RPP Pemodelan Teks Rekaman Percobaan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PEMODELAN TEKS REKAMAN PERCOBAAN

Satuan Pendidikan     :    SMP Negeri 1 Batangan
Mata Pelajaran            :    Bahasa Indonesia
Kelas/Semester           :    IX/2
MateriPokok               :    Struktur teks rekaman percobaan, ciri bahasa teks rekaman percobaan, ide pokok paragraf, cara menyusun teks rekaman percobaan, dan cara meringkas teks rekaman percobaan
Tema                           :    Penyusunan Teks Bersama Teks Rekaman Percobaan
AlokasiWaktu            :    12 x 40 menit (6 x Pertemuan)

A. Kompetensi Inti (KI)

KI  1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2  : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong     royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3  : Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4  : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator

KI
Kompetensi Dasar
Indikator
KI 1
1.1 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
1.1.1        Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu dalam membaca teks tantangan.
1.1.2        Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu dalam memahami teks tantangan.


1.2 Menghargai dan  mensyu-kuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
1.2.1    Menunjukan perilaku jujur, percaya diri dan tanggung jawab dalam memahami struktur dan ciri bahasa dalam teks tantangan.
1.2.2    Menunjukan perilaku jujur, percaya diri dan tanggung jawab dalam memahami kalimat komplek, kata rujukan dalam teks tantangan.

1.3 Menghargai dan  mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
1.3.1   memiliki perilaku menghargai pendapat orang lain dalam kerja kelompok dalam membahas teks tantangan
1.3.2   memiliki perilaku menghargai pendapat orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas bersama dalam membahas teks tantangan

2.4 Memiliki rasa percaya diri dan semangat dalam kegiatan ilmiah dan menceritakan kembali kesimpulan hasil kegiatan ilmiah.
2.4.1     menunjukkan sikap percaya diri yang tinggi
2.4.2     menunjukkan sikap semangat selama proses pembelajaran
KI 3
3.1 Memahami teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan
3.1.1      Dapat mengidentifikasi  struktur isi teks rekaman percobaan
3.1.2      Dapat mengidentifikasi ciri bahasa teks rekaman percobaan
3.1.3      Dapat mengidentifikasi tujuan komunikasi/ fungsi sosial teks rekaman percobaan
KI 3
3.2 Membedakan teks eksem-plum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan

3.2.1      mengidentifikasi perbedaan teks satu dengan teks dua (genre yang sama) dari segi isi
3.2.2      Mengidentifikasi perbedaan teks satu dengan teks dua (genre yang sama) dari segi bahasa
3.2.3      mengidentifikasi  perbedaan teks satu dengan teks dua (genre yang sama) dari segi fungsi sosialnya

3.3 Mengklasifikasi teks eksem-plum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan

3.3.1      mengidentifikasi perbedaan teks tantangan yang satu dengan teks tantangan yang lain dari segi isi
3.3.2      mengidentifikasi perbedaan teks tantangan yang satu dengan teks tantangan yang lain dari segi bahasa
3.3.3      mengidentifikasi perbedaan teks tantangan yang satu dengan teks tantangan yang lain dari segi fungsi sosial
KI 4
4.1 Menangkap makna teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulisan

4.1.1      Menjawab pertanyaan terkait isi teks, mulai dari pertanyaan literal, inferensal, integratif, dan evaluatif.
4.1.2      Menjelaskan makna kata/ ungkapan/ istilah/ peribahasa dalam teks.
4.1.3      Menceritakan kembali isi teks dengan kata-kata sendiri



C. Materi
Pertemuan ke-1
1.    Pemodelan Teks Rekaman Percobaan Percobaan Membuat Teleskop Sederhana
2.    Pengertian Teks Rekaman Percobaan
Teks rekaman percobaan adalah teks yang menceritakan tentang percobaan yang dilakukan penulis.
3.    Struktur tek rekaman percobaan
a.       Tujuan serta alat dan bahan
b.       Langkah-langkah
c.        Hasil
d.        simpulan
Pertemuan ke-2
1.    Ciri bahasa teks rekaman percobaan adalah penggunaan kata bilangan atau numeralia.

Pertemuan ke-3
1.      Perbedaan teks rekaman percobaan dengan teks diskusi
Aspek
teks rekaman percobaan
teks diskusi
1.      Struktur
a.       Tujuan serta alat dan bahan
b.       Langkah-langkah
c.        Hasil
d.       simpulan
a.        isu/masalah
b.        argumentasi : 1. Menentang 2.mendukung
c.        simpulan/saran
2.      kaidah kebahasaan
terdapat penggunaan kata bilangan atau numeralia.
Ditandai dengan antara lain kata hubung, ejaan, kalimat, dan paragraf.

Pertemuan ke- 4
Klasifikasi teks rekaman percobaan berdasarkan kata sulit dan data dalam teks. Teks rekaman percobaan yang dibahas adalah teks Jebakan tikus Sederhana.

Pertemuan ke-5
1.    Menangkap Makna Teks Rekaman Percobaan
Di dalam materi pembelajaran menangkap makna teks rekaman percobaan dua hal yang menjadi pokok bahasan, yaitu
2.    Daftar pertanyaan terkait isi teks, mulai dari pertanyaan literal, inferensial, integratif, dan evaluatif
3.    Penjelaskan makna kata/ ungkapan/ istilah/ peribahasa dalam teks (kata-kata sulit, angka Arab/ Romawi, kalimat utama)
.
Pertemuan ke-6
Menceritakan kembali isi teks dengan kata-kata sendiri
Untuk memudahkan peserta didik dalam menceritakan kembali isi teks dengan kata-kata sendiri, peserta didik dapat menemukan gagasan pokok yang ada di teks rekaman percobaan tersebut.


D. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan         :  Saintifik
2.  Model                :  Discovery Learning
     3.  Metode  :  Diskusi, Inkuiri, Tanya Jawab

E. Media, Alat, Sumber Pembelajaran
G.      Media, Alat, Sumber Pembelajaran
1.    Media                                    :  teks rekaman percobaan, teks diskusi
2.    Alat                                       :  LCD, laptop
3.    Sumber Pembelajaran           :  
a.       Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hlm. 184 s.d. 236.
b.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015. Buku Guru Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
c.       http://www.werkudoro.com/2013/07/resep-kerupuk-bawang-dan-cara-membuatnya.html. (Diunduh Selasa, 23 Juni 2015 pukul12.00 WIB.)

F. Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Pertemuan pertama
No.
Kegiatan Peserta Didik
Waktu
Sintak Model Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.    Peserta didik menjawab salam guru pada awal pelajaran.
b.    Guru menanyakan kondisi peserta didik sehat atau tidak.
c.    Guru mengabsen kehadiran peserta didik.
d.   Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
e.    Peserta didik menerima informasi kompetensi dasar yang harus dicapai, tujuan  pembelajaran dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
f.     Peserta didik dimotivasi untuk mangajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan teks rekaman percobaan.
10 menit

2.
Mengamati
Peserta didik membaca teks “Percobaan Membuat Teleskop Sederhana”
60 menit
Stimulation (stimulasi/ pemberian rangsangan)

Menanya
a.    Peserta didik bertanya jawab tentang teks “Percobaan Membuat Teleskop Sederhana”

Problem statement (pernyataan/identifikasi masalah)

Mengumpulkan Informasi
a.        Peserta didik menemukan struktur teks “Percobaan Membuat Teleskop Sederhana”
b.        Peserta didik menemukan ciri kebahasaan teks “Percobaan Membuat Teleskop Sederhana”

Data collection (pengumpulan data)

3.
Penutup
a.         Dengan bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pelajaran mengenal dan mengenali teks rekaman percobaan.
b.        Peserta didik mengidentifikasi hambatan yang dialami saat mempelajari mengenal dan mengenali teks rekaman percobaan.
c.         Peserta didik menerima umpan balik dan penguatan dari guru tentang pembelajaran mengenal dan mengenali teks rekaman percobaan.
d.        Peserta didik menyimak informasi tentang rencana tindak lanjut.
10 menit


2.      Pertemuan Kedua
No.
Kegiatan Peserta Didik
Waktu
Sintak Model Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.  Peserta didik menjawab salam guru pada awal pelajaran.
b.  Guru menanyakan kondisi peserta didik sehat atau tidak.
c.  Guru mengabsen kehadiran peserta didik.
d.  Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
e.  Peserta didik menerima informasi kompetensi dasar yang harus dicapai, tujuan  pembelajaran dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
f.  Peserta didik dimotivasi untuk mangajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan teks rekaman percobaan.
10 menit

2.
Kegiatan Inti
Menalar/Mengasosiasi
a.         Peserta didik menentukan struktur teks “Percobaan Membuat Teleskop Sederhana”
b.        Peserta didik menentukan ciri kebahasaan teks “Percobaan Membuat Teleskop Sederhana”
60 menit
Data processing (pengolahan data)
Verification (pembuktian)



Mengomunikasikan
a.        Salah satu perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya tentang isi dan kelompok lain menanggapinya.
b.        Salah satu perwakilan kelompok lain menceritakan kembali teks rekaman percobaan dengan kalimat sendiri dan kelompok lain menanggapi tampilan teman.
c.         Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.


Generalization (menarik simpulan/generalisasi)

3.
Penutup
a.      Dengan bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pelajaran mengenal dan mengenali teks eksemplum.
b.      Peserta didik mengidentifikasi hambatan yang dialami saat mempelajari mengenal dan mengenali teks eksemplum.
c.      Peserta didik menerima umpan balik dan penguatan dari guru tentang pembelajaran mengenal dan mengenali teks rekaman percobaan.
d.     Peserta didik menyimak informasi tentang rencana tindak lanjut.
10 menit


3.      Pertemuan Ketiga
No.
Kegiatan Peserta Didik
Waktu
Sintak Model Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.  Peserta didik menjawab salam guru pada awal pelajaran.
b.  Guru menanyakan kondisi peserta didik sehat atau tidak.
c.  Guru mengabsen kehadiran peserta didik.
d.  Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
e.  Peserta didik menerima informasi kompetensi dasar yang harus dicapai, tujuan  pembelajaran dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
f.  Peserta didik dimotivasi untuk mangajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan teks rekaman percobaan.
10 menit

2.
Kegiatan Inti
Mengamati
a.       Peserta didik membaca teks rekaman percobaan dengan judul “Membuat Tinta Tidak Terlihat” halaman 195-197 dan teks yang berjudul “Kenaikan Tarif Tol Tidak Mempertimbangkan Hak Konsumen “ halaman 199
b.      Peserta didik mencermati struktur isi teks rekaman percobaan dan struktur isi teks diskusi

Menanya
a.       Peserta didik menanyakan perbedaan  teks rekaman percobaan dengan  teks diskusi  dari segi struktur
b.      Peserta didik menanyakan perbedaan teks rekaman percobaan dengan  teks diskusi  dari kaidah kebahasaan
Mengumpulkan informasi
a.       Peserta didik secara kelompok mendiskusikan perbedaan struktur teks rekaman percobaan dengan  teks diskusi 
b.      Peserta didik secara kelompok mendiskusikan perbedaan kaidah kebahasaan teks rekaman percobaan dengan  teks diskusi
c.       Peserta didik secara kelompok mendiskusikan perbedaan isi teks rekaman percobaan dengan  teks diskusi
Mengasosiasi/Menalar
a.       Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok lain memberikan tanggapan.
b.      Melalui teknik curah pendapat, guru memberikan penguatan terhadap pendapat-pendapat yang dikemukakan dalam diskusi terkait dengan perbedaan teks rekaman dan teks prosedur yang dibandingkan dari aspek struktur, kaidah kebahasaan, dan isi teks.
Mengomunikasikan
Siswa memperbaiki temuannya dan melaporkan hasil temuannya secara tertulis
60 menit
Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan)








Problem statement (pernyataan/identifikasi masalah)




Data collection (pengumpulan data)






Data processing (pengolahan data)







Generalization (menarik simpulan/generalisasi)

3.
Penutup
a.  Dengan bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pelajaran mengenal dan mengenali teks rekaman percobaan.
b.  Peserta didik mengidentifikasi hambatan yang dialami saat mempelajari mengenal dan mengenali teks rekaman percobaan.
c.  Peserta didik menerima umpan balik dan penguatan dari guru tentang pembelajaran mengenal dan mengenali teks tantangan.
d.  Peserta didik menyimak informasi tentang rencana tindak lanjut.
20 menit


4. Pertemuan Keempat
No.
Kegiatan Peserta Didik
Waktu
Sintak Model Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.  Peserta didik menjawab salam guru pada awal pelajaran.
b.  Guru menanyakan kondisi peserta didik sehat atau tidak.
c.  Guru mengabsen kehadiran peserta didik.
d.  Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
e.  Peserta didik menerima informasi kompetensi dasar yang harus dicapai, tujuan  pembelajaran dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
f.  Peserta didik dimotivasi untuk mangajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan teks rekaman percobaan.
10 menit

2.
Kegiatan Inti
Mengamati
Peserta didik membaca  membaca teks rekaman percobaan dengan jebakan tikus sederhana halaman 203-204
Menanya
a.       Peserta didik diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang belum dipahami atau informasi tambahan.
b.      Peserta didik diberi kesempatan merumuskan pertanyaan berkaitan dengan kata sulit dan klasifikasi data dalam teks.
c.       Peserta didik diberi kesempatan merumuskan pertanyaan berkaitan dengan kata sulit dan bukti data dalam teks tantangan melalui kalimat.

Mengumpulkan informasi
a.       Peserta didik berdiskusi untuk menemukan kata sulit dandata sesuai dengan pertanyaan yang diajukan kelompok lain.
b.      Peserta didik berdiskusi untuk menemukan kata sulit dan klasifikasi data dalam teks jebakan tikus sederhana.
c.       Peserta didik berdiskusi untuk menemukan kata sulit danbukti data dalam teks rekaman percobaan melalui kalimat

Mengolah Informasi
Peserta didik menyusun klasifikasi kata sulit dan data kedua teks menjadi laporan

Mengomunikasikan
1.      Setiap kelompok melaporkan hasil diskusi di depan kelas, kelompok lain memberikan tanggapan.
2.        Setiap kelompok memajang hasil diskusi yang sudah direvisi di papan pajang.
3.        Peserta didik lain menanggapi presentasi kelompok
50 menit


Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan)

Problem statement (pernyataan/identifikasi masalah)






Data collection (pengumpulan data)







Data processing (pengolahan data)


Generalization (menarik simpulan/generalisasi)

3.
Penutup
a.  Dengan bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pelajaran mengenal dan mengenali teks tantangan.
b.  Peserta didik mengidentifikasi hambatan yang dialami saat mempelajari mengenal dan mengenali teks tantangan.
c.  Peserta didik menerima umpan balik dan penguatan dari guru tentang pembelajaran mengenal dan mengenali teks tantangan.
d.  Peserta didik menyimak informasi tentang rencana tindak lanjut.
20 menit


5. Pertemuan Kelima
No.
Kegiatan Peserta Didik
Waktu
Sintal Model Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.  Peserta didik menjawab salam guru pada awal pelajaran.
b.  Guru menanyakan kondisi peserta didik sehat atau tidak.
c.  Guru mengabsen kehadiran peserta didik.
d.  Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
e.  Peserta didik menerima informasi kompetensi dasar yang harus dicapai, tujuan  pembelajaran dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
f.  Peserta didik dimotivasi untuk mangajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan teks rekaman percobaan.
10 menit

2.
Kegiatan Inti
Mengamati
Peserta didik membaca teks rekaman percobaan berjudul Cara Membuat Perangkap Nyamuk Sederhana.

Menanya
a.        Peserta didik bertanya jawab tentang teks rekaman percobaan berjudul Cara Membuat Perangkap Nyamuk Sederhana.
b.        Peserta didik bertanya jawab tentang kata/istilah yang berhubungan dengan teks rekaman percobaan berjudul Cara Membuat Perangkap Nyamuk Sederhana.
c.        Peserta didik menanya cara mencari gagasan pokok untuk menceritakan kembali teks rekaman percobaan dengan kalimat sendiri.

Mengumpulkan Informasi
a.         Peserta didik menjawab pertanyaan tentang isi bacaan teks rekaman percobaan.
b.        Peserta didik mencari kata-kata sulit yang terdapat dalam teks rekaman percobaan.
c.        Peserta didik mencari gagasan pokok tiap paragraf teks rekaman percobaan.

Menalar/Mengasosiasi
Peserta didik merangkai gagasan pokok menjadi bahan untuk diceritakan.
50 menit
Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan)



Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah)





Data collection (pengumpulan data)




Data processing (pengolahan data)
3.
Penutup
a.  Dengan bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pelajaran mengenal dan mengenali teks tantangan.
b.  Peserta didik mengidentifikasi hambatan yang dialami saat mempelajari mengenal dan mengenali teks tantangan.
c.  Peserta didik menerima umpan balik dan penguatan dari guru tentang pembelajaran mengenal dan mengenali teks tantangan.
d.  Peserta didik menyimak informasi tentang rencana tindak lanjut.
20 menit


   6. Pertemuan Keenam: (2JP)
No.
Kegiatan Peserta Didik
Waktu
Sintak Model Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.       Peserta didik menjawab salam guru pada awal pelajaran.
b.      Guru menanyakan kondisi peserta didik sehat atau tidak.
c.       Guru mengabsen kehadiran peserta didik.
d.      Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
e.       Peserta didik menerima informasi kompetensi dasar dan indikator pencapain pembelajaran dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
f.       Peserta didik mempersiapkan hasil kerja kelompok pada pertemuan sebelumnya untuk dipresentasikan.
10 menit

2.
Kegiatan Inti
Mengomunikasikan
a.       Peserta didik menceritakan kembali isi teks rekaman percobaan yang disusun secara berpasangan.
b.      Kelompok lain menanggapi presentasi temannya.

60 menit
Generalization (menarik simpulan/ generalisasi)

3.
Penutup
a.       Dengan bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pelajaran menangkap makna teks rekaman percobaan.
b.      Peserta didik mengidentifikasi hambatan yang dialami saat mempelajari menangkap makna teks rekaman percobaan.
c.       Peserta didik menerima umpan balik dan penguatan dari guru tentang pembelajaran menangkap makna teks rekaman percobaan.
d.      Peserta didik menyimak informasi tentang rencana tindak lanjut.
10 menit




F. Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan 
     1.  Penilaian sikap
          a.  Penilaian Sikap Religius      
Instrumen:
Petunjuk:
Berilah tanda cek (ѵ) pada kolom skor sesuai dengan sikap spiritual yang ditunjukkan temanmu dengan kriteria berikut:
4   =   selalu, apabila temanmu selalu melakukan aspek pengamatan yang ada dalam instrumen
3   =   sering, apabila temanmu sering melakukan aspek pengamatan yang ada dalam instrumen
2   =   jarang, apabila temanmu jarang melakukan aspek pengamatan yang ada dalam instrumen
1   =   tidak pernah, apabila temanmu tidak melakukan aspek pengamatan yang ada dalam   instrumen

Nama Penilai              : .............................
Teman yang dinilai     : .............................
Kelas                           : IX A
Materi pokok              : memahami teks rekaman percobaan

No
Aspek Pengamatan
Skor
4
3
2
1
1.
Berdoa sebelum dan sudah melakukan sesuatu




2
Mengucapkan syukur atas karunia TYME




3.
Mengucap syukur setelah berhasil melakukan sesuatu




4.
Mengungkapkan kata kekaguman saat melihat ciptaan TYME yang mengagumkan




5.
Berkomunikasi lisan dengan baik





JUMLAH SKOR





X 100  111001000
 
Nilai akhir : skor yang diperoleh
                                            Skor maksimal


Penilaian Sikap Sosial
Mata Pelajaran       
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester      
:
IX/ genap
Kompetensi Dasar 
:
2.4.  Memiliki rasa percaya diri dan semangat dalam kegiatan ilmiah dan menceritakan kembali kesimpulan hasil kegiatan ilmiah
Topik/Subtopik
:
Teks rekaman percobaan



Instrumen:
Lembar Observasi
Kelas
: IX                     
Hari/Tanggal
: ………..
KD/Materi
: 2.4.
Mapel
: B. Indonesia
Indikator pencapaian kompetensi :
3       Dapat menunjukkan sikap percaya diri yang tinggi
4       Dapat menunjukkan sikap semangat selama proses pembelajaran
Rubrik
No
Nama Siswa
Percaya Diri
Semangat
E-skor
Nilai
Konversi



4
3
2
1
4
3
2
1




































































Skor
Percaya Diri
Semangat Kebangsaan
4
Selalu tampil ke depan untuk presentasi, mengemukakan pendapat
Hafal dan dapat menyanyikan  lagu-lagu  wajib nasional
3
Sering tampil ke depan untuk presentasi, mengemukakan pendapat
Kurang hafal dan kurang dapat menyanyikan lagu- lagu wajib nasional
2
Kadang-kadang tampil ke depan untuk presentasi, mengemukakan pendapat
Tidak hafal dan tidak dapat menyanyikan lagu-lagu wajib nasional
1
Tidak pernah tampil ke depan untuk presentasi, mengemukakan pendapat
Tidak mengetahui lagu-lagu wajib nasional

Pedoman penskoran
X 100  111001000
 
Pedoman penskoran : skor yang diperoleh
                                            Skor maksimal


2.        Penilaian Pengetahuan
a. Materi KD 3.1
Teknik                        : Tes Tulis
Bentuk                        : Uraian
Instrumen                  :

Bacalah teks rekaman percobaan berikut dengan cermat!
[Type a quote from the document or the summary of an interesting point. You can position the text box anywhere in the document. Use the Text Box Tools tab to change the formatting of the pull quote text box.]
 

Soal Pilihan Ganda
1.    Berdasarkan strukturnya, paragraf pertama teks di atas merupakan bagian ...
A.    tujuan
B.     langkah-langkah
C.     hasil
D.    simpulan

2.    Potong botol plastik di tengah! Simpan bagian atas/ mulut botol!
Petikan di atas merupakan bagian ... teks rekaman percobaan
A.      tujuan
B.       langkah-langkah
C.       hasil
D.      simpulan

3.    Perangkap nyamuk sederhana ini terbukti lebih aman digunakan dibandingkan dengan cairan kimia pembasmi nyamuk. Alat ini dapat kamu taruh di pojok kamar atau di bawah tempat tidur. Dalam satu minggu, kamu akan melihat banyak nyamuk yang tertampung dalam botol.
Paragraf di atas merupakan bagian ... dalam teks rekaman percobaan.
A.      tujuan
B.       langkah-langkah
C.       hasil
D.      simpulan

4.    Setelah melalui langkah-langkah pembuatan, kini alat perangkat nyamuk yang sederhana dan ampuh telah berhasil dibuat. Kamu dapat menggunakannya pada siang dan malam hari.
Paragraf di atas merupakan bagian ... dalam teks rekaman percobaan.
A.      tujuan
B.       langkah-langkah
C.       hasil
D.      simpulan

5.    Campur gula merah dengan air panas! Biarkan hingga dingin dan kemudian tuangkan di separuh bagian potongan bawah botol!
Petikan di atas merupakan bagian ... teks rekaman percobaan
A.      tujuan
B.  langkah-langkah
C.       hasil
D.      simpulan

6.    Tambahkan ragi dan tidak perlu diaduk! Ini akan menghasilkan karbondioksida!
Petikan di atas merupakan bagian ... teks rekaman percobaan
A.      tujuan
B. langkah-langkah
C. hasil
D.simpulan

7.    Pasang/ masukkan potongan botol bagian atas dengan posisi terbalik seperti corong!
Petikan di atas merupakan bagian ... teks rekaman percobaan
A.    tujuan
B.     langkah-langkah
C.     hasil
D.    simpulan

8.    Bungkus botol dengan sesuatu yang berwarna hitam, kecuali pada bagian atas!
Petikan di atas merupakan bagian ... teks rekaman percobaan
A.      tujuan
B.       langkah-langkah
C.       hasil
D.      simpulan

9.    Sebelum kamu mencoba membuatnya, siapkan bahan-bahan berikut!
1.      Botol plastik
2.      200 ml air
3.      50 gr gula merah
4.      I gram ragi
Petikan di atas merupakan bagian ... teks rekaman percobaan
A.      Tujuan, alat, dan bahan
B.       langkah-langkah
C.       hasil
D.      simpulan
10.    Cairan pembasmi serangga adalah bahan kimia yang dapat merusak kesehatan. Untuk mengatasi hal tersebut kini telah ditemukan cara alternatif menangkap nyamuk yang lebih aman.
Petikan di atas merupakan bagian ... teks rekaman percobaan
A.  tujuan
B.  langkah-langkah
C.  hasil
D.  simpulan

Pedoman Penilaian

No
Kunci Jawaban
1
A
2
B
3
D
4
C
5
B
6
B
7
B
8
B
9
A
10
A

Nilai Akhir :   x 100
b.      Materi KD 3.2
Teknik              : Tes Tulis
Bentuk              : Uraian
Instrumen         :
Bacalah teks rekaman percobaan dan teks diskusi berikut!
TEKS 1
Membuat Tinta Tidak Terlihat










Sumber: www.fanpop.com
Gambar 4.6: Kertas, tinta, dan perasan jeruk lemon sebagai sarana penyampaian pesan
Pernahkah kamu menyampaikan sesuatu yang bersifat rahasia? Kalau pernah, tentu kamu tidak ingin orang lain mengetahui rahasia tersebut. Berikut ini adalah salah satu cara untuk menyampaikan sesuatu agar orang lain tidak mengetahuinya. Hal itu dapat dilakukan dengan menggunakan tinta yang tidak dapat dilihat oleh orang lain. Kamu dapat menggunakan cara ini untuk menyampaikan pesan rahasia kepada temanmu.
Pertama-tama, siapkan alat dan bahan berikut!
1. Lemon
2. Air
3. Sendok
4. Mangkuk
5. Cotton bud
6. Kertas putih
7. Lampu bohlam




Sumber: www.clearswaterswellnwess.com
Gambar 4.7: Perasan jeruk lemon

Setelah alat dan bahan sudah siap, ikuti langkah-langkah berikut ini!
1.  Peras jus lemon ke dalam mangkuk dan tambahkan beberapa tetes air!
2.  Aduk air dan jus lemon dengan sendok!
3.  Celupkan cottonbud ke dalam campuran dan tulislah pesan di atas kertas putih!
4.  Tunggu jus tersebut kering sehingga tidak terlihat!
5.  Untuk membaca pesan rahasia yang kamu tuliskan atau ingin memperlihatkannya ke orang lain, kamu dapat melakukan dengan memanaskan kertas yang dipegang dekat bola lampu!
Setelah melalui langkah-langkah tadi, kini kamu telah mengetahui bagaimana cara membuat tinta tidak terlihat. Kamu dapat menggunakan cara ini untuk menulis sesuatu yang sifatnya rahasia. Tinta yang tidak terlihat ini merupakan reaksi kimia. Jus lemon adalah senyawa organik yang dapat teroksidasi dan berubah warna menjadi cokelat ketika dipanaskan. Pengenceran jus lemon dalam air membuat tulisan sulit untuk dilihat ketika kamu menuliskan pesan di kertas. Dengan demikian, tidak seorang pun menyadari keberadaan tulisan itu sampai dengan dipanaskan dan pesan rahasia terungkap.













Diolah dari berbagai sumber
Gambar 4.8: Beberapa zat yang bekerja dengan cara yang sama seperti jus lemon
Zat lain yang dapat bekerja dengan cara yang sama, antara lain, jus jeruk,  madu, susu, jus bawang, cuka, dan anggur. Tinta tidak terlihat juga bisa dibuat dengan menggunakan reaksi kimia atau melihat cairan tertentu melalui sinar ultraviolet (UV).

TEKS 2
Kenaikan Tarif Tol Tidak Mempertimbangkan Hak Konsumen

Sumber: www.sinarharapan.co
Gambar 4.9: Tarif tol

Tarif ruas tol akan kembali naik. Kali ini, PT Jasa Marga bakal menaikkan tarif ruas Tol Sedyatmo mulai Jumat (19/9). Penaikan ini dinilai tidak adil karena tidak mempertimbangkan hak konsumen sebagai pengguna jasa.
Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi, mengatakan sudah berulang kali kenaikan tarif tol dianggap tidak adil karena  regulasi mengatur kenaikan tarif tol setiap dua tahun, serta hanya berlandaskan laju inflasi. “Ini tidak adil karena hak-hak konsumen tidak dipertimbangkan. Indikator kenaikan bukan inflasi saja, melainkan juga kemanfaatan jalan tol bagi pengguna,” tuturnya saat dihubungi SH, Senin (15/9) pagi.
 Menurutnya, fakta selama ini, kenaikan tarif tol tidak sebanding kualitas layanan. Pertumbuhan pembangunan jalan tol yang relatif lambat juga tidak mampu mengimbangi pertumbuhan kendaraan.
“Sebagai contoh, grafik kecepatan rata-rata semakin bertambah sehingga waktu tempuh kendaraan lebih efisien dari segi waktu. Lihat saja kecepatan rata-rata kendaraan yang melintasi tol dalam kota setiap hari, dari arah Jagorawi menuju Semanggi, padatnya luar biasa. Jarak tempuh bisa 2—3 jam, sangat macet sekali,” ucapnya.
Tulus menyebutkan, sudah sejak lama pihaknya mengusulkan agar Undang-Undang (UU) dan Peraturan Pemerintah (PP)  tentang Jalan direvisi agar tidak hanya berpihak kepada investor dan operator jalan tol. “Standar pelayanan minimum (SPM) pun harus ditingkatkan standarnya, tidak hanya itu-itu saja selama puluhan tahun. Masak tarif sudah naik, tetapi SPM tidak naik,  malah turun standarnya,” tutur Tulus.
 PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) di tol Prof. Dr. Ir. Sedyatmo akan menaikkan tarif 7,14—18,75 persen mulai Jumat mendatang, sejak pukul 00.00 WIB. Dengan kenaikan itu, PT Jasa Marga memperkirakan pendapatan perusahaan akan naik sekitar Rp100 juta per hari .
 Pejabat PT Jasa Marga Tbk, Taruli M. Hutapea, mengatakan sampai Juli 2014 lalu lintas harian rata-rata (LHR) ruas tol sepanjang 14,3 kilometer (km) itu mencapai 204.000 kendaraan per hari, dengan pendapatan Rp1,1 miliar setiap hari. “Jumlah LHR ini masih sedikit di bawah target yang ditetapkan perusahaan,” ujarnya.
 Ia mengungkapkan, ruas Tol Sedyatmo ini menyumbang 6 persen dari seluruh ruas tol Jasa Marga. Sejauh ini, pendapatan keseluruhan perusahaan pelat merah ini dalam bisnis jalan tol mencapai Rp18 miliar per hari.
Para pakar menyarankan pemerintah, dalam hal ini PT Jasa Marga, untuk menunda penaikan tarif tol tersebut mengingat efek yang ditimbulkan penaikan tersebut akan sangat terasa bagi kalangan menengah ke bawah.
a.    Tentukan perbedaan struktur isi dari teks rekaman percobaan dan teks diskusi yang kalian baca!
b.    Tentukan perbedaan kaidah kebahasaan teks rekaman percobaan dan teks diskusi yang kalian baca!
c.    Tentukan perbedaan isi teks dari teks rekaman percobaan dan teks diskusi tersebut!

 
 







Perbedaan  teks eksemplum dan teks fabel

Aspek
Teks Rekaman Percobaan
Teks Diskusi
1.      Struktur




2.      Kaidah kebahasaan




3.      Isi teks





Kunci jawaban:
            Perbedaan  teks eksemplum dengan teks fabel

aspek
Teks eksemplum
Teks Fabel
1.      struktur
1.       Tujuan serta alat dan bahan: paragraf 1
2.       Langkah-langkah : paragraf 1
3.       Hasil : paragraf 2
4.       Simpulan : paragraf 3
1.      isu/masalah : paragraf 1
2.       argumentasi :
a.       Menentang : 2,3,4,5
b.      mendukung :6,7,8
3.      simpulan/saran : 9
5.      kaidah kebahasaan
Memuat  penggunaan kata bilangan atau numeralia.
Dit Ditandai dengan antara lain kata hubung, ejaan, kalimat, dan paragraf.
6.      isi teks
Cara membuat tinta rahasia
Kenaikan tarif jalan tol harus diimbangi fasilitas layanan yang baik
Rubrik Penilaian
NO
ASPEK
DESKRIPTOR
SKOR
1
Dapat menentukan perbedaan teks eksemplum dengan teks fabel dari segi struktur
Dapat menentukan perbedaan teks rekaman percobaan dengan teks diskusi dari segi struktur dengan tepat dan disertai bukti pendukung
2
Dapat menentukan perbedaan teks rekaman percobaan dengan teks diskusi dari segi struktur dengan tepat tetapi tidak disertai bukti pendukung
    1
Tidak dapat menentukan perbedaan teks rekaman percobaan dengan teks diskusi dari segi struktur
0
Skor maksimal
2
2
Dapat menentukan perbedaan teks eksemplum dengan teks fabel dari segi kaidah kebahasaan
Dapat menentukan perbedaan teks rekaman percobaan dengan teks diskusi dari kaidah kebahasaan dengan tepat dan disertai bukti pendukung
2
Dapat menentukan perbedaan teks rekaman percobaan dengan teks diskusi dari kaidah kebahasaan dengan tepat tetapi tidak disertai bukti pendukung
1
Tidak dapat menentukan perbedaan teks rekaman percobaan dengan teks diskusi dari kaidah kebahasaan
0
Skor maksimal
2
3
Dapat menentukan perbedaan teks eksemplum dengan teks fabel dari isi teks
Dapat menentukan perbedaan teks rekaman percobaan dengan teks diskusi dari isi teks dengan tepat dan disertai bukti pendukung
2
Dapat menentukan perbedaan teks rekaman percobaan dengan teks diskusi dari isi teks dengan tepat tetapi tidak disertai bukti pendukung
1
Tidak dapat menentukan perbedaan teks rekaman percobaan dengan teks diskusi dari isi teks
0

Jumlah Skor Maksimal: 6
Skor =  Nilai yang diperoleh  X 100
             Nilai maksimal
c.       Observasi Terhadap Diskusi/ Tanya Jawab
Materi KD 3.3
Teknik       : Tes Tulis
Bentuk      : Observasi terhadap diskusi/tanya jawab
Instrumen 
Rubrik Penilaian Observasi terhadap Diskusi Teks Rekaman Percobaan
No
Pemahaman/
Penerapan
Sangat memahami
4
Memahami

3
Cukup memahami
2
Kurang memahami
1
1
Siswa menyampaikan klasifikasi  teks rekaman percobaan




2
Siswa menunjukkan klasifikasi teks rekaman percobaan berjudul jebakan tikus sederhana berdasarkan strukturnya




3
Siswa menunjukkan klasifikasi teks rekaman percobaan berjudul jebakan tikus sederhana berdasarkan isinya




4
Siswa menunjukkan klasifikasi teks rekaman percobaan berjudul jebakan tikus sederhana berdasarkan bahasanya




5
Siswa menunjukkan klasifikasi teks rekaman percobaan berjudul jebakan tikus sederhana berdasarkan perilaku sosial




Pedoman penilaian
Skor maksimal = 20
Nilai = (skor perolehan/skor maksimal)x100


3.  Instrumen Penilaian Kompetensi Keterampilan
a.      Penilaian  Praktik
Teknik          : Unjuk Kerja
Bentuk         : Tes Praktik   
Instrumen
Instrumen:
Cermati teks rekaman percobaan berikut dengan saksama, kemudian kerjakan tugas-tugas dengan benar!
1.         Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar!
2.         Carilah kata-kata sulit yang terdapat dalam teks “Jebakan Tikus Sederhana”, kemudian jelaskan artinya!
3.         Ceritakanlah kembali teks eksemplum “Jebakan Tikus Sederhana” dengan kalimatmu sendiri!
 
 








Cermati teks rekaman percobaan berikut dengan saksama, kemudian kerjakan soal nomor 1 s.d. 5!
Jebakan Tikus Sederhana
Tikus merupakan hewan pengerat yang sangat mengganggu.  Oleh karena itu, harus ada cara untuk membasminya. Salah satu cara tersebut adalah dengan membuat jebakan tikus sederhana.
Sebenarnya, saat ini cukup banyak pilihan untuk membasmi tikus, seperti menggunakan racun atau memakai alat elektronik. Namun, tidak ada salahnya mencoba membuat jebakan tikus yang ramah lingkungan. Salah satu jebakan tersebut dapat dilihat pada gambar di bawah ini.


Sumber: www.usirtikus.com
Gambar 4.10: Ember yang menjadi salah satu bahan pembuat jebakan tikus sederhana

Untuk membuat jebakan tikus sederhana seperti gambar di atas, bahan-bahan yang digunakan sangatlah sederhana dan tentu bisa didapat dengan mudah. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat jebakan tikus sederhana seperti gambar di atas.
1. Ember yang berukuran besar
2. Kaleng bekas
3. Kawat besi
4. Balok kayu kecil
5. Selai kacang atau selai lainnya
Kalau sudah tersedia semua bahan seperti di atas, langkah pertama untuk membuat jebakan tikus sederhana adalah melubangi ember untuk menaruh kawat tersebut, kira-kira berdiameter 6 cm, dengan ketinggian kurang lebih ¾ dari ketinggian ember. Kedua, lubangi lagi ember tersebut di bawah lubang yang pertama tadi!
Lubang yang ini dibuat lebih besar agar tikus dapat masuk ke dalamnya. Ketiga, buat jalan dari balok kayu kecil tadi menuju lubang yang lainnya! Keempat, buat juga lubang di kaleng bekas tadi tepat di tengah-tengah sisi atas dan bawahnya! Kelima, masukkan kawat tadi di lubang ember besar yang pertama! Kemudian disusul kaleng bekas tadi. Keenam, olesi kaleng bekas tadi dengan selai kacang! Jebakan yang kamu buat siap digunakan.
Setelah melakukan langkah-langkah pembuatan, jebakan tikus sederhana dapat kamu gunakan. Kamu dapat meletakkan jebakan tersebut di gudang, dapur, kamar tidur, ataupun tempat-tempat yang banyak tikus. Jebakan ini hanya untuk menjerat atau menjebak tikus di dalam ember. Jebakan ini tidak membunuh tikus tersebut.
Jebakan tikus seperti di atas merupakan salah satu alat penjebak tikus dengan cara kerja yang ramah lingkungan tanpa harus menggunakan bahan kimia. Selain itu, cara ini dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk membasmi tikus karena bahan-bahan yang digunakan hanyalah sebuah barang bekas.
Sumber: www.usirtikus.com



1.    Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
1.    Mengapa hewan tikus harus dibasmi?
2.    Dengan cara bagaimana kita membasmi tikus?
3.    Mengapa kita harus memilih jenis jebakan tikus yang ramah lingkungan?
4.    Bahan apa sajakah yang dibutuhkan untuk membuat jebakan tiukus sederhana?
5.    Sebutkan langkah-langkah jebakan tikus sederhana

2.    Carilah kata-kata sulit yang terdapat teks “Putri Jelita dan Burung Beo”, kemudian jelaskan makna kata/ungkapan/istilah/ peribahasa dalam teks!

No.
Kata Sulit/Istilah
Arti
1.
Jebakan

2.
elektronik

3.
Lingkungan

4.
Selai

5.
Kaleng


3.    Ceritakanlah kembali teks eksemplum “Putri Jelita dan Burung Beo” dengan kalimatmu sendiri!

KUNCI JAWABAN

1.    Menjawab pertanyaan
a.    Karena hewan tikus pengerat yang sangat mengganggu dan perusak.
b.    Dengan cara membasmi secara ramah lingkungan.
c.    Karena dengan cara itu kita akan terhindar dari hal-hal yang membahayakan
d.   Bahan dibutuhkan untuk membuat jebakan tikus adalah ember besar, kaleng besar, kawat besi, balok kayu kecil,selai kacang.
e.    langkah pertama untuk membuat jebakan tikus sederhana  adalah melubangi
ember untuk menaruh kawat tersebut, kira-kira  berdiameter 6 cm, dengan ketinggian kurang lebih ¾ dari ketinggian ember. Kedua, lubangi lagi ember tersebut di bawah lubang yang pertama tadi! Lubang yang ini dibuat lebih besar agar tikus dapat masuk ke
dalamnya. Ketiga, buat jalan dari balok kayu kecil tadi menuju lubang yang lainnya! Keempat, buat juga lubang di kaleng bekas tadi tepat di tengah-tengah sisi atas dan bawahnya! Kelima, masukkan kawat tadi di lubang ember besar yang pertama!
Kemudian disusul kaleng bekas tadi. Keenam, olesi kaleng bekas tadi dengan selai kacang! Jebakan yang kamu buat siap digunakan.
Rubrik Penilaian

No.
Uraian
Skor
1.
Menjawab 5 pertanyaan dengan benar
5
2.
Menjawab 4 pertanyaan dengan benar
4
3.
Menjawab 3 pertanyaan dengan benar
3
4.
Menjawab 2 pertanyaan dengan benar
2
5.
Menjawab 1 pertanyaan dengan benar
1

Nilai  =  Skor Perolehan  x 100
              Skor Maksimal

2.    Mencari kata-kata sulit dan menjelaskan arti

No.
Kata Sulit/Istilah
Arti
1.
Jebakan
Perangkap/tipu muslihat
2.
elektronik
Alat yang dibuat berdasarkan prinsip elektronika
3.
Lingkungan
Daerah atau kawasan yang termasuk di dalamnya
4.
Selai
Bubur dari buah-buahan yang dimasak dengan gula sampai kental
5.
Kaleng
Besi tipis berlapis timah

Rubrik Penilaian
No.
Uraian
Skor
1.
Dapat  menyebutkan 5 kata dan mengartikannya dengan benar
5
2.
Dapat menyebutkan 4 kata dan mengartikannya dengan benar
4
3.
Dapat menyebutkan 3 kata dan mengartikannya dengan benar
3
4.
Dapat menyebutkan 2 kata dan mengartikannya dengan benar
2
5.
Dapat menyebutkan 1 kata dan mengartikannya dengan benar
1


Nilai  =  Skor Perolehan  x 100
                   Skor Maksimal

2)      Ceritakan kembali isi teks dengan kata-kata sendiri!

Rubrik Penilaian
No.
Uraian
Skor
5
4
3
2
1
1.
Sikap ketika menceritakan kembali





2.
Kelengkapan isi cerita





3.
Keruntutan cerita





4.
Kejelasan suara





5
Bahasa






Nilai = Skor Perolehan  x 100
                   Skor Maksimal

4.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Cermati teks eksempum berikut dengan saksama, kemudian kerjakan soal nomor 1 s.d.2!
Membuat Kerupuk Bawang
(1)Kerupuk Bawang yaitu salah satu kue kering yang sangat digemari baik anak-anak atau dewasa, kue ini juga sering dihidangkan di saat Hari Raya dan pas kebetulan bulan depan merupakan Hari Lebaran jadi ada baiknya kita sudah mulai mempersiapkannya sejak dini. Bahan dasar dalam pembuatan Kerupuk Bawang ini adalah Tepung Terigu dan Bawang Putih, dan untuk membuatnya juga termasuk sangat mudah untuk dilakukan. 
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjxxIlUL3mmZ9YBhbTuhp9L-RnieCmsrWAek009kFiFnJantE7Do72Kxul-V20bED9EUPQvDNwh_UViH-XVeEDAVybJoJlhwwOTMWg3eLuOAOCl1HDovRDbngZ02BJOqk7Euj3UZM06wsE/s1600/Resep+Kerupuk+Bawang.png
(2)Kerupuk Bawang ini rasanya sangat enak, gurih, renyah dan bikin ketagihan baik disajikan untuk segala umur dan suasana keluarga, ataupun dihidangkan untuk camilan dan juga bisa jadi lauk sambil makan nasi atau bubur, baik mari kita persiapkan bahan-bahan nya yaitu :
Bahan Membuat Kerupuk Bawang
·       10 siung bawang putih
·       1 kilogram tepung terigu
·       200 ml air matang
·       1 sendok makan kaldu bubuk
·       1 sendok makan ketumbar bubuk
·       1 sendok teh soda kue
·       ½ sendok teh merica bubuk
·       2 siung bawang bombay, haluskan
·       3 sendok makan seledri
·       1 sendok makan minyak goreng
Cara Membuat Kerupuk Bawang
1.    Dari beberapa bahan diatas masukkan dan campur seluruhnya menjadi satu kemudian uleni hingga adonan tidak lengket di tangan (hingga kalis).
2.    Kemudian digiling dengan tipis-tipis adonan dengan tingkat ketebalan kira-kira 0,5 cm dan potong seperti kotak-kotak kecil dengan menggunakan pisau. Anda bisa membentuk adonan yang telah dipotong seperti keong.
3.    Setelah selesai dipotong-potong kita siapkan minyak goreng untuk dipanaskan, dan goreng adonan kerupuk dengan menggunakan api sedang hingga warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan.
4.    Setelah dianggap cukup mateng angkat, lalu tiriskan minyaknya.
(3)Kerupuk bawang siap disajikan, dapat juga dihidangkan dengan berbagai macam makanan untuk menambah selera dan sebagai makanan ringan yang nikmat.
(4)Bagaimana para Bunda di rumah setelah membaca Resep Kerupuk Bawang mudah bukan, dan jangan berhenti sampai disini saja karena Kerupuk Bawang ini juga bisa di kreasikan dengan olahan yang lain sehingga dapat membuat tampak lebih menarik lagi seperti diberi warna atau dengan aneka perasa tambahan sehingga rasa akan semakin banyak begitu juga bisa dicetak tidak harus kotak, bebas koq seperti bentuk bulat, bintang dan lainnya sesuai selera.

(Diunduh Selasa, 23 Juni 2015 pukul12.00 WIB. http://www.werkudoro.com/2013/07/resep-kerupuk-bawang-dan-cara-membuatnya.html)

1.      Tentukanlah struktur teks eksemplum berjudul Membuat Kerupuk Bawang tersebut!
2.      Carilah kata-kata sulit yang terdapat teks “Membuat Kerupuk Bawang”, kemudian jelaskan makna

No.
Kata Sulit/Istilah
Arti
1.
Lebaran

2.
Kaldu

3.
Camilan

4.
Resep

5.
Tepung

KUNCI JAWABAN
1.      Struktur teks rekaman percobaan:
a. Tujuan serta alat dan bahan : paragraf 1
b. langkah-langkah : paragraf 2
c. hasil : paragraf 3
d. simpulan : paragraf 4
Rubrik Penilaian
No.
Kriteria
Skor
1
Siswa menentukan 4 struktur teks rekaman percobaan dengan benar
4
Siswa menentukan 3 struktur teks rekaman percobaan dengan benar
3
Siswa menentukan 2 struktur teks rekaman percobaan dengan benar
2
Siswa menentukan 1 struktur teks rekaman percobaan dengan benar
1
Siswa salah menentukan struktur teks rekaman percobaan
0
Nilai  =  Skor Perolehan  x 100
              Skor Maksimal

2.    Mencari kata-kata sulit dan menjelaskan arti

No.
Kata Sulit/Istilah
Arti
1.
Lebaran
hari raya umat Islam yg jatuh pd tgl 1 Syawal setelah selesai menjalankan ibadah puasa selama sebulan; Idulfitri;
2.
Kaldu
air (kuah) daging yg direbus
3.
Camilan
makanan kecil (kue, kolak, dsb); makanan yg dimakan di antara dua waktu makan; kudapan
4.
Resep
keterangan tt bahan dan cara memasak obat (makanan)
5.
Tepung
barang yg lumat-lumat (krn ditumbuk, digiling, dsb)
Rubrik Penilaian
No.
Uraian
Skor
1.
Dapat  menyebutkan 5 kata dan mengartikannya dengan benar
5
2.
Dapat menyebutkan 4 kata dan mengartikannya dengan benar
4
3.
Dapat menyebutkan 3 kata dan mengartikannya dengan benar
3
4.
Dapat menyebutkan 2 kata dan mengartikannya dengan benar
2
5.
Dapat menyebutkan 1 kata dan mengartikannya dengan benar
1

Nilai  =  Skor Perolehan  x 100
                    Skor Maksimal
b.      Pengayaan
     Pengayaan diberikan kepada peserta didik yang sudah tuntas belajarnya.
Teknik                        :  Penilaian Keterampilan
Bentuk                        :  Tes Tulis
Instrumen      :
Cermati teks eksemplum berikut, kemudian tulislah kembali dengan kata-katamu sendiri!
Cara Membuat Brownies Kukus
            Brownies merupakan salah satu jenis cake yang paling banyak digemari oleh banyak orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Sehingga brownies menjadi cake yang paling dicari-cari di toko-toko kue ataupun supermarket. Resep brownies sendiri hampir sama dengan resep-resep cake lainnya, yang membedakannya hanya pada bentuk, tekstur dan rasa. Untuk itu, bagi yang ingin membuat brownies sendiri di rumah, silahkan simak pembahasan mengenai resep brownies kukus ala amanda
Kenapa ala Amanda? bicara kue brownies pasti sudah pada kenal dengan Brownies Amanda bukan. Saking terkenalnya kue yang satu ini sangat mudah di jumpai mulai dari toko hingga mal-mal bahkan di airport sekalipun. Nah, resep yang di bahas disini adalah resep yang menyajikan Brownies dengan bentuk, rasa, dan tekstur yang mirip ala Amanda.
Secara umum, sebenarnya brownies dapat dibuat dengan 2 cara, yaitu dengan cara dipanggang dan dikukus. Namun pada pembahasan kali ini, Mocalover akan memberikan cara membuat brownies kukus ala amanda yang lembut, empuk dan enak berikut ini :
Bahan :
Bahan :
  • 300 gram coklat masak pekat
  • 300 gram mentega
  • 250 gram gula pasir
  • 250 ml susu cair
  • 200 gram tepung terigu, diayak
  • 75 gram coklat bubuk, diayak
  • 6 butir telur
  •  1/8 sendoh teh garam
  • 1 sendok teh baking powder
Bahan  Lapisan :
  • 250 gram coklat masak pekat, tim hingga meleleh
  • 125 ml krim kental
Cara Membuat :
1.    Pertama-tama campurkan mentega dan coklat, kemudian tim hingga meleleh. Setelah itu angkat dan bubuhi dengan garam, lalu aduk-aduk hingga rata, sisihkan.
2.    Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang, lalu masukkan coklat yang telah dilelehkan dengan susu, sambil diaduk-aduk secara demi sedikit hingga bahan tercampur dengan rata. Kemudian tambahkan tepung terigu secara bertahap hingga bahan adonan tercampur dengan rata dan sempurna.
3.    Setelah itu tuang adonan tersebut kedalam 2 buah loyang persegi berukuran 15x30x3 cm, yang telah diolesi dengan mentega sebelumnya dan ditaburi dengan tepung terigu. Selanjutnya ratakan adonan tersebut.
4.    Panaskan oven dengan suhu 180 derajat diatas api sedang, kemudian masukkan loyang tersebut kedalam oven dan panggang selama 30 menit hingga adonan matang. Kemudian keluarkan brownies dari loyang, dinginkan.
5.    Langkah selanjutnya olesi brownies tersebut dengan bahan lapisan pada salah satu permukaan brownies, ratakan. Lalu tumpuk dengan brownies kedua sambil ditekan-tekan agar brownies menempel menjadi satu, rapikan.
6.    Potong-potong brownies sesuai selera.
7.    Brownies kukus ala Amanda siap untuk dihidangkan.
Demikian resep dan cara membuat brownies kukus ala Amanda kali ini. Selamat mencoba membuat brownies sendiri di rumah sebagai hidangan untuk keluarga tercinta.Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa.
Rubrik Penilaian
No.
Uraian
Skor
5
4
3
2
1
1.
Kelengkapan isi cerita





2.
Keruntutan cerita





3.
Kosakata





4.
Penggunaan bahasa







Skor maksimal: 20
Nilai = Skor Perolehan  x 100
                   Skor Maksimal




Mengetahui
Kepala SMPN 1 Batangan,



Susanto, S. Pd., M. M.
NIP 19570930 197903 1 005

Pati, 4 Januari 2016
Guru Mata Pelajaran,



Bambang Sukamto, S. Pd., M. Pd.
NIP 19600522 198403 1 004


Previous
Next Post »