
“Hei, Petani, tolong aku. Jangan memanggil warga lain nanti aku dibunuh. Aku hanya tersesat. Tolong tunjukkan aku jalan ke sungai,”
Petani itu menghentikan langkahnya. Dia berbalik mendekati buaya.
“Kamu tidak akan memangsa kami?” Tanya petani.
Perbedaan penggunaan bahasa pada teks tersebut adalah …
Teks 1
Teks 2
A.   tidak terdapat kata-kata serapan
banyak menggunakan kata-kata serapan
B.   banyak mengguanakan kata sapaan
tidak terdapat kata sapaan
C.   menggunakan ungkapan
menggunakan kata kata-kata lugas
D.  menggunakan kata sandang
tidak menggunakan kata sandang

27.    Bacalah teks berikut!
Pada suatu hari, ada seekor burung gagak yang sangat sombong. Dia selalu menyombongkan diri akan kekuatanya pada seluruh penghuni hutan. Karena warna tubuh dan suaranya yang menyeramkan, tak ada penghuni hutan yang berani denganya. Dengan bebasnya burung gagak itu sesumbar menyombongkan diri, bahwa tak ada yang lebih kuat melebihi dirinya. Tanpa sengaja, ada seekor burung elang yang tengah lewat di area hutan itu. Burung elang tersebut tinggal di kawasan gunung di tebing-tebing lembah. Secara tak sengaja waktu lewat kawasan hutan itu, dia mendengar burung gagak yang sedang sesumbar menyombongkan diri.
Komentar yang tepat terhadap isi teks tersebut adalah …
A. Kehidupan hutan tidak sama dengan kehidupan di laut atau sungai.
B. Sehebat dan sekuat apa pun tidak perlu berlaku sombong dan congkak.
C. Binatang yang menghuni hutan umumnya binatang yang tidak bisa terbang tinggi.
D. Kehidupan di dalam hutan berlaku hukum rimba siapa yang kuat dialah yang berkuasa.

28.    Perhatikan percakapan berikut!
Farhan                   : “Wan, hari Minggu ada acara tidak?”
Tarwan                  : “Memang ada apa. Sebenarnya aku punya acara tetapi kalau acara kamu lebih  
                               Heboh aku bisa batalkan acara awal
Farhan                   : “Kalau boleh tahu acara apa?”
Tarwan                  : “Kamu dulu hari Minggu acara apa?”
Farhan                   : “Lho, kok malah balik bertanya?”
 
Teks lain yang sesuai dengan isi percakapan tersebut adalah …
A.    Farhan dan Wawan merencanakan acara bersama pada hari Minggu. Tetapi mereka masih  
merahasiakannya.
B.    Farhan dan Tarwan membatalkan suatu acara yang telah disepakati. Karena pada hari Minggu mereka akan membicarakan suatu kegiatan.
C.    Dua orang sahabat sedang saling memengaruhi untuk suatu kegiatan. Salah seorang di antara mereka tidak mau mengemukakan acaranya.
D.    Tarwan akan ikut pada acara Farhan hari Minggu kalau acara yang diadakan Farhan lebih menarik dari rencananya. Tetapi sayang mereka saling merahasiakannnya

29.    Bacalah teks berikut!
Aku tertunduk lesu. Ingatanku menerawang ke masa-masa indah bersamanya. Ketika aku mendapatkan kesusahan dia membantu dengan ikhlas. Begitu pun sebaliknya. Tidak ada kata mengeluh di antara kami. Kami seperti satu jiwa dalam dua raga. “Sudahlah, Her. Semua orang akan mengalami itu, berilah ketenangan perjalanan menghadap Tuhan,” kata Suhanto. Aku pun menyadari itu, tetapi tidak bolehkah aku sedih sesaat karena ditinggalkan belahan jiwaku.
Sudut pandang yang berbeda dari teks cerita tersebut adalah …
A.     Kami tertunduk lesu. Ingatanku menerawang ke masa-masa indah bersamanya. Ketika mendapatkan kesusahan dia membantu dengan ikhlas. Begitu pun sebaliknya. Tidak ada kata mengeluh di antara kami. Kami seperti satu jiwa dalam dua raga.  “Sudahlah, Her. Semua orang akan mengalami itu, berilah ketenangan perjalanan menghadap Tuhan,” kata Suhanto. Kami pun menyadari itu, tetapi tidak bolehkah aku sedih sesaat karena ditinggalkan belahan jiwaku.
B.     Dia tertunduk lesu. Ingatannya menerawang ke masa-masa indah bersama Tamir. Ketika dia mendapatkan   kesusahan Tamir membantu dengan ikhlas. Begitu pun sebaliknya. Tidak ada kata mengeluh di antara mereka. Mereka seperti satu jiwa dalam dua raga.  “Sudahlah, Her. Semua orang akan mengalami itu, berilah ketenangan perjalanan menghadap Tuhan,” kata Suhanto. Dia pun menyadari itu, tetapi tidak bolehkah dia sedih sesaat karena ditinggalkan belahan jiwanya.
C.      Mereka tertunduk lesu. Ingatanku menerawang ke masa-masa indah bersamanya. Ketika mereka mendapatkan    kesusahan kami membantu dengan ikhlas. Begitu pun sebaliknya. Tidak ada kata mengeluh di antara kami. Kami seperti satu jiwa dalam dua raga.  “Sudahlah, Her. Semua orang akan mengalami itu, berilah ketenangan perjalanan menghadap Tuhan,” kata Suhanto. Aku pun menyadari itu, tetapi tidak bolehkah aku sedih sesaat karena ditinggalkan belahan jiwaku.
D.     Tamir tertunduk lesu. Ingatannya menerawang ke masa-masa indah bersamaku. Ketika Tamir mendapatkan kesusahan Suhanto membantu dengan ikhlas. Begitu pun sebaliknya. Tidak ada kata mengeluh di antara kami. Kami    seperti satu jiwa dalam dua raga. “Sudahlah, Her. Semua orang akan mengalami itu, berilah ketenangan perjalanan menghadap Tuhan,” kata Suhanto. Aku pun menyadari itu, tetapi tidak bolehkah aku sedih sesaat karena ditinggalkan belahan jiwaku.

30.   Perhatikan data buku berikut!
No
Unsur
Uraian
1
Judul
Penaklukan Pulau Jawa
2
Pengarang
Mayor William Thorn
3
Penerbit
PT Elex Media Komputindo
4
Terbit
2004
5
Kelemahan
Tata letak dan susunan huruf terlalu rapat
Teks resensi sesuai dengan data tersebut adalah ….
A.    Buku ini terkesan disusun asal-asalan. Padahal isinya cukup menarik banyak gambar-gambar yang melukiskan kejadian suatu peristiwa terutama peristiwa saat pertama kali Pulau Jawa dikuasai bangsa
B.    Penerbit PT Elex Media Komputindo menerbitkan buku Penaklukan Pulau Jawa. Buku yang ditulis oleh Mayor William Thorn ini diterbitkan tahun 2014. Banyak hal menarik dari buku ini, antara lain susunan katanya yang rapih an sistematis.
C.    Mayor William Thorn penulis spesial sejarah mengemukakan fakta yang mencengangkan tentang penaklukan Pulau Jawa oleh bangsa Eropa. Buku yang diterbitkan tahun 2004 ini sengaja diber judul Penaklukan Pulau Jawa. Buku ini sebaiknya dibaca terutama oleh guru sejarah.
D.    Buku  Penaklukan Pulau Jawa, mengungkapkan fakta yang tidak pernah dimuat pada buku pelajaran sejarah. Buku menjadi menarik karena intrik-intrik bangsa Eropa yang ingin menguasai Pulau Jawa diungkapkan secara gambling. Namun sayang penataan buku ini kurang diperhatikan.

31.    Perhatikan fakta-fakta berikut!
       Gunung Slamet erupsi kembali
       Kecamatan Paguyangan tertutup abu vulkanik
       Anak sekolah diliburkan.
Teks yang sesuai dengan fakta tersebut adalah …
A.    Gunung Slamet yang berada di antara lima kabupaten di Jawa Tengah menyemburkan asap putih. Gempa tremor tercatat beberapa kali terjadi  terutama di Guci, Kabupaten Tegal. Beberapa terpaksa meliburkan siswanya karena aktivitas gunung yang setiap menitnya terus meningkat.
B.    Guguran lava Gunung Slamet mengarah ke Kabupaten Pemalang. Masyarakat yang berada di sebelah barat laut diimbau untuk waspada. Beberapa sekolah yang yang letaknya sekitar 4 km dari puncak gunung meliburkan siswanya. Kecamatan Paguyangan, Brebes bahkan melarang warganya beraktivitas di ladang.
C.    Gunung Slamet kembali menyemburkan abu vulkanik. Beberapa kecamatan yang berada di radius 4 km dari puncak gunung tertutup abu. Bahkan kecamatan yang berada di sebelah barat daya gunung mengalami keruskan parah. Pemerintah mengeluarkan intruksi agar sekolah menghentikan segala aktivitasnya.
D.    Kemarin sore (16/9) Gunung Slamet mengeluarkan material berupa pasir dan debu ke angkasa. Materian tersebut mengarah ke barat laut. Kecamatan Paguyangan yang berada di sebelah barat daya tertutu abu vulkanik. Karena pekatnya abu vulkanik maka Dinas Pendidikan Paguyangan meliburkan anak sekolah.

32.    Bacalah kalimat berikut!
Mendesain kamar mandi yang tenteram(1) tidak hanya didukung penataan interior yang tepat, juga penentuan(2) pintu yang pas.
Perbaikan kata bercetak miring pada kalimat tersebut adalah …
A. (1) serasi, (2) pemilihan
B. (1) tenang, (2) penetapan
C. (1) nyaman, (2) pemilihan
D. (1) nyaman, (2) penetapan
 
33.    Bacalah kalimat berikut!
Mulai saat ini  banyak sudah konsumen yang beralih menggunakan media online untuk mencari properti.
Perbaikan kalimat tersebut adalah …
A.    Saat ini mulai banyak konsumen yang beralih menggunakan media online untuk mencari properti.
B.    Mulai saat ini  konsumen banyak  yang beralih menggunakan media online untukmencari properti.
C.    Mulai saat ini  banyak konsumen sudah beralih menggunakan media online untuk mencari properti.
D.    Saat ini  mulai banyak sudah konsumen yang beralih menggunakan media online untuk mencari properti.

34.    Perhatikan kalimat berikut!
      Kami naik ke atas setelah acara  dimulai.
      Penggunaan kata naik pada kalimat tersebut tidak  tepat karena …
A.  Kata naik tidak tepat seharus menaiki.
B.  Kata ke atas sudah menyatakan maksud naik.
C.  Kata naik tidak dapat bergabung dengan kata atas.
D.  Predikat suatu kalimat harus kata kerja berimbuhan.

35.    Perhatikan kalimat berikut!
Kamar mandi bukan lagi sekedar sebuah ruang sempit, dengan aktivitas utama membersihkan diri saja tetapi bisa digunakan untuk mengaplikasikan ide-ide menarik.
Perbaikan kata yang salah ejaannya dan perbaikannya pada kalimat tersebut adalah …
 
Tertulis
Perbaikan
A.     sekedar
sekadar
B.     aktivitas
aktifitas
C.    mengaplikasikan
meng-aplikasikan
D.    ide-ide
idea-idea

36.    Perhatikan kalimat berikut!
      Setelah istirahat kami melanjutkan perjalanan menuju  ke  Timur. 
      Penulisan kata timur pada kalimat tersebut salah karena …
A. timur bukan nama orang
B. timur bukan nama letak geografis
C. timur tidak diikuti oleh nama tempat
D. timur tidak menunjukkan arah yang jelas

37.    Perhatikan kalimat berikut!
      P.T. Telkom memberi anugerah kepada R.H. Rahmat Kartolo.
      Penggunaan tanda titik (.) pada singkatan PT tidak tepat karena …
A. titik (.) tidak digunakan pada singkatan yang terletak diawal kalimat.
B. titik (.) tidak digunakan pada semua singkatan yang menggunakan huruf  kapital
C. titik (.) tidak digunakan pada singkatan dengan huruf kapital yang hanya dua huruf
D. titik (.) tidak digunakan pada singkatan dengan huruf kapital kecuali singkatan nama orang

38.    Cermati kalimat berikut!

Rumah sakit sumarjo tegal merawat 5 orang pasien demam berdarah yang berasal dari satu desa, yaitu desa babakan.
Penulisan huruf kapital yang tepat berdasarkan kalimat tersebut adalah ...
A.   Rumah Sakit Sumarjo Tegal merawat 5 orang pasien demam berdarah yang berasal dari satu desa, yaitu Desa Babakan.
B.   Rumah Sakit Sumarjo Tegal merawat 5 orang pasien demam berdarah yang berasal dari satu Desa, yaitu desa Babakan.
C.   Rumah sakit Sumarjo Tegal merawat 5 orang pasien Demam Berdarah yang berasal dari satu desa, yaitu desa Babakan.
D.  Rumah Sakit Sumarjo Tegal merawat 5 orang pasien demam berdarah yang berasal dari satu desa, yaitu desa Babakan.
39.    Cermati kalimat berikut!

Semua peserta daripada seminar tersebut sudah pada hadir

Perbaikan kalimat tersebut supaya menjadi kalimat efektif adalah dengan menghilangkan kata....
A. daripada dan pada                                                C. daripada dan hadir
B. semua dan peserta                                                D. semua dan pada

40.    Cermati kalimat berikut!

Ketika hari masih pagi ibuku pergi ke pasar membeli gula, teh dan kopi.


Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah ....
A.    Ketika hari masih pagi, ibuku pergi ke pasar membeli: gula, teh, dan kopi.
B.    Ketika hari masih pagi ibuku pergi ke pasar membeli gula, teh, dan kopi.
C.    Ketika hari masih pagi, ibuku pergi ke pasar membeli gula, teh, dan kopi.
D.    Ketika hari masih pagi, ibuku pergi ke pasar membeli gula, teh dan kopi.

41.    Masyarakat Jepang memang layak diteladani. Mereka rajin membaca untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Di mana saja asal ada kesempatan, mereka membaca. Mereka melakukannya di gerbong kereta yang melaju, di stasiun, dan sambil berdiri saat antre membeli tiket.
Kalimat utama paragraf tersebut adalah kalimat ….
A.    Pertama                                                            C. ketiga
B.    Kedua                                                               D. keempat

42.    Bacalah dengan saksama teks berikut!
Raden Ajeng Kartini lahir pada 21 April tahun 1879 di kota Jepara, Jawa Tengah. Ia anak salah seorang bangsawan yang masih sangat taat pada adat istiadat. Setelah lulus dari Sekolah Dasar ia tidak diperbolehkan melanjutkan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi oleh orangtuanya. Ia dipingit sambil menunggu waktu untuk dinikahkan. Kartini kecil sangat sedih dengan hal tersebut, ia ingin menentang tetapi tak berani karena takut dianggap anak durhaka. Untuk menghilangkan kesedihannya, ia mengumpulkan buku-buku pelajaran dan buku ilmu pengetahuan lainnya yang kemudian dibacanya di taman rumah dengan ditemani Simbok (pembantunya).
Keistimewaan tokoh tersebut adalah …
A.    bangsawan yang taat pada adat                         C. mau dipingit
B.    takut mendurhakai orang tua                             D. membaca buku-buku pelajaran.

43.    Bacalah dengan saksama teks biografi berikut!
Jenderal Gatot Subroto lahir di Banyumas 10 Oktober 1909, ini sejak anak-anak sudah menunjukkan watak seorang pemimpin. Dia memiliki keberanian, ketegasan, tanggung jawab, dan berpantang akan kesewenangan. Pengalaman tidak manis pernah dialaminya ketika masih bersekolah di Europeesche Lagere School (ELS). Karena berkelahi dengan seorang anak Belanda, dia akhirnya dikeluarkan dari sekolah tersebut. Kasus itu sudah cukup menunjukkan bahwa sejak kecil dirinya sudah memiliki sifat pemberani dan tegas. Di kala orang tidak ada yang berani menantang anak-anak Belanda yang merasa lebih tinggi derajatnya dari kaum pribumi, Gatot Subroto dengan tanpa gentar sedikitpun maju menantang.

Hal positif yang dapat diteladani dari tokoh biografi tersebut adalah ….
A.    Berani menantang anak-anak Belanda
B.    Berkelahi dengan seorang anak belanda
C.    Berani, tegas, dan bertanggung jawab
D.    Sejak kecil menunjukkan watak seorang pemimpin.

44.    Bacalah dengan saksama kutipan berikut!
Teks  1
Kemarahan rakyat bisa meledak seandainya hasil kerja Tim Pengawas Penanganan Lumpur Lapindo DPR direkomendasi. Rakyat mengharapkan DPR terus mendesak pemerintah agar melindungi serta memulihkan hak-hak korban dan ekosistem secara optimal. Selain itu, peta area terdampak pun harus selalu direvisi.

Teks 2
Masyarakat korban Lapindo membutuhkan tindakan nyata untuk mengatasi penderitaan mereka. Karena mereka kehilangan segalanya, hak hidup,  ketenangan, dan rutinitas kehidupan  jadi terkoyak. Perlu penanganan secara bersama baik pemerintah daerah maupun pusat dan elemen masyarakat demi kemanusian.

Kesamaan isi kedua berita tersebut adalah ….
A.   Perlindungan dan penanganan korban lumpur Lapindo.
B.   Jumlah korban luapan lumpur Lapindo Sidoarjo.
C.   Penanganan korban lumpur Lapindo dibahas DPR.
D.  Perlindungan yang serius terhadap korban Lapindo.

45.    Bacalah dengan saksama kutipan cerpen berikut!
(1) Aku hanya berharap ketika semua alat tersebut dilepas, ada mukjizat datang dan membuat ayahku sadar dari komanya. (2) Ketika alat tersebut dilepas, detak jatung ayahku berhenti, napas pun sudah tidak ada, ayahku telah tiada. (3) Semua menangis melepas kepergian ayahku. Namun, aku yakin di balik semua ini ada hikmah yang tersembunyi. (4) Aku tidak tahu bagaimana hidup ini terus berjalan tanpa seorang ayah di sampingku.
Cerpen “Ayah” karya Salsabila
Bukti watak tokoh aku yang pasrah pada kutipan cerpen tersebut terdapat pada kalimat nomor ….
A.   (1)                                                                     C. (3)
B.   (2)                                                                     D. (4)

46.    Bacalah dengan saksama kutipan cerpen berikut!
Dengan riang, pagi itu Dina mempersiapkan diri untuk sekolah. Ia membawa bekal lebih banyak, sengaja disiapkan untuk berbagi dengan Indah nanti. Tunggu aku Indah, bisiknya dalam hati, kamu akan terkejut karena aku pasti akan menjadi sahabat yang paling baik yang pernah kamu miliki.

Latar kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. pagi hari di sekolah                                              C. pagi hari di jalan
B. pagi hari di rumah                                                D. pagi hari di kelas
      
47.    Perhatikan kalimat laporan berikut!
(1)    Setelah semua siap akhirnya kami berangkat dari sekolah..
(2)    Meskipun perjalanan sangat melelahkan, akhirnya kami sampai juga di Puncak Gunung Muria.
(3)    Betapa senang hati kami bisa berada di Puncak Muria.
(4)    Tepat pukul 18.00 kami sampai di basecamp pintu pendakian.
(5)    Sebelum mulai mendaki kami mendapat pengarahan dari senior.
(6)    Lega hati ini bisa melakukan pendakian.
(7)    Kami pun pulang dan berjanji esok akan kembali lagi.
(8)    Selama perjalanan menuju ke lokasi puncak Gunung Muria, kami bisa menikmati pemandangan yang sangat indah dan memesona.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi laporan yang sistematis bila disusun dengan urutan....
A.  (1), (4), (8), (2), (3), (5), (6), (7)                         C. (1), (8), (7), (2), (3), (4), (6), (5)
B.  (1), (8), (4), (7), (6), (5), (2), (3)                         D. (1), (8), (4), (2), (3), (5), (6), (7) 

48.    Perhatikan data dan isi buku berikut!
Judul buku  :   Bikin Robot Itu Gampang
Penulis       :   Winarno dan Deni Arifianto
Penerbit     :   PT Kawan Pustaka
Keunggulan:   1. Menyajikan teknik dasar merakit robot secara sederhana.
                            2. Memberikan pilihan alat-alat bekas kebutuhan sehari-hari.
                            3. Bahasa mudah dipahami.
Kelemahan : Ilustrasi gambar kurang jelas
Kalimat resensi yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ...
A.   Pembaca dituntun tahap demi tahap untuk membuat robot secara sederhana. Komponen yang digunakan memanfaatkan alat-alat bekas. Buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang menunjang dalam pembuatan robot. Namun disayangkan, alat-alat yang digunakan sebagai komponen robot sangat mahal.
B.   Buku ini secara garis besar menjelaskan bagaimana merakit sebuah robot. Buku yang disarankan untuk mereka yang senang dan berkecimpung di dunia teknologi. Bahasa yang digunakan sangat sulit bagi orang awam, namun tidak menjadi masalah karena dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang jelas dan berwarna.
C.   Buku ini isinya menyajikan teknik dasar merakit robot secara sederhana. Selain itu, penulis memberikan pilihan alternatif menggunakan alat-alat bekas kebutuhan sehari-hari sebagai komponennya. Dengan demikian, biaya pembuatannya menjadi lebih murah. Meskipun ilustrasi gambar kurang jelas, itu tidak masalah karena bahasa yang digunakan mudah dipahami.
D.  Tujuan penulis buku ini ingin membuat pembaca termotivasi membuat robot secara sederhana, yakni dengan memanfaatkan alat-alat bekas kebutuhan sehari-hari. Siapa pun yang membaca buku ini akan termotivasi untuk membuat robot sendiri, karena buku ini menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan juga dilengkapi ilustrasi gambar yang jelas dan menarik.

49.    Perhatikan penggalan teks berikut!
Saya mewakili teman-teman menyampaikan keluhan kepada Kepala Sekolah, tentang kondisi keran yang berada di depan masjid sekolah. Sudah lama keran tersebut airnya tidak mengalir. Kalaupun mengalir, airnya kecil dan tidak lancar. […] Mohon Kepala Sekolah segera mencarikan seolusi untuk masalah tersebut.
Kalimat yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang penggalan teks  tersebut adalah ...
A.   Terima kasih dan semoga Kepala Sekolah segera menanggapi.
B.   Terus terang kami sangat terganggu dengan kondisi seperti itu.
C.   Air keran sudah mengalir lancar dan kami ucapkan terima kasih.
D.  Mohon pihak sekolah segera mengabulkan permohonan kami.

50.    Perhatikan data buku  berikut!
Uraian Data
Buku 1
Buku 2
Judul
Kata-Kata Serapan Asing dalam Bahasa Indonesia
Buku Pintar Penyuntingan Naskah
Pengarang
J. S. Badudu
Pamusuk Eneste
Tahun Terbit
2005
2005
Kota terbit
Jakarta
Jakarta
Penerbit
Kompas
Gramedia Ustaka Utama
     Penulisan daftar pustaka yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah ...
A.    Eneste, Pamusuk. 2005. Buku Pintar Penyuntingan Naskah. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Badudu, J.S. 2005. Kata-Kata Serapan Asing dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Kompas.
B.    Pamusuk, Eneste. Buku Pintar Penyuntingan Naskah. 2005. Gramedia Pustaka: Jakarta.
J.S. Badudu. Kata-Kata Serapan Asing dalam Bahasa Indonesia. 2005. Jakarta: Kompas.
C.    Badudu, J.S. 2005. Kata-Kata Serapan Asing dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Kompas.
Eneste, Pamusuk. 2005. Buku Pintar Penyuntingan Naskah. Jakarta: Gramedia Pustaka.
D.    J.S. Badudu. 2005. Kata-Kata Serapan Asing dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Kompas.
Pamusuk, Eneste. 2005. Buku Pintar Penyuntingan Naskah. Jakarta: Gramedia Pustaka.




51.    Perhatikan penggalan teks drama berikut!
(Tania duduk di pinggir lapangan menyaksikan teman-temannya. Lalu ia dihampiri oleh guru olahraga)
Pak Ipit
:
Kamu sakit?
Tania
:
Tidak, Pak.
Pak Ipit
:
Kamu boleh istirahat di UKS, jika kurang sehat (ekspresi khawatir)
Tania
:
[…]
Pak Ipit
:
Ya, sudah. Tetapi jangan memaksanakan diri.
Tania
:
Terima kasih, Pak.

Dialog yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang penggalan drama tersebut adalah ...
A. Ayo, bergabung dengan temanmu.                        C. Silakan kamu istirahat di ruang kelas.
B.  Nggak, Pak. Saya mau ikut olahraga.                     D. Kamu boleh tidak ikut pelajaran olahraga


Previous
Next Post »